Apa Perbedaan Blessed, Grateful, and Thankful dan Penggunan

Nah, ngomong-ngomong soal bersyukur, ada banyak ekspresi dalam bahasa Inggris yang bisa digunakan untuk mengucap rasa syukur. Beberapa kata yang bisa dipakai adalah blessed, grateful, dan thankful. Jika melihat sekilas, ketiga kata ini bersinonim dan bisa digunakan secara bergantian. Nyatanya, blessed, grateful, dan thankful memiliki perbedaan dan aturan penggunaannya masing-masing lho.

Nah, supaya ungkapan rasa syukur yang kamu gunakan bisa beranekaragam dan tepat, mengetahui perbedaan dan pengunaannya masing-masing menjadi penting. 

Tanpa berlama-lama, mari simak penjelasan berikut ini!

Definisi Blessed dan Penggunaannya

Kata “blessed” merupakan kata sifat (adjective). Bentuk dasar dari kata ini adalah “bless” yang merupakan kata benda (noun) yang bermakna “berkat.”  Blessed sendiri bermakna “terberkati”. Berikut ini adalah contoh penggunaannya:

  • I feel so blessed today. (Aku merasa terberkati hari ini.)
  • The man is blessed by the affection from his loved ones. (Pria itu diberkati dengan kasih sayang orang yang dicintainya.)
  • My family is blessed by the abundance of fortune from God. (Keluargaku diberkati dengan limpahan keberuntungan dari Tuhan.)
  • May your marriage be blessed with faith, joy, and love. (Semoga pernikahanmu diberkati dengan iman, sukacita, dan cinta.) 
  • We are blessed with a successful harvest this year. (Kami diberkati dengan panen yang sukses tahun ini.) 

Selain berfungsi sebagai adjective, blessed juga dapat berfungsi sebagai kata kerja. Blessed juga merupakan bentuk lampau (past tense) dan past participle dari kata “bless”. Berfungsi sebagai kata kerja, blessed di sini bermakna “merestui” dan “memberkati”. Berikut ini adalah contoh penggunaannya:

  • My parents blessed my sister and her boyfriend’s decision to get married. (Orangtuaku merestui keputusan kakak perempuan dan pacarnya untuk menikah.)
  • God blessed us with His love. (Tuhan memberkati kita dengan kasih sayang-Nya.)
  • The bishop blessed the new orphanage. (Sang uskup memberkati panti asuhan yang baru.)
  • We blessed him and his gorgeous wife. (Kami memberkati dia dan istrinya yang cantik.)
  • The priest blessed me. (Pendeta itu memberkatiku.)

Definisi Grateful dan Penggunaannya

Setelah membahas definisi blessed dan contoh penggunaannya, saatnya kita beralih ke definisi dan penggunaan grateful. Grateful sendiri termasuk dalam kelas kata sifat (adjective). Oxford Learner’s Dictionary menerangkan bahwa grateful adalah “feeling or showing thanks because somebody has done something kind for you or has done as you asked” atau “merasakan atau menunjukkan terima kasih karena seseorang telah melakukan hal baik kepadamu atau melakukan hal yang kita minta.” 

Grateful biasanya dibersamai dengan aksi atau perasaan yang positif, seperti ketika kita merasa bersyukur atas tubuh yang sehat di saat kita mendengar kabar mengenai teman yang sakit. Grateful umumnya digunakan dalam situasi yang formal. Di bawah ini adalah contoh penggunaannya:

  • I’m so grateful you came to save me. (Aku sangat bersyukur kamu datang menyelamatkanku.)
  • I am grateful for these motivating replies. (Aku bersyukur untuk balasan-balasan yang memotivasi ini.)
  • Our family will be eternally grateful for your kindness. (Keluarga kami akan berterimakasih selamanya atas kebaikanmu.)
  • I can’t be more grateful for your help. (Saya sangat berterimakasih atas bantuanmu.) 
  • I am grateful for my health (Aku berterimakasih untuk kesehatanku.)

Definisi Thankful dan Penggunaannya

Sekarang kita beralih ke istilah terakhir, yaitu thankful. Thankful termasuk kata sifat (adjective). Kata thankful dalam Oxford Learner’s Dictionary bermakna “pleased about something good that has happened, or that something bad has not happened” atau “merasa senang akan suatu hal baik yang telah terjadi, atau suatu hal buruk yang tidak terjadi.” 

Selain itu, thankful juga lebih mengarah ke hal-hal yang material seperti perasaan senang ketika menerima hadiah atau menerima tindakan yang baik. Berikut ini adalah penggunaannya:

  • I am very thankful to you. (Aku sangat berterimakasih padamu.)
  • Be thankful for what you have. (Bersyukurlah atas apa yang kamu miliki.)
  • We were thankful for the chance to rest. (Kami berterimakasih untuk kesempatan untuk beristirahat.)
  • I am so thankful for their enthusiasm. (Aku sangat bersyukur atas entusiasme mereka.)
  • A woman has got to love a bad man once or twice in her life to be thankful for a good one. (Seorang perempuan perlu mencintai seorang pria yang buruk sekali atau dua kali dalam hidupnya untuk mensyukuri pria yang baik.)

 

Demikianlah, Kawan YEC, perbedaan blessed, grateful dan thankful. Blessed digunakan ketika kita merasa diberkati, grateful digunakan untuk menunjukkan rasa terimakasih kita dengan tindakan, dan thankful digunakan ketika kita merasa senang atas hadiah atau tindakan orang lain kepada kita. Bagaimana, tidak sulit bukan?

 

Agar komunikasi kita berjalan lancar dan dipahami orang lain, kita perlu menggunakan kata yang dengan konteks yang sesuai. Begitu juga dengan bahasa Inggris. Penggunaan kata yang tepat akan membuat hal yang kita sampaikan mudah dipahami orang lain.

Untuk Kawan YEC yang ingin memperlancar kemampuan bahasa Inggris, YEC punya solusi terbaik untuk kalian. YEC menyelenggarakan kelas online bahasa Inggris, dari level pemula hingga level mahir. Dipandu oleh tutor berpengalaman, kalian bisa mengupgrade diri dengan efektif di YEC. KLIK DI SINI  untuk informasi lebih lanjut dan dapatkan diskon menarik!

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top