Mau Ngirim Email tapi Gatau Siapa Penerimanya?

Kadangkala, ketika mau ngirim lamaran kerja, magang atau part time, kita bisa menyesuaikan sapaan yang dipakai. Misal nih, penerimanya adalah bapak atau laki-laki, kita bisa memakai Mr. lalu diikuti dengan nama belakangnya.

Aku nggatau nih kak siapa siapa nama pimpinannya…

Nah, kalau kita tidak tahu penerima email kita itu siapa, jenis kelaminnya apa, posisinya apa, gimana tuh? Kalo kamu lagi mengalami posisi itu, ada solusi yang bisa kamu coba nih.

Kamu bisa menggunakan frasa “To Whom It May Concern” kalau kamu benar-benar tidak tahu siapa nama penerima emailnya. 

Tapi, beberapa orang bilang bahwa frasa ini terlalu kuno alias ketinggalan jaman. Ditambah, dengan adanya akses internet, kamu sebenarnya bisa mencari tahu informasi tentang perusahaan yang mau kamu lamar.

Aku udah coba nyari, tapi masih tetep ngga ketemu. Gimana nih kak?

Tenang. Kalau kamu sudah usaha nyari kesana kemari tapi tetep ngga ketemu informasi tentang pimpinan perusahaan, kamu bisa menggunakan alternatif lain selain frasa tadi. Berikut contohnya.

  • Dear [nama jabatan/divisi]

    Biasanya di lowongan pekerjaan dicantumkan kemana kamu harus mengirimkan lamaranmu. Misalnya nih, “Kirimkan CV & lamaran kerja ke Recruitment Manager pada alamat email [email protected]” kamu bisa menuliskan sapaan Dear Recruitment Manager. Bisa juga menggunakan alternatif lain yang lebih umum seperti Dear Recruitment Team atau Dear Human Resources Team.

  • Dear Sir/Madam

    Frasa ini memiliki makna yang kurang lebih sama dengan “To Whom It May Concern”. Akan tetapi, ada yang memandang dua frasa ini memiliki konotasi negatif, dimana perusahaan bisa menilaimu malas mencari tahu tentang perusahaan tersebut.

  • Dear [nama perusahaan]

    Ini adalah pilihan yang aman. Pastikan nama perusahaan diketik dengan benar. Sertakan juga nama badan hukum perusahaan misal PT atau CV. Hal ini bisa kamu cari di halaman “Tentang kami” dari perusahaan yang ingin kamu lamar. Jika tidak ketemu, baru pakai nama brand nya.

In conclusion, kamu bisa mengikuti tips di atas bila memang kamu benar-benar kepepet karena tidak menemukan informasi tentang perusahaan yang akan kamu lamar. Ada baiknya, kamu mencari informasi perusahaan di website resmi perusahaan, sosial media, LinkedIn atau dari kenalan yang bekerja di perusahaan tersebut. Jangan menyerah ya!

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kenali kemampuan Bahasa Inggrismu sekarang! GRATIS! Quick English Test

x
Scroll to Top