Cara dan Prosedur Mengikuti TOEFL IBT dan ITP

Mampu berbahasa Inggris dengan baik merupakan syarat utama bagi siapa pun yang ingin studi atau memburu beasiswa ke luar negeri. TOEFL iBT adalah salah satu ukuran seberapa fasih dan mahir dalam berbahasa Inggris yang diakui secara internasional. TOEFL iBT sendiri menerapkan nilai minimal yang tinggi untuk standar berbahasa Inggris yang baik.

Nah, jika kamu penasaran dengan syarat dan apa saja yang harus dipersiapkan untuk mendaftar tes TOEFL iBT, berikut ini beberapa cara dan prosedur yang bisa kamu ikuti untuk mendaftar tes TOEFL iBT.

  1. Kamu harus melakukan pendaftaran secara online di web www.ets.org karena TOEFL iBT diselenggarakan oleh ETS (Educational Testing Center). 
  2. Setelah itu kamu harus memiliki akun ETS, jika kamu belum memiliki akunnya, kamu bisa membuatnya di web ets. Kamu perlu mengisi beberapa informasi terkait seperti nama, asal negara, alamat, dll. Mungkin hanya membutuhkan 15 menit untuk pembentukan akun. 
  3. Setelah itu kamu akan diberikan tiga opsi untuk melakukan pembayaran. Pertama melalui kartu kredit/debit, lalu paypal dan yang terakhir adalah melalui voucher. Biaya sekali mengikuti tes TOEFL iBT sekitar $190. Tinggal kalikan kurs rupiah pada hari kamu melakukan pembayaran. Biasanya kurang lebih sekitar 2,5 juta rupiah.

Pendaftaran secara online ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu :

  1. Pendaftaran dapat dilakukan setiap saat (24 jam).
  2. Pembatalan pendaftaran dapat diperbaharui setiap saat.
  3. Daftar jadwal pelaksanaan dan lokasi tes dapat dilihat langsung melalui web dengan mudah.
  4. Nilai hasil TOEFL juga dapat dengan mudah diakses melalui web.
  5. Terakhir, apabila ada perubahan, peserta tes dapat mengakses sewaktu-waktu melalui website ETS.

Sedangkan, untuk tes TOEFL ITP, kamu bisa menghubungi beberapa lembaga bahasa atau universitas-universitas di daerahmu yang sudah bekerjasama dengan ETS dalam menyelenggarakan tes TOEFL ITP. 

Biaya, lokasi dan jadwal lengkap ada di https://www.yec.co.id/category/toefl/biaya-jadwal-lokasi/

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kenali kemampuan Bahasa Inggrismu sekarang! GRATIS! Quick English Test

x
Scroll to Top