perkenalan dengan bahasa inggris saat interview

Tips Perkenalan bahasa inggris interview – Ketika memasuki dunia kerja, kesan pertama menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Kawan YEC yang baru saja diterima di tempat kerja yang baru akan bertemu orang-orang baru yang akan menjadi kolega Anda. Kolega-kolega inilah yang akan berkolaborasi dengan Anda dalam proses kerja untuk mencapai target.

Supaya kerjasama dengan kolega Anda bisa berjalan baik, maka Anda perlu mengawalinya dengan baik pula. Untuk mengawalinya, Anda dapat memperkenalkan diri terlebih dahulu.

Mengapa harus memperkenalkan diri dengan baik? Perkenalan diri yang baik akan memudahkan adaptasi Anda di tempat kerja yang baru. Perkenalan diri membantu Anda untuk membangun hubungan yang positif dan ramah di tempat kerja. Perkenalan juga membantu Anda untuk berhubungan baik dengan orang-orang yang bisa memberikan bimbingan selama masa-masa awal Anda bekerja.

Perkenalan diri hendaknya dilakukan dengan ramah, jelas, dan sopan. Selain menggunakan bahasa Indonesia, Kawan YEC juga bisa menggunakan bahasa Inggris. Menggunakan bahasa Inggris untuk berkenalan bisa menambah nilai plus Anda.

Untuk Kawan YEC yang bekerja di perusahaan multinasional, berkenalan dengan bahasa Inggris mungkin lebih umum dilakukan. Agar Anda dapat memperkenalkan diri dengan baik dalam bahasa Inggris.

Berikut Tips Perkenalan Saat Interview

Perhatikan lingkungan Anda

Sebelum Anda mulai perkenalan bahasa inggris saat interview, perhatikan dahulu lingkungan tempat Anda bekerja. Bagaimana suasananya? Apakah kasual atau formal? Suasana di tempat kerja bisa menjadi panduan Anda untuk memperkenalkan diri.

Untuk suasana yang formal, Anda bisa menggunakan ungkapan:

 

Good morning. My name is [nama Anda]. I am the new [posisi Anda]. Nice to meet you.”

(Selamat pagi. Nama saya [……]. Saya [……] yang baru. Senang bertemu dengan Anda.)

 

Untuk suasana yang lebih santai, Anda bisa memasukkan informasi mengenai minat dan hobi Anda. Jika Anda mempunyai pengalaman kerja sebelumnya, Anda bisa memasukkannya pula.

Contoh: 

Nice to meet you. My name is [nama Anda]. I’m the new [posisi Anda]. I worked at X company before joining this company. Outside of work, I love travelling and photo hunting.”  

(Senang bertemu dengan Anda. Nama saya […..]. Saya [….] yang baru. Sebelumnya saya bekerja di Perusahaan X. Di luar pekerjaan, saya suka travelling dan berburu foto.)

Baca juga : tips lancar berbicara bahasa inggris

Manfaatkan sesi orientasi perusahaan Anda

Ketika Anda masuk ke sebuah perusahaan baru, biasanya akan ada acara perkenalan atau orientasi. Anda akan bertemu banyak kolega baru di tempat kerja, baik dari divisi yang sama atau divisi yang berbeda. Anda dapat memanfaatkan sesi ini untuk berkenalan dengan orang-orang. 

Ungkapan yang dapat Anda gunakan adalah:

 

“Pleased to meet you, my name is [nama Anda]. I’m the [posisi Anda] in [divisi Anda] department.”

(Senang bertemu dengan Anda, nama saya [….]. Saya [….] di divisi […..].)

 

“Hello, nice to meet you. My name is [nama Anda], the new [posisi Anda] in [divisi Anda].”

(Halo, senang bertemu dengan Anda. Nama saya [….], […] yang baru di divisi [….].)

 

“Let me introduce myself, my name is [nama Anda], and I join this company as [posisi Anda] in [divisi Anda] department.

(Perkenalkan, nama saya [….], dan saya bergabung di perusahaan sebagai […..] di divisi […..].)

 

Temukan kesempatan lain untuk berkenalan

Tips lainnya untu perkenalan bahasa inggris interview adalah ketika Jam makan siang merupakan salah satu waktu di mana para karyawan bisa rehat sejenak dari pekerjaan. Anda dapat memanfaatkan jam makan siang untuk bersosialisasi. Anda bisa bergabung dengan karyawan lain dan mulai memperkenalkan diri. Di waktu yang santai ini, Anda juga dapat mengenal karyawan lain lebih dalam dengan saling bertukar cerita tentang hal-hal yang ringan.

Contoh ekspresi yang dapat Anda gunakan adalah:

 

Hi, my name is [nama Anda]. I’m the new [posisi Anda] in [divisi Anda]. Nice to meet you.

(Hai, nama saya […..]. Saya […..] yang baru di divisi [……]. Senang bertemu dengan Anda.)

“The weather today feels good.” 

(Cuaca hari ini bagus.)

 

Do you watch ‘Layangan Putus’? Last night, it was a blast!”

(Apakah kamu nonton ‘Layangan Putus’? Tadi malam seru sekali!)

 

Perhatikan bagan organisasi perusahaan

Anda dapat memperhatikan bagan organisasi perusahaan untuk menentukan siapa yang harus Anda kenali dulu. Jika Kawan YEC kesulitan mendapatkannya, Anda bisa meminta bantuan ke HRD. 

Melalui bagan organisasi ini, Anda bisa memperhatikan posisi-posisi yang nantinya akan bersinggungan dengan Anda dalam konteks pekerjaan. Bagan seperti ini akan sangat bermanfaat, apalagi jika Anda bekerja di perusahaan yang besar. Anda bisa mencari tahu rekan kerja mana yang akan berinteraksi dengan Anda, dan dekati mereka untuk memperkenalkan diri.

Bertanya

Bertanya kepada rekan kerja setelah berkenalan membantu untuk membangun percakapan 2 arah serta memupuk koneksi dengan mereka. Ini akan mengarah ke hubungan yang positif di masa depan.

Karena Anda akan bercakap-cakap dengan rekan kerja untuk pertama kalinya, akan lebih tepat jika Anda membicarakan tentang pekerjaan. Contohnya seperti durasi bekerja, dan apakah Anda akan berkolaborasi dengan rekan kerja tersebut di masa mendatang.

Contoh ungkapan yang dapat Anda gunakan:

 

“Nice to meet you, Mrs. Lena. How long have you been working here?”

(“Senang bertemu dengan Anda, Bu Lena. Sudah berapa lama Anda bekerja di sini?”) 

 

Pleased to meet you, Mr. Andika. Will we be working together in the future?”

(“Senang bertemu dengan Anda, Pak Handika. Apakah kita akan bekerja sama di masa depan?”)

 

Demikianlah beberapa ungkapan dan tips yang dapat Kawan YEC gunakan untuk berkenalan dalam bahasa Inggris. Sebenarnya, ada lebih banyak ungkapan yang bisa Kawan YEC gunakan untuk berkenalan di tempat kerja. Selain untuk perkenalan, ada banyak ungkapan bahasa Inggris yang bisa Kawan YEC gunakan di tempat kerja. 

Agar Kawan YEC lebih lancar dan percaya diri untuk berkomunikasi di tempat kerja, YEC bisa membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

Latih Interview Bahasa Inggris Kamu Segera Mungkin

YEC menyelenggarakan “Kelas Online Bahasa Inggris Dasar untuk Karyawan”. Di kelas ini, Anda bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda hanya dalam 10 hari.

Melalui 10x pertemuan, Anda akan belajar mengenai Vocabulary (kosakata), Grammar (tata bahasa), Listening (mendengarkan), Reading (membaca), dan Short Expressions (ungkapan pendek).  

Anda sibuk bekerja dan tak ada waktu untuk ke tempat kursus? Tak perlu khawatir. Karena kelas ini dilaksanakan secara online, jadi Anda tak perlu repot-repot untuk pergi ke tempat les. Anda bisa belajar bahasa Inggris dimanapun.

Terlalu banyak pekerjaan hingga tak ada waktu di jam-jam efektif? Anda tak perlu risau. Di YEC, Anda bebas menentukan jam belajar Anda sendiri. Baik pagi, siang atau malam, Anda bisa mengakses materi dan latihan secara 24 jam, nonstop.

Anda pun tak perlu bersusah-susah membaca setumpuk materi. Materi bahasa Inggris dari YEC dikemas dalam bentuk video singkat yang padat ilmu. Dijamin, Anda tak akan bosan menyimak materi dari YEC.

Setelah menyimak video, Anda dapat mengasah kemampuan Anda dengan mengerjakan puluhan latihan soal. Tersedia pula kunci jawaban dan pembahasan untuk setiap latihan soal. 

Kebingungan dengan materi atau latihan soal? Ada tutor berpengalaman yang bisa membantu Anda. Anda bisa mendiskusikan kendala bersama tutor melalui grup WhatsApp.

Selain itu, tersedia pula sertifikat bila Anda mampu menyelesaikan kelasnya hingga akhir. Sertifikat ini bisa menambah poin plus pengalaman di CV Anda.

Soal harga? Tak perlu pusing. Hanya dengan Rp 100.000an* saja, Anda bisa belajar bahasa Inggris dengan aman dan nyaman. 

Masih kurang terjangkau? Ada diskon* yang bisa Anda dapatkan, sehingga harganya bisa lebih terjangkau lagi.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri Anda dan tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris saat interview Anda bersama YEC!

YEC, preparing for a better you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top