Informasi dan Persyaratan Beasiswa GKS 2023

Sobat YEC, apakah kamu lulusan SMA atau perguruan tinggi yang ingin melanjutkan studi di Korea Selatan? Ada kabar baik untukmu dari Negeri Ginseng. Beasiswa GKS 2023 dibuka!

 

Beasiswa yang sebelumnya dikenal sebagai beasiswa KGSP (Korea Government Scholarship Program) adalah program beasiswa penuh atau fully-funded yang dikelola oleh sebuah lembaga eksekutif di bawah Kementerian Pendidikan Korea Selatan bernama NIIED (National Institute for International Education). 

 

Beasiswa GKS 2023 (Global Korea Scholarship 2023) yang diprakarsai oleh Pemerintah Korea Selatan ini membuka kesempatan kepada mahasiswa internasional untuk menempuh pendidikan di lembaga pendidikan tinggi di Korea Selatan. Bagi Sobat YEC yang ingin merasakan atmosfer dan kehidupan perkuliahan di Korea Selatan, ini adalah kesempatan besar untuk kalian!

Program Beasiswa GKS 2023

Terdapat tiga program yang ditawarkan oleh beasiswa GKS ini. Programnya adalah:

  1. Sarjana

Untuk Sobat YEC yang merupakan lulusan SMA, kamu bisa banget memilih program ini. Namun, program sarjana tidak tersedia untuk jurusan yang memerlukan waktu lebih dari 4 tahun untuk lulus ya, seperti kedokteran dan arsitek.

 

  1. Pascasarjana 

Untuk Sobat YEC yang baru saja menyelesaikan jenjang S1, maka program ini cocok untuk kamu. Kamu bisa melanjutkan jenjang pendidikan S2 dan S3 dengan beasiswa ini. Namun, jika Sobat YEC diterima di jurusan dengan biaya kuliah lebih dari $10.000 per tahun, maka kamu perlu menerima beasiswa tambahan dari universitas, agar bisa menutup biaya yang tidak dicover GSK.

 

  1. Penelitian

Program ini khusus untuk Sobat YEC yang tertarik mendalami penelitian. Program ini adalah wadah bagi penelitian dosen pertukaran dan pasca doktoral di lembaga penelitian atau universitas di Korea Selatan.

 

Dari ketiga program di atas, kuota yang diberikan adalah 220 orang mahasiswa S1 dan 1.080 orang mahasiswa pascasarjana. Jumlah ini dapat berubah sewaktu-waktu ya, Sobat YEC. 

Jalur Beasiswa GKS 2023

Terdapat dua jalur untuk berpartisipasi dalam beasiswa ini, yaitu jalur Embassy (Kedutaan) dan jalur University (Universitas). Untuk mengikuti kedua jalur ini, kamu akan diminta untuk menghubungi lembaga (kedutaan atau universitas) untuk mendapatkan informasi detail, seperti deadline pendaftaran, dokumen yang dibutuhkan, wawancara, dan lain-lain. 

 

Jalur Embassy membuka 81 kuota pelamar mahasiswa internasional, sedangkan jalur University membuka 119 kuota pelamar internasional. 

 

Cakupan Biaya Beasiswa GKS 2023

Beasiswa GKS menawarkan manfaat yang luar biasa untuk kamu. Beberapa jenis pengeluaran yang akan ditanggung oleh beasiswa GKS antara lain:

  1. Tiket pesawat PP Indonesia – Korea pada awal dan akhir masa penerimaan beasiswa.
  2. Tunjangan awal saat pertama kali tiba di Korea/perpindahan tempat tinggal sejumlah 200,000 KRW (± Rp 2,5 juta).
  3. Tunjangan/ biaya hidup per program:
  1. Program Sarjana senilai 900,000 KRW (± Rp 11,8juta) per bulan. 
  2. Tunjangan untuk Program Master dan Doktoral senilai 1,000,000 KRW (± Rp 12,6 juta) per bulan. 
  3. Tunjangan untuk Program Riset/Penelitian diberikan tunjangan senilai 1,500,000 KRW (± Rp 18,9 juta) per bulan.
  1. Tunjangan penelitian sejumlah 210,000 s/d 240,000 KRW per semester.
  2. Biaya belajar bahasa Korea selama 1 tahun sebelum perkuliahan (tidak tersedia bagi pelamar Program Riset). Biaya yang ditanggung oleh Pihak NIIED adalah sebesar 800,000 KRW, dan sisanya ditanggung universitas.
  3. Tanggungan penuh biaya perkuliahan.
  4. Penggantian biaya pencetakan tesis dan disertasi senilai 500,000 s/d 800,000 KRW.
  5. Asuransi kesehatan sebesar 20,000 KRW per bulan.
  6. Tunjangan Kemampuan Bahasa Korea sejumlah 100,000 KRW per bulan bagi penerima beasiswa GKS yang memiliki TOPIK level 5 dan 6.
  7. Tunjangan Penyelesaian Beasiswa/Persiapan Kembali ke Negara Asal: 100,000 KRW.

– Tunjangan ini ditujukan kepada penerima manfaat beasiswa KGSP yang kembali ke negara asal setelah menyelesaikan pendidikan, dan tidak berlaku untuk mereka yang menetap di Korea Selatan setelah menyelesaikan pendidikan. 

 

Melihat besarnya biaya yang dikucurkan oleh Pemerintah Korea Selatan dalam beasiswa ini, maka akan sangat disayangkan bila Sobat YEC melewatkan kesempatan ini. Untuk dapat mengikuti beasiswa ini, maka Sobat YEC perlu bersiap-siap.

 

Di bawah ini, dijelaskan kualifikasi serta dokumen-dokumen yang perlu dikumpulkan.

Kualifikasi Umum Beasiswa GKS 2023

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Sehat secara fisik dan mental
  3. Berusia di bawah 25 tahun untuk jenjang S1
  4. Berusia di bawah 40 tahun untuk jenjang S2 dan S3
  5. Telah menyelesaikan pendidikan formal untuk S1
  6. IPK di atas 80% dari lembaga pendidikan tinggi terakhir
  7. Telah meraih gelar Sarjana dan Magister untuk S2 dan S3
  8. Tidak pernah lulus atau sedang kuliah di Korea Selatan. Pengecualian untuk alumni penerima GKS yang mendapatkan rekomendasi dari kedutaan besar Korea Selatan di negara asal (hanya berlaku 1 kali), dan memiliki nilai total 90% atau lebih dan mencapai TOPIK level 5

Dokumen yang Dipersiapkan

  1. (form 1) Formulir Aplikasi yang sudah diisi
  2. (form 2) Personal Statement
  3. (form 3) Study Plan
  4. (form 4) 1 Letter of Recommendation
  5. (form 5) GKS Applicant Agreement
  6. (form 6) Personal Medical Assessment
  7. Bukti kewarganegaraan (pelamar and orang tua) dan bukti hubungan keluarga
  8. Ijazah SMA/sederajat atau Surat Keterangan Lulus (SKL) 
  9. Salinan transkrip nilai sekolah
  10. Sertifikat kemampuan bahasa TOPIK (original) atau salinan sertifikat kemampuan bahasa Inggris (opsional)
  11. Salinan sertifikat atau penghargaan lainnya (opsional) 
  12. Salinan paspor pelamar (opsional)

 

Alur Waktu Beasiswa GKS 2023

Agar lebih siap dan tidak melewatkan setiap langkah penerimaan beasiswa ini, Sobat YEC wajib tahu jadwal atau alur waktu beasiswa GKS 2023. Selengkapnya, inilah alur waktu beasiswa GKS 2023: 

 

  • Pendaftaran: ditutup 6 Oktober 2022
  • Pengumuman seleksi administrasi: 14 Oktober 2022
  • Pengumuman seleksi wawancara: 21 Oktober 2022
  • Pengumuman seleksi administrasi oleh NIIED: 4 November 2022
  • Pengumuman seleksi wawancara oleh NIIED: akhir November 2022
  • Pengumuman final: akhir Desember 2022

 

Melihat persyaratan yang perlu dipersiapkan cukup banyak, maka persiapan sedari awal adalah kuncinya. Salah satu dokumen yang bisa kamu cicil adalah sertifikat kemampuan bahasa asing.

 

Meskipun bersifat opsional, sertifikat kemampuan bahasa adalah salah satu dokumen yang berfungsi sebagai penjamin kemampuanmu dalam berkomunikasi dalam bahasa asing. Adanya sertifikat di antara lembaran dokumen persyaratanmu bisa memperbesar peluang kamu diterima. Sertifikat kemampuan bahasa yang biasanya diterima untuk melamar beasiswa adalah TOEFL, IELTS, dan TOEIC.

 

Mempersiapkan sertifikat kemampuan bahasa ini sangat penting dilakukan sejak awal lho, Sobat YEC. Hal ini karena biasanya proses sampainya sertifikat kemampuan bahasa hingga di tangan Sobat YEC membutuhkan proses yang cukup lama, yaitu sekitar 10-14 hari kerja.

 

Untuk Sobat YEC yang sedang mencari sertifikat TOEIC namun tidak sempat pergi ke lokasi tes, YEC tahu jawaban terbaik untukmu.

 

Kini, kamu bisa mengerjakan tes TOEIC® LR (Listening & Reading) secara mudah dan nyaman di YEC! YEC sebagai CTAS (Certified Test Administration Site) menyelenggarakan TOEIC® LR (Listening & Reading) from Home dengan sistem CBT. Dilaksanakan secara daring, kamu tidak perlu repot-repot datang ke lokasi tes. Jangan sampai kelewatan tes TOEIC® LR (Listening & Reading) tanggal 21 Januari 2023! KLIK DI SINI untuk informasi lebih lanjut dan raih diskon menarik dengan chat Customer Service kami! 

Share :

2 thoughts on “Informasi dan Persyaratan Beasiswa GKS 2023”

  1. Thank you for the information regarding Korean Scholarship. I am Gersom Masengi, as a fresh graduate of Biology Science, Faculty of Matematic and Natural Science, the University of Indonesia. I would like to ask about scholarship for next fall semester of 2023, the application form, time to submission and its the deadline for Master Degree program. Furthermore, may I have information concerning the post graduate program, especially for Biology Sciences. Thank you for your kind attention and hopely receive feedback from.
    Best regard,
    Gersom

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top