Contoh Biodata dalam Bahasa Inggris

Contoh Biodata

Contoh Biodata dalam Bahasa Inggris – Biodata merupakan singkatan dari biographical data, yaitu sebuah dokumen yang memuat informasi mengenai seseorang. Umumnya, biodata dibuat sepanjang 1-2 halaman dan diperuntukkan untuk berbagai keperluan. 

Membuat biodata sangatlah penting, karena dokumen ini adalah salah satu dokumen dasar yang perlu Anda miliki. 

Nah, pernahkah Anda merasa kebingungan mengenai informasi apa saja yang perlu ditulis dalam biodata? Atau kebingungan dengan format biodata dalam bahasa Inggris? 

Tak perlu khawatir, karena dalam artikel ini akan dibahas mengenai contoh biodata dalam bahasa Inggris. Langsung saja, mari kita simak penjelasan di bawah ini. 

Pengertian Biodata

Biodata mencakup informasi individu seperti nama, umur, tanggal lahir, latar belakang pendidikan, kemampuan, hobi, pengalaman, kontak, dan lain-lain. Biodata dapat digunakan untuk mengevaluasi atau menilai individu. Hal ini biasanya dilakukan oleh HRD atau perekrut dari perusahaan.

Hal-hal yang Perlu Ditulis dalam Contoh Biodata

Terdapat beberapa hal yang perlu ditulis dalam biodata. Hal-hal tersebut adalah:

  1. Nama (Name)

Nama tentu saja menjadi informasi pertama dan terpenting dalam biodata. Karena biodata umumnya menghimpun data dari seorang individu, nama harus disertakan dalam biodata. Pastikan untuk menuliskan nama lengkap Anda dalam biodata.

 

  1. Tanggal lahir (Date of Birth)

Selain nama, Anda juga perlu mencantumkan tanggal lahir. Dalam beberapa proses seleksi yang melibatkan biodata, umur dapat menjadi kriteria untuk mengevaluasi kandidat. 

 

  1. Jenis Kelamin (Sex)

Informasi mengenai jenis kelamin juga merupakan hal yang umum ditemukan dalam biodata. Menyediakan informasi mengenai jenis kelamin penting dilakukan, karena dalam beberapa pekerjaan, terdapat jenis kelamin yang lebih diutamakan. 

 

  1. Kontak (Contact Number/Email)

Mencantumkan kontak yang dapat dihubungi seperti nomor telepon atau email akan mempermudah orang lain untuk menghubungi Anda. Untuk konteks melamar pekerjaan, kontak yang Anda tulis di biodata juga akan memudahkan HRD untuk memberikan umpan balik kepada Anda terkait pekerjaan.

 

  1. Domisili (State of Residence)

Domisili atau daerah tempat tinggal adalah informasi yang dibutuhkan untuk membuat profil seseorang menjadi akurat. Lokasi domisili juga menjadi salah satu hal penentu bagi perekrut untuk mengevaluasi kandidat. Hal ini karena beberapa pekerjaan mengharuskan pelamar kerja untuk tinggal di domisili yang sama dengan perusahaan.

 

  1. Alamat (Address)

Beberapa perusahaan mungkin akan meminta detail alamat rumah Anda. Namun, tidak semua perusahaan akan melakukan hal ini. Cantumkan alamat rumah Anda hanya jika Anda mempercayai perekrut.

 

  1. Keluarga terdekat/Kontak Darurat  (Next of Kin/Emergency Contact)

Kontak darurat adalah informasi yang sangat berguna. Penting bagi perusahaan untuk memiliki detail kontak seseorang yang dapat mereka hubungi dalam keadaan darurat. Ini berguna untuk berjaga-jaga bila Anda tidak dapat dihubungi.

 

  1. Kemampuan (Skills)

Kemampuan adalah salah satu hal yang paling umum dicantumkan dalam biodata melamar kerja. Perekrut biasanya akan meminta pelamar untuk menekankan kemampuan yang relevan dengan posisi yang dilamar.

 

  1. Minat dan Hobi (Interests and Hobbies)

Informasi ini cukup sering dicantumkan dalam biodata. Informasi mengenai minat dan hobi akan mempermudah perekrut untuk mengevaluasi pengalaman pelamar yang berkaitan dengan posisi yang dilamar. 

 

  1. Disabilitas (Disability)

Jika Anda mengisi biodata untuk tujuan pendidikan atau pekerjaan, Anda mungkin akan diminta untuk mengisi informasi mengenai masalah fisik yang Anda miliki. Informasi ini akan membantu lembaga pendidikan atau perusahaan untuk menyediakan fasilitas untuk kebutuhan Anda. 

 

  1. Status Perkawinan (Marital Status)

Anda juga bisa diminta untuk menyediakan informasi mengenai status perkawinan Anda. Ini berguna agar perusahaan dapat membuat profil Anda dengan akurat.

 

  1. Agama (Religion)

Informasi mengenai agama atau afiliasi religius dapat diminta untuk diisi dalam biodata. Namun, hal ini tidak wajib dilakukan dalam biodata untuk melamar pekerjaan.

 

  1. Tinggi Badan (Height)

Beberapa pekerjaan membutuhkan spesifikasi yang wajib dipenuhi, seperti tinggi badan. Jadi, Anda bisa jadi diminta untuk menyediakan informasi ini juga. Informasi mengenai tinggi badan dapat membantu HRD perusahaan untuk membuat profil individu yang tepat.

 

  1. Ras (Race)

Dalam masyarakat multietnis atau dengan berbagai ras, Anda dapat diminta untuk menyediakan latar belakang ras sebagai bagian dari informasi pribadi.

 

  1. Golongan Darah (Bloodtype)

Informasi mengenai golongan darah sangat umum ditemukan pada biodata. Ini akan membantu perusahaan untuk membuat profil yang akurat tentang diri Anda. 

 

Beberapa informasi di atas adalah informasi yang sebaiknya ada dalam biodata. Selain itu, juga terdapat informasi yang tidak perlu dicantumkan dalam biodata. Apa saja informasi tersebut? Simak terus artikel ini sampai selesai.

 

Hal-hal yang Tidak Perlu Ditulis dalam Biodata

  1. Informasi akun pribadi

Sebuah biodata biasanya tidak memuat informasi yang sensitif seperti rekening bank dan sosial media.

 

  1. Kata Sandi (Password)

Selain informasi sensitif seperti yang ditulis sebelumnya, kata sandi juga merupakan hal yang tidak perlu ditulis dalam biodata. Kata sandi bersifat pribadi (confidentional), sehingga hanya diri Anda-lah yang boleh mengetahuinya. 

Selanjutnya, kita akan membahas jenis-jenis biodata.

Jenis-jenis Biodata

Biodata memiliki berbagai macam jenis. Tidak hanya terbatas pada biodata untuk melamar kerja, di Indonesia dikenal empat jenis biodata. Keempat biodata tersebut adalah:

  1. Biodata Pribadi

Biodata pribadi merujuk pada informasi atau detail pribadi dari seorang individu. Potongan-potongan informasi ini adalah kunci untuk membuat profil yang akurat. Umumnya, biodata pribadi diminta ketika kita menyelesaikan pendaftaran lowongan tertentu. 

 

Hal-hal yang perlu dimuat dalam biodata pribadi antara lain nama, umur, tanggal lahir, gender, informasi kontak, pekerjaan, tinggi badan, berat badan, status perkawinan. agama, dan domilisi.

 

Informasi mengenai kondisi kesehatan juga mungkin akan diminta oleh perusahaan, sebagai bagian dari informasi pribadi Anda. Hal-hal yang perlu dicantumkan antara lain golongan darah dan status disabilitas.

 

Selain informasi kesehatan, informasi mengenai keluarga juga dapat dicantumkan. Nama orang tua, pekerjaan orang tua, nama gadis ibu, dan informasi tempat tinggal orang tua dapat Anda tulis. Saudara terdekat juga dapat Anda tuliskan informasinya. 

 

Mengenai informasi yang dapat Anda cantumkan dalam biodata pribadi ini, perlu Anda catat bahwa perusahaan atau organisasi dapat meminta informasi yang berbeda-beda. Jadi, Anda dapat menyesuaikan diri dengan menyediakan informasi yang sesuai.

 

  1. Biodata Pekerjaan

Sebuah biodata pekerjaan menyediakan serangkaian informasi yang berkaitan dengan kompetensi dan keahlian profesional dari individual. Biodata jenis ini biasanya menyorot pada pengalaman profesional yang terkait dengan posisi tertentu. 

 

Beberapa perusahaan meminta pada kandidat yang melamar kerja untuk menyediakan biodata pekerjaan yang menyorot pada keahlian mereka. Kadangkala, biodata pekerjaan dapat menggantikan Curriculum Vitae (CV) atau resume. Biodata berfungsi sebagai alat penilaian validitas untuk para perekrut ketika menyeleksi kandidat. Informasi yang terdapat pada biodata pekerjaan adalah informasi pribadi ditambah beberapa informasi lainnya.

 

Hal-hal yang perlu dimuat dalam biodata pekerjaan antara lain nama, informasi kontak, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, kemampuan, minat, penghargaan, sertifikasi, dan kualifikasi profesional. 

  1. Biodata Kesehatan

Biodata kesehatan merujuk pada informasi kesehatan dari seorang individu. Informasi yang sering disebut sebagai biodata medis ini dapat dipersyaratkan sebagai bagian dari biodata untuk tujuan edukasi atau melamar kerja. Terdapat beberapa lembaga pendidikan yang meminta kepada calon siswanya untuk menyediaka biodata kesehatan sebelum penerimaan.

 

Hal-hal yang perlu dimuat dalam biodata kesehatan adalah nama, umur, golongan darah, faktor rhesus, informasi disabilitas, informasi alergi, informasi kondisi kesehatan seperti asma. 

 

Dalam konteks biodata kesehatan, Anda harus menyediakan informasi yang akurat.

  1. Biodata Pendidikan

Biodata pendidikan merujuk pada informasi mengenai pendidikan seseorang. Biodata ini menyediakan profil kualifikasi dan latar belakang pendidikan dari individu. Biodata pendidikan dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu biodata murid dan biodata guru. 

 

Biodata murid merujuk pada informasi mengenai seorang murid. Di dalamnya terdapat tingkatan pendidikan pendidikan dari seorang siswa. Anda mungkin dapat diminta untuk menyediakan biodata ini ketika mendaftar di lembaga pendidikan. Biodata murid juga berguna untuk sekolah untuk dokumentasi.

 

Hal-hal yang perlu dimuat dalam biodata pendidikan untuk murid antara lain nama, umur, jurusan, jenjang/program, departemen, fakultas, universitas, sertifikasi pendidikan, informasi kontak, dan pendidikan tertinggi. 

 

Biodata guru merujuk pada informasi mengenai kualifikasi pendidikan dan pengalaman dari individual. Biasanya, biodata ini diminta saat proses rekruitmen. Contohnya, ketika Anda melamar posisi sebagai guru di sebuah SMA, Anda akan diminta untuk menyediakan biodata. 

 

Hal-hal yang perlu dimuat dalam biodata pendidikan untuk guru antara lain nama, informasi kontak, kualifikasi pendidikan, sertifikasi, penghargaan, dan pengalaman kerja.

Contoh Biodata dalam Bahasa Inggris 

 

Setelah kita mengetahui berbagai jenis dari biodata, kini kita akan beralih pada contohnya. Di bawah ini adalah contoh dari masing-masing jenis biodata:

 

  1. Personal Biodata / Biodata Pribadi

 

  • Name : John Johansson
  • Age : 23 y.o.
  • Date of Birth : December, 15th 1997
  • Gender : Male
  • Contact Information : [email protected]
  • Occupation : Staff 
  • Height : 178 cm
  • Weight : 65 kg
  • Marital Status : Single
  • Religion : Catholic
  • State of Residence : South Jakarta

 

  1. Job Biodata / Biodata Pekerjaan
  • Name : Emily Catwright
  • Contact Information : [email protected]
  • Educational background: Hampton University, Communication Undergraduate
  • Work Experience : PR for Chatty Mags (2017-2021), PR for Euphoriasm (2021-present) 
  • Skills : Public Speaking, Marketing, Content Writing
  • Interests : Lifestyle, Food and Beverages, Culture
  • Awards : PR Awards at Hampton University, PR Awards at Hannova University
  • Certifications : TOEFL, JLPT 
  • Professional qualification(s): Course in Public Relations

 

  1. Medical Biodata / Biodata Kesehatan
  • Name : Valerie Rockshawn
  • Age : 17 y.o.
  • Bloodtype : O
  • Rhesus factor : Negative (-)
  • Disability : None
  • Allergies : Lactose 
  • Other Health Conditions: Asthma
  1. Educational Biodata / Biodata Pendidikan

Biodata for Student

  • Name : Hellena Bonham
  • Age : 21 y.o.
  • Major : English Literature
  • Program : Undergraduate 
  • Department : English Education
  • Faculty : Arts and Languages
  • University : Pelita Cahaya University
  • Educational Certification : TOEFL
  • Contact Information : [email protected]
  • Highest Education : Bandung High School

 

Biodata for Teacher

  • Name : Albus Percival, M. Ed.
  • Educational Qualification : Master of Education
  • Contact Informations : [email protected]
  • Certification : Certified Lecturer Course, TOEFL, IELTS
  • Awards : The Best Lecturer of The Year (2021) at Batara University
  • Work Experiences : Lecturer at Batara University (2018 – 2022), Lecturer at Pelita Cahaya University (2022 – present)

 

Demikianlah, Kawan YEC, contoh biodata dalam bahasa Inggris. Bagaimana, mudah dibedakan bukan? Sebelum kalian membuat biodata, pastikan dulu tujuannya ya. Karena tujuan ini akan menentukan jenis biodatanya. Apakah itu untuk kebutuhan pribadi, untuk pendidikan, pekerjaan, atau pun untuk kebutuhan kesehatan. Dengan menentukan tujuan terlebih dahulu, informasi yang kalian sediakan akan tepat dan akurat.

 

Membuat biodata dalam bahasa Inggris membutuhkan pengetahuan akan berbagai kosakata dalam bahasa Inggris yang baik. Nah, untuk kalian yang masih kebingungan soal bahasa Inggris dan ingin belajar dengan efektif, YEC punya solusi yang jitu untuk kalian.

 

YEC menyelenggarakan kelas bahasa Inggris yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Dengan dipandu oleh tutor berpengalaman, pasti skill bahasa Inggrismu akan meningkat hanya dalam 10 hari.

2 thoughts on “Contoh Biodata dalam Bahasa Inggris”

  1. Saya pernah membuat biodata bahasa inggris tetapi jadi malu ketika guru mengungkit hal itu dikelas dan guru bilang bahwa dalam penulisannya banyak kesalahan. maklum min, pakai google translate. hehehehe
    #momensekolah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top