Biaya TES TOEIC

Biaya TES TOEIC – Kawan YEC, pernahkah kalian mendengar mengenai TOEIC? TOEIC adalah singkatan dari Test of English for International Communication. Tes ini mengukur kemampuan berbahasa Inggris pesertanya dalam konteks dunia kerja. Selain itu, TOEIC juga berguna untuk mengukur kemampuan peserta yang bahasa sehari-harinya bukan bahasa Inggris. 

 

TOEIC dikembangkan oleh ETS (Educational Testing Center), sebuah lembaga nirlaba yang merupakan organisasi terbesar dalam asesmen dan pengujian bahasa Inggris. ETS bermarkas di New Jersey, Amerika Serikat. Walaupun merupakan produk dari Amerika Serikat, namun TOEIC lebih dikembangkan di Jepang. Adalah Yasuo Kitaoka, seorang berkebangsaan Jepang yang mengusulkan dan menyusun gagasan dasar TOEIC.

 

Meskipun tidak sepopuler seperti “saudaranya” yaitu TOEFL di Indonesia, TOEIC dikenal dan diterima secara internasional, lho. Tercatat, terdapat 150 negara yang menerima dan mengakui TOEIC. TOEIC lebih dikenal di negara-negara seperti Jepang, Korea, Amerika Serikat, dan Kanada. 

 

Nah, karena TOEIC diterima luas di berbagai negara, kalian yang bercita-cita untuk berkarir atau melanjutkan studi di luar negeri wajib banget nih mengambil TOEIC. Sebelum mengambil TOEIC, penting bagi kalian untuk mengenal dahulu format tes dan skornya.

 

Terdapat 2 jenis TOEIC, yaitu TOEIC Listening Reading dan TOEIC Speaking Writing. Seperti namanya, TOEIC Listening Reading mengukur kemampuan seseorang dalam mendengarkan atau menyimak serta membaca teks berbahasa Inggris. Begitu pula dengan TOEIC Speaking Writing yang mengukur kemampuan berbicara serta menulis dalam bahasa Inggris.

Tabel di bawah ini menjelaskan section, jumlah soal, waktu, serta skor dalam TOEIC Listening Reading dan TOEIC Speaking Writing:

 

TABEL SKOR TES TOEIC

TOEIC Listening Reading Section Jumlah Soal Waktu Skor
Section I: Listening 100 soal 45 menit 5 – 495
Section II: Reading 100 soal 75 menit 5 – 495
Total 200 soal 120 menit 10 – 990

 

TOEIC Speaking Writing Section Jumlah Soal Waktu Skor
Section I: Speaking 11 soal 20 menit 0 – 200
Section II: Writing 8 soal 60 menit 0 – 200
Total 19 soal 80 menit 0 – 400

Baca juga : Konversi Nilai Toeic dengan Toefl

Kedua tes ini dipatok dengan harga yang berbeda. ITC (International Test Center), sebagai perwakilan resmi ETS di Indonesia mematok Biaya TES TOEIC  Listening Reading sebesar Rp 675.000. Sedangkan Biaya TES TOEIC Speaking Writing dipatok dengan harga Rp 1.452.000.

Biaya Tes TOEIC Resmi Terbaru

Jenis Tes TOEIC Harga Tes TOEIC
TOEIC Listening and Reading Rp. 675,000
TOEIC Speaking and Writing Rp. 1,452,000
TOEIC Speaking Rp. 990,000
TOEIC Writing Rp. 770,000

 

Bagi sebagian orang, harga yang telah disebutkan di atas terlihat mahal. Namun sebenarnya tidak. Dengan harga tersebut, sebenarnya kamu telah berinvestasi. Mengapa? Karena setelah kamu mengerjakan tesnya, kamu akan mendapatkan sertifikat TOEIC yang berlaku selama 2 tahun. Jika kamu mendapatkan skor yang tinggi, dalam 2 tahun kamu pasti diterima di mana pun.

 

Nah, agar mampu meraih skor tinggi dalam TOEIC, jelas kamu harus belajar. Persiapkan dirimu sebaik mungkin dengan mempelajari grammar, vocabulary, dan hal-hal lainnya. Selain itu, kamu juga bisa berlatih dengan sampel – sampel soal yang tersedia secara gratis di internet. Jika kamu bersungguh-sungguh, kamu pasti akan mendapatkan hasil yang baik. Sebab, hasil tidak mengkhianati usaha.

Untuk latihan soal dan quiz bisa kalian baca disini

 

See you in the next article!

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top