Test Toefl Bersertifikat Online

Daftar Instansi Wajib TOEFL untuk CPNS

CPNS 2023 telah resmi dibuka pada 16 september 2023. Dimana pada tahun ini akan lebih banyak formasi yang dibuka daripada tahun sebelumnya. Sembari menunggu tanggal pembukaan CPNS 2023. Kalian bisa persiapkan syarat administrasinya terlebih dahulu. Karena ada beberapa administrasi yang tidak dapat langsung didapatkan dengan cepat contohnya Sertifikat TOEFL

Baca Selengkapnya : Informasi Pembukaan, Syarat dan Jadwal CPNS 2023

Namun untuk seritifkat toefl ada alternatif yang bisa kalian gunakan. Contohnya menggunakan sertifikat toefl prediksi dari YEC. Dimana sertifikat toefl prediksi milik kami pada tahun 2021 sudah terbukti lolos diberbagai instansi maupun formasi.

Informasi lengkap mengenai Jumlah Peserta lolos, Harga, Testimoni dan Proses Tes Online TOEFL Prediksi milik kami bisa  cek KLIK DISINI.

Lalu Formasi dan instansi mana saja yang mewajibkan Sertifikat TOEFL untuk CPNS 2023 ini ? dan berapa Skor minimumnya ?. Sayangnya untuk saat ini informasi ini masih belum di terbitkan secara resmi. Namun kami memiliki data informasi Minimum Skor TOEFL untuk CPNS dari Setiap Instansi pada CPNS tahun 2021 yang dapat menjadi acuan.

Setelah kami memiliki informasi terbaru maka akan segera kami update jadi silahkan simpan link artikel ini atau hubungi CS kami supaya tetap update mengenai Informasi CPNS 2023

Daftar Instansi Wajib Syarat TOEFL untuk CPNS

1. KEJAKSAAN

Berdasarkan informasi resmi di website https://rekrutmen.kejaksaan.go.id berikut adalah rangkuman formasi yang mensyaratkan skor prediksi TOEFL

Untuk mayoritas usia pelamar di formasi kejaksaan adalah 30 tahun.

Untuk CPNS kejaksaan 2021 bisa menggunakan TOEFL Prediksi EPOT karena kalimat dalam pengumuman resmi nomor peng-01./C/Cp.2/06/2021 menyebutkan prediksi TOEFL.

 

2. KEMENTERIAN LUAR NEGERI

Berdasarkan informasi resmi di website e recruitment di halaman https://e-cpns.kemlu.go.id, berikut adalah formasi yang dibuka pada CPNS 2021

  • Diplomat 140 formasi
  • Penata Kanselerai 80 formasi
  • Pranata Informasi Diplomatik 44 formasi
  • Perancang peraturan perundang-undangan 1 formasi
  • Perencana 6 formasi
  • Arsiparis 2 formasi
  • Pengelola pengadaan barang & Jasa 3 formasi
  • Auditor 6 formasi
  • Analisis SDM Aparatur 10 formasi
  • Asesor SDM Aparatur 3 formasi
  • Analis Kelembagaan 2 formasi
  • Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja 6 formasi
  • Analis Monitoring Evaluasi dan pelaporan 4 formasi
  • Analis Organisasi 2 formasi
  • Analis Pengembangan Kompetensi 11 formasi
  • Analis Bangunan dan Perumahan 1 formasi
  • Penyusun Kurikulum, Modul dan Bahan Ajar 1 Formasi
  • Analis Diklat 1 Formasi
  • Analis Kerja Sama Diklat 1 formasi
  • Analis Kompetensi Tenaga Pengajar 2 formasi

Berdasarkan capture dari highlight story akun IG resmi kemlu menyatakan bahwa TOEFL Prediction diperbolehkan untuk melamar formasi CPNS di Kementerian Luar Negeri 2021

3. MAHKAMAH AGUNG

Berdasarkan surat pengumuman resmi dari mahkamah agung dengan nomor, 01/Pansel-CPNS/MA/VI/2021, untuk jabatan analis perkara peradilan wajib menyertakan sertifikat TOEFL

Ada 1540 formasi Analis Perkara Peradilan yang bisa diikuti oleh peserta dari jurusan berikut

 

4. KEMENTERIAN ESDM

Mengacu kepada P E N G U M U M A N NOMOR : 19.Pm/KP.03/SJN.P/2021 , ada 172 formasi yang dibuka untuk kementerian ESDM. Pada poin 4 (persyaratan pendaftaran) nomor 16, tercantum bahwa semua jabatan wajib melampirkan skor TOEFL.

Berikut formasi Kementerian ESDM:

5. KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN

Berdasarkan kepada edaran surat pengumuman NOMOR : B/124/SJ-IND/KP/VI/2021 , ada 374 formasi yang dibuka untuk kementerian Perindustrian. Pada bagian V poin K nomer 9, tercantum bahwa semua jabatan wajib melampirkan skor TOEFL.

Berikut formasi Kementerian Perindustrian:

 

6. KEMENTERIAN DALAM NEGERI

Berdasarkan kepada edaran surat pengumuman NOMOR : 810/3732/SJ, ada 47 formasi dan 197 jumlah kebutuhan ASN yang dibuka untuk kementerian Dalam Negeri. Pada bagian IV pada persyaratan khusus, tercantum bahwa pendaftar jabatan fungsional dosen dan widyaiswara wajib melampirkan skor TOEFL.

Berikut formasi Kementerian Dalam Negeri:

 

7. KEMENTERIAN KESEHATAN

Berdasarkan kepada edaran surat pengumuman NOMOR : KP.01.02/IV/12671/2021, ada beberapa jumlah formasi yang dibuka untuk Kementerian Kesehatan. Pada bagian III persyaratan khusus poin 7, tercantum bahwa pada jabatan jabatan Dosen Asisten Ahli wajib melampirkan skor TOEFL.

Berikut formasi Kementerian Kesehatan:

8. BADAN PENGAWAS OBAT dan MAKANAN

Berdasarkan kepada edaran surat pengumuman NOMOR : KP.03.01.2.24.06.21.20, ada beberapa jumlah formasi yang dibuka untuk BPOM. Pada penjelasan tahapan tes CPNS, tercantum bahwa meningkatkan penilaian menambahkan sertifikat skor TOEFL.

Berikut formasi BPOM:

9. KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM dan PERUMAHAN RAKYAT

Berdasarkan kepada edaran surat pengumuman NOMOR : KP.02.01-Mn/1171, ada beberapa jumlah formasi yang dibuka untuk PUPR. Pada penjelasan tahapan tes CPNS, tercantum bahwa meningkatkan penilaian menambahkan sertifikat skor TOEFL.

Berikut formasi Kementerian PUPR:

10. KEMENTERIAN INVESTASI/ BADAN KOORDINASI PENANAMAN MODAL

Berdasarkan kepada edaran surat pengumuman NOMOR : 1/PPSCPNS/2021,  ada beberapa jumlah formasi yang dibuka untuk BKPM. Pada penjelasan tahapan tes CPNS, tercantum bahwa meningkatkan penilaian menambahkan sertifikat skor TOEFL.

Berikut formasi Kementerian BKPM:

11. KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA RI

Berdasarkan kepada edaran surat pengumuman NOMOR: 814/SJ/KP.03.01/06/2021,  ada 457 formasi yang dibuka untuk Kemenkominfo. Pada penjelasan tahapan tes CPNS, tercantum bahwa semua jabatan wajib melampirkan skor TOEFL.

Berikut formasi Kemenkominfo:

12. KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG KEMARITIMAN DAN INVESTASI RI

Berdasarkan kepada edaran surat pengumuman NOMOR: 03/Marves/Ses/HM.00.00/VI/2021,  ada 77 formasi yang dibuka untuk Kemenko Maritim. Pada penjelasan tahapan tes CPNS, tercantum bahwa semua jabatan wajib melampirkan skor TOEFL.

Berikut formasi  Kemenko Maritim:

13. BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA

Berdasarkan kepada edaran surat pengumuman NOMOR: 01/PANPEL.BKN/CPNS/VI/2021,  ada 373 formasi yang dibuka untuk BKN. Pada penjelasan tahapan tes CPNS, tercantum bahwa semua jabatan wajib melampirkan skor TOEFL.

Berikut formasi BKN:

14. KEMENTERIAN BUMN

Berdasarkan kepada edaran surat pengumuman NOMOR: PENG-01/PANSELCPNS.MBU/2021/2017,  ada 127 formasi yang dibuka untuk BUMN. Pada penjelasan tahapan tes CPNS, tercantum bahwa semua jabatan wajib melampirkan skor TOEFL.

Berikut formasi BUMN:

15. PEMERINTAH KOTA BANDUNG

Berdasarkan kepada edaran surat pengumuman NOMOR: 005 TAHUN 2021,  ada 57 formasi yang dibuka untuk Pemkot Bandung. Pada penjelasan tahapan tes CPNS di Pemkot Bandung, tercantum bahwa untuk kualifikasi pendidikan D1/DIV wajib melampirkan skor TOEFL.

Berikut formasi Pemkot Bandung:

16. PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA

Berdasarkan kepada edaran surat pengumuman NOMOR: 8 TAHUN 2021,  ada 434 formasi yang dibuka untuk Pemprov DKI Jakarta. Pada penjelasan tahapan tes CPNS ini, tercantum bahwa untuk semua formasi wajib melampirkan skor TOEFL.

Berikut formasi Pemprov DKI:

17. PEMERINTAH KOTA PADANG

Berdasarkan kepada edaran surat pengumuman NOMOR. 870. /BKPSDM-P2IA.1-PDG/2021,  ada 548 formasi yang dibuka untuk Pemkot Kota Padang. Pada penjelasan tahapan tes CPNS ini, tercantum bahwa untuk formasi Profesi/Sarjana/S-1 atau diploma IV/D-IV wajib melampirkan skor TOEFL.

Berikut formasi Pemkot Padang:

18. KEMENTERIAN PARIWISATA & EKONOMI KREATIF

Berdasarkan kepada edaran surat pengumuman NOMOR : B/KP.00.00/948/S/2021,  ada 189 formasi yang dibuka untuk Pemkot Kota Padang. Pada penjelasan tahapan tes CPNS ini, tercantum bahwa untuk semua formasi wajib melampirkan skor TOEFL.

Berikut formasi Pemkot Padang:

Butuh Sertifikat TOEFL Prediction Untuk CPNS 2021?

English Proficiency Online Test (EPOT) dari YEC solusinya. Tes online langsung dari tempat tinggal kamu, sertifikat pdf langsung dikirim via email setelah selesai tes, bisa langsung diupload ke sistem SSCASN BKN.

Kenapa kamu harus memilih EPOT?

Valid bisa digunakan untuk CPNS

Kami melakukan tracking kepada ratusan user yang telah menyelesaikan tes dan menggunakan sertifikat untuk keperluan CPNS

330 orang lolos pada seleksi administrasi dengan rincian 90 orang lolos CPNS 2018 dan 240 orang lolos CPNS 2019.

Apakah kamu yang selanjutnya lolos seleksi administrasi di CPNS 2021?

Fasilitas dan Keunggulan

Keunggulan English Proficiency Online Test meliputi

  • Tes Online dari seluruh Indonesia

    Hanya memerlukan laptop / komputer dengan browser google chrome yang terkoneksi internet. Bisa tes di rumah, kost atau kantor, tidak perlu hadir ke lokasi tes

  • Jadwal test ditentukan peserta

    Akses test langsung dibuka setelah melakukan pembayaran. Test bisa dilakukan kapan saja, bahkan tengah malam pun bisa.

  • Sertifikat digital langsung jadi via email

    Setelah menyelesaikan test, sistem akan otomatis mengirimkan sertifikat digital berisi skor TOEFL Prediksi. Bisa langsung digunakan sebagai persyaratan melamar kerja, yudisium, sidang skripsi, atau persyaratan S2.

  • Sertifikat fisik dikirim ke rumah

    Sertifikat fisik dilengkapi tanda tangan dan stempel dengan tinta basah, berguna saat verifikasi berkas. Pengiriman sertifikat dilakukan H+2 setelah test pada jam kerja Senin – Jumat.

  • Customer Service fast respon

    Apabila ada kendala saat test, silakan langsung kirim email ke [email protected] langsung kami balas pada jam kerja.

  • Bisa tes pada hari sabtu dan Minggu

    Untuk tes hari sabtu dan minggu silakan gunakan metode pembayaran konfirmasi otomatis. Sertifikat akan dikirim pada hari kerja terdekat.

Contoh dan Validasi Sertifikat

Setiap sertifikat EPOT dilengkapi barcode unik yang bisa di scan dengan camera iPhone atau Android sehingga tidak bisa dipalsukan / di mark up nilai tes nya. Hasil scan akan menunjukkan nama peserta tes beserta nilainya yang tersimpan di database YEC.

Penjelasan selengkapnya dan contoh sertifikat bisa dibaca di halaman berikut : Verifikasi Sertifikat

Kegunaan English Proficiency Online Test

Sertifikat English Proficiency Online Test (EPOT) bisa digunakan untuk

  • CPNS 2021 untuk instansi
    • Kejaksaan
    • ANRI
    • BKN
    • Kominfo
    • Kemenlu
    • Kemen PPPA
    • Kemen PUPR
    • Kemen ESDM
    • Kemenperin
    • BSSN
    • Pemprov DKI
  • Melamar kerja instansi swasta, BUMN atau Pemerintah
  • Persyaratan Yudisium
  • Persyaratan sidang skripsi
  • Mengukur kemampuan sebelum mengambil tes TOEFL ITP dari ETS

Struktur Tes

Tes terdiri dari 140 soal dan berlangsung selama 115 menit. Tes terbagi ke tiga bagian

  • Listening (50 soal, 35 menit)
  • Structure (40 soal, 25 menit)
  • Reading (50 soal, 55 menit)

Tes hanya bisa diambil 1x dan dilengkapi dengan timer / penanda waktu. Kamu harus menjawab soal sebelum waktu habis. Kamu tidak bisa berhenti melakukan tes di tengah-tengah untuk melanjutkan di waktu yang lain.

Akses tes hanya diberikan 1x saja, pastikan sebelum mengerjakan tes, kamu sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.

Sistem skor menyerupai prediksi tes TOEFL PBT. Skor terrendah: 310 Skor tertinggi: 677.

Peralatan

Setelah melakukan pendaftaran dan pembayaran, kamu cukup menyiapkan

  • Laptop / Komputer yang tersambung internet

    Ideal adalah laptop dengan baterai yang sehat sebagai antisipasi agar kamu tetap bisa menyelesaikan tes meski ada mati listrik / gangguan. Tes hanya bisa diambil 1x

  • Headset (agar lebih jernih dalam sesi listening)

    Sesi pertama tes adalah listening. Dengan adanya headset, akan membuat kamu mendengar percakapan dan soal dengan lebih jernih.

  • Ruangan yang tenang dan tidak terganggu

    Apabila kamu melaksanakan tes di rumah, komunikasikan kepada anggota keluarga lain bahwa kamu sedang melaksanakan tes online dan tidak bisa diganggu dengan alasan apapun selama 2 jam mengerjakan tes online.

Promo Bulan Ini

Harga Normal Harga Promo
Rp. 250.000 + Ongkir Rp. 175.000

Termasuk Free Ongkir up to Rp 10.000 Ke Seluruh Indonesia

Cara Upload Sertifikat EPOT di SSCASN

Sesuai dengan buku panduan resmi Buku Petunjuk Pendaftaran Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara yang dikeluarkan Panitia Seleksi Nasional 2021 Badan Kepegawaian Negara pada halaman 21 poin 12, maka pada bagian pemilihan skor tes bahasa Inggris, pilihlah TOEFL PBT karena skor EPOT mengikuti skala TOEFL PBT.

Silakan unggah berkas dan tuliskan nilai skor EPOT mu (antara 0-677)

 

Disclaimer

  • Tes ini adalah setara tes prediksi TOEFL, bukan tes TOEFL resmi
  • Tes ini tidak terafiliasi, disetujui atau didukung oleh ETS sebagai pemilik resmi brand TOEFL
  • Kewenangan penerimaan atas sertifikat YEC English Online Proficiiency Test adalah sepenuhnya berada pada instansi yang dituju

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kenali kemampuan Bahasa Inggrismu sekarang! GRATIS! Quick English Test

x
Scroll to Top