Apa itu TOEFL Prediksi ? Definisi, Kegunaan dan Biaya

Saat ini, ada banyak tes kemampuan bahasa Inggris. Jika kamu mencari di internet, kamu akan menemukan belantara informasi mengenai berbagai jenis tes kemampuan bahasa Inggris. Di antara ribuan pilihan dan informasi yang disuguhkan itu, manakah yang paling sesuai dengan kebutuhanmu?

 

Sebelum kamu bingung memilih tes kemampuan bahasa yang mana, mari simak definisinya di bawah ini!

Definisi TOEFL dan IELTS, Kegunaan dan Biaya

Di Indonesia, kita mengenal TOEFL, TOEFL Prediksi dan IELTS sebagai tes bahasa Inggris yang umum. TOEFL (Test of English as A Foreign Language) sendiri masih dibagi menjadi dua jenis, yaitu ITP dan iBT. 

 

TOEFL ITP atau Institusional Testing Program adalah tes bahasa Inggris yang menguji peserta dalam 3 kemampuan, yaitu Listening Comprehension, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension. Terdapat total 140 soal yang harus diselesaikan dalam 115 menit. 

 

Untuk TOEFL iBT (Internet-based Test), kemampuan yang diujikan hampir sama dengan ITP, namun terdapat penambahan dua skill atau kemampuan. Dalam TOEFL iBT, skill yang diujikan adalah Reading, Listening, Speaking, dan Writing. Terdapat kurang lebih 85 soal yang harus diselesaikan dalam kurun waktu 3 jam. 

 

Sementara itu, IELTS (International English Language Testing System) juga menguji empat kemampuan yang sama dengan TOEFL iBT; Listening, Reading, Writing, dan Speaking. Terdapat total 85 pertanyaan yang harus diselesaikan dalam durasi kurang lebih 165 menit. 

 

Ketiga jenis tes bahasa Inggris ini memiliki tujuan penggunaan dan biaya yang berbeda. 

 

TOEFL ITP biasanya digunakan untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris seseorang dengan tingkat akademik selevel universitas. TOEFL ITP umum digunakan sebagai syarat melamar kerja di dalam negeri. Dibanderol dengan harga Rp 450.000 hingga Rp 600.000, kamu bisa mengikuti TOEFL ITP di pusat bahasa atau lembaga bahasa terdekat. Sertifikat TOEFL ITP biasanya keluar dalam 10 hari kerja.

 

TOEFL iBT juga memiliki kemiripan tujuan dengan TOEFL ITP, yaitu menguji kemampuan bahasa setingkat universitas. Tes yang berbasis internet ini biasanya menjadi persyaratan untuk melamar beasiswa di dalam dan luar negeri. Saat ini, harga untuk TOEFL iBT adalah sekitar Rp 3.382.000. Sama seperti TOEFL ITP, sertifikat TOEFL iBT juga keluar dalam jangka waktu 10 hari kerja. 

 

IELTS yang mirip dengan TOEFL iBT digunakan untuk melanjutkan studi, bekerja, atau tinggal di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya. Harga yang dipatok untuk IELTS adalah sekitar Rp 3.000.000, dan kamu bisa mengikuti IELTS di pusat bahasa atau lembaga bahasa yang telah ditunjuk. Kamu perlu menunggu sekitar 13 hari kerja untuk mendapatkan sertifikat IELTS. 

 

Definisi TOEFL Prediksi, Kegunaan dan Biaya

Melihat definisi, kegunaan, dan biaya dari berbagai jenis tes bahasa Inggris di atas, banyak orang yang berpikir ulang sebelum mengambil TOEFL dan IELTS. Selain karena biayanya yang cukup menguras kantong, masa menunggu hingga sertifikatnya keluar juga menjadi pertimbangan untuk mengambil tesnya atau tidak. 

 

Hal ini bisa menjadi penghalang bagi Kawan YEC yang membutuhkan sertifikat tes bahasa Inggris dengan cepat. Event-event seperti penyelesaian persyaratan yudisium dan melamar kerja kerap kali mengharuskan peserta untuk menyiapkan dokumen dengan cepat. 

 

Untuk kalian yang sedang mencari tes kemampuan bahasa Inggris dengan harga yang terjangkau dan hasil yang cepat keluar, kalian patut mengenal TOEFL Prediksi.

 

TOEFL Prediksi adalah sebuah tes kemampuan bahasa Inggris dengan format yang sama seperti TOEFL ITP. Berisikan 140 soal yang terdiri dari tiga bagian atau section (Listening Comprehension, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension), kamu bisa menguji kemampuan berbahasa Inggrismu. 

 

Tes yang kerap disebut sebagai simulasi TOEFL ini sangat cocok untuk Kawan YEC yang belum pernah mengikuti TOEFL atau IELTS. Kalian jadi bisa mengenal dan memperkirakan di section manakah kemampuan kalian yang perlu ditingkatkan, sebelum mengambil ujian yang resmi. 

 

Berbeda dengan sertifikat TOEFL dan IELTS yang membutuhkan waktu lebih dari 10 hari kerja, sertifikat TOEFL Prediksi langsung keluar setelah tes selesai dikerjakan. Kelebihan dari TOEFL Prediksi ini adalah solusi terbaik untuk kamu yang ingin mendapatkan sertifikat tes bahasa Inggris dengan cepat dan nyaman. 

 

Untuk kegunaannya sendiri, TOEFL Prediksi valid digunakan untuk persyaratan yudisium dan melamar kerja. Untuk mendaftar beasiswa di dalam dan di luar negeri, lebih baik menggunakan TOEFL atau IELTS resmi ya!

 

Selain sertifikatnya yang otomatis keluar setelah tes, kelebihan lainnya adalah harganya. TOEFL dan IELTS terkenal dengan harganya yang mencapai jutaan Rupiah. Namun, kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam dengan TOEFL Prediksi, karena harga yang dipatok sangat terjangkau, yaitu kurang dari Rp 200.000!

 

Menarik sekali, bukan? Sudah cepat, harganya terjangkau pula. Ini akan sangat bermanfaat bagi Kawan YEC.

 

Untuk Kawan YEC yang sedang mencari TOEFL Prediksi dengan hasil yang cepat dan harga yang terjangkau, kami bisa membantu kalian. 

 

Ikutilah langkah ribuan orang yang telah lulus yudisium dan lolos melamar di CPNS dengan EPOT (English Proficiency Online Test), sebuah TOEFL Prediksi yang diselenggarakan secara online. Kamu bisa mengerjakan di mana saja dan kapan saja, sebebas kamu! Sertifikat digital yang otomatis keluar setelah tes akan memuluskan jalanmu menuju cita-cita. Amankan tempatmu dengan KLIK DI SINI dan dapatkan kupon diskon menarik!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top