LOKER UMY – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) adalah institusi perkuliahan yang Unggul dan Islami. Kampus UMY telah dilengkapi dengan sistem perkuliahan yang berkemajuan dan bertaraf internasional untuk menunjang masa depan mahasiswa dan mahasiswinya. Kehidupan kampus telah dirancang seimbang guna menghasilkan lulusan yang unggul dalam teknologi namun tetap berlandaskan nilai-nilai keislaman. Program yang ditawarkan kampus UMY yaitu program vokasi, sarjana, pascasrjana, profesi, hingga program studi internasional.
Dalam rangka memenuhi kebutuhan Dosen Tetap Yayasan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, maka bersama ini kami umumkan bahwa pada tahun 2024 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta akan melaksanakan seleksi penerimaan calon dosen tetap. Terkait hal tersebut, berikut syarat dan ketentuan terkait lowongannya:
REKRUITMEN DOSEN DOKTOR UMY 2025
PERSYARATAN UMUM
- Warga negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
- Sehat Jasmani dan Rohani;
- Pada tanggal 1 Februari 2025 berusia maksimal 40 (empat puluh) tahun;
- Tidak terafiliasi pada ideologi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila;
- Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya;
- Berkelakuan baik dan tidak pernah dipenjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap;
- Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS)/Pegawai Non Pegawai Negeri Sipil (Non PNS) atau pegawai institusi;
- Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS;
- Bagi pelamar dengan jenjang kualifikasi pendidikan S2, wajib menandatangani surat pernyataan sanggup menyelesaikan studi S3 pada pemberkasan akhir apabila lolos seleksi calon dosen tetap;
- Tidak sedang menjalani ikatan dinas/wajib kerja dengan institusi/lembaga/perusahaan/perguruan tinggi;
- Pelamar wajib mengikuti seluruh rangkaian tes secara luring/offline, dikecualikan untuk pelamar yang sedang berdomisili di luar Indonesia dapat dilakukan secara daring/online;
- Memiliki sertifikat TOEFL minimal 550 atau IELTS 6,0. Dibuktikan dengan sertifikat yang masih valid (berlaku)
FORMASI JABATAN
PERSYARATAN KHUSUS
Memiliki kualifikasi pendidikan baik jenjang pendidikan maupun program studi yang sesuai dengan persyaratan jabatan, yang dibuktikan dengan fotokopi/salinan sah ijazah, dengan ketentuan:
- Untuk lulusan perguruan tinggi dalam negeri, dari perguruan tinggi terakreditasi A dan Program Studi terakreditasi minimal B;
- Untuk perguruan tinggi luar negeri, telah memperoleh penyetaraan ijazah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi;
- Bagi pelamar jenjang S3 yang tinggal menunggu wisuda dapat melampirkan surat keterangan lulus atau rekomendasi dari professor yang menyatakan bahwa pelamar akan lulus paling lambat April 2025;
- Bidang ilmu yang ditempuh selama pendidikan S1, S2, dan S3 linier.
KINERJA AKADEMIK
- Dari Perguruan Tinggi yang menerapkan sistem sistem Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S1 minimal 3.25 (skala nilai 0-4); Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S2 minimal 3.25 (skala nilai 0-4); dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S3 minimal 3.25 (skala nilai 0-4);
- Dari lulusan S3 dengan melalui program riset (research based program) tidak dipersyaratkan IPK S3;
- Lebih diutamakan yang memiliki publikasi ilmiah Internasional bereputasi atau accepted articles pada jurnal internasional terindeks Scopus atau setara atau hak paten.
Langkah-Langkah Pendaftaran
- Pelamar bisa melakukan pendaftaran dibuka mulai tanggal 20 Januari 2025 sampai dengan tanggal 03 Februari 2025 pukul 23.59 WIB dengan menginput dokumen berkas softfile dikirim pada dengan ketentuan yang ada pada link sebagai berikut:
- Diharapkan untuk seluruh pelamar dapat mengirimkan dokumen berikut:
- Scan KTP asli yang masih berlaku;
- Scan Ijazah dan transkrip nilai Jenjang S1, S2, dan S3;
- Surat keterangan studi dan transkrip nilai semester bagi pelamar S2 (ongoing S3);
- Surat keterangan lulus atau rekomendasi dari professor yang menyatakan bahwa pelamar telah lulus studi S3 dan sedang menunggu wisuda;
- Bagi pelamar dengan lulusan luar negeri wajib melampirkan surat keterangan penyetaraan ijazah dari kemendikbud ristek, apabila masih dalam proses penyetaraan peserta dapat mengunggah bukti proses penyetaraan (screen shoot) dari sistem dikti;
- Daftar riwayat hidup;
- File foto berwarna terbaru;
- Surat pernyataan tidak sedang terikat kontrak kerja/perjanjian kerja/ikatan dinas pada instansi lain, dengan e-materai (contoh lampiran 1);
- Surat pernyataan tidak pernah dihukum penjara/pidana, dengan e-materai (contoh lampiran 2);
- Surat pernyataan bersedia untuk terikat dengan UMY. Surat ini menerangkan bahwa pelamar yang sudah dinyatakan lolos bersedia mengabdi, tidak mengundurkan diri dan/atau tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun sejak ditetapkan sebagai calon dosen tetap UMY. Dengan e-materai (contoh lampiran 3);
- Bukti sertifikat TOEFL / IELTS yang masih berlaku dari lembaga yang tersertifikasi ETS;
- Bukti sertifikat lainnya sesuai bidang kompetensi akademik;
- Bukti publikasi karya ilmiah.
- Diharapkan untuk seluruh peserta melampirkan dokumen dan informasi lowongan sebagai berikut:
- Informasi lebih lanjut mengenai tata cara pendaftaran dan selengkapnya lowongan bisa kalian cek dan join di grup whatsapp
Untuk kebutuhan lowongan di atas bisa menggunakan Tes TOEFL ITP Online. Peserta yang mengikuti Tes TOEFL ITP akan mendapatkan 2 jenis dokumen:
- Unofficial Score Report (berbentuk pdf) by ETS, dan bisa langsung diunduh setelah tes
- Official Score Report (berbentuk sertifikat fisik) by ETS diproses kurang lebih 14-25 hari kerja (jika tidak ada keterlambatan dari IIEF)
Untuk lowongan yang dibuka dengan jangka waktu kurang dari 2 minggu, peserta bisa mencoba menggunakan Unofficial Score Report untuk memenuhi persyaratan sertifikat TOEFL ITP pada lowongan di atas, karena Official Score Report membutuhkan waktu lebih dari 14 hari kerja. Jika ternyata tidak bisa pakai Unofficial Score Report lantas bagaimana? Rugi dong?! Tentu tidak, karena sertifikat TOEFL ITP berlaku selama 2 tahun. Maka, jika kedepannya terdapat lowongan lain yang mensyaratkan TOEFL, kamu bisa langsung daftar tanpa perlu khawatir. Ingat! Keberuntungan terjadi ketika persiapan bertemu dengan kesempatan. Jadi, usahakan keberuntunganmu sendiri dengan mengikuti TOEFL ITP bersama YEC!
Proses Pendaftaran Tes TOEFL ITP
Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan kuota tes TOEFL ITP pada jadwal yang Anda inginkan tersedia. Cek kuota dengan menghubungi kontak yang tertera di bagian akhir artikel ini.