Perbedaan Advice dan Advise

Perbedaan Advice dan Advise – Nah, di artikel kali ini kita akan membahas tentang perbedaan dua kata dalam bahasa Inggris yang kerap kali dipusingkan orang-orang. Dua kata ini adalah advice dan advise. Banyak orang mengira bahwa kedua kata ini bersinonim, sehingga penggunaannya bisa ditukar. Padahal, kedua kata ini berbeda lho!

 

Oke, daripada bingung-bingung, langsung saja kita simak perbedaan advice dan advise dalam penjelasan di bawah ini!

Perbedaan Advice dan Advise

Apa itu Advice

Kata advice adalah kata yang tergolong dalam kelas kata noun atau kata benda. Advice memiliki kesamaan makna dengan suggestion atau saran, anjuran, dan nasihat. Karenanya tergolong dalam kelas noun, maka penggunaannya juga harus mengikuti aturan yang sesuai. 

Menurut kamus Merriam-Webster, advice termasuk dalam kata benda yang tidak dapat dihitung atau uncountable noun. Nah, karena sifatnya uncountable, maka advice tidak bisa disandingkan dengan determiner seperti an

Contoh:

  • I have an advice for you. (Aku memiliki sebuah nasihat untukmu.)

Contoh di atas ini kurang tepat ya, karena advice tidak bisa disandingkan dengan determiner an.

  • Aunt Margaret also has some advices for you. (Bibi Margaret juga memiliki beberapa nasehat untukmu.)

Contoh di atas juga kurang tepat, karena terdapat penambahan -s dalam kata advice. Karena advice termasuk uncountable noun, maka seharusnya hanya ditulis “advice” tanpa tambahan -s.

Contoh Perbedaan Advice

Namun, kita dapat menambahkan determiner yang khusus untuk uncountable noun, seperti the, some, any, little, a lot of, lots of, much, all dan all the. Perhatikan contoh berikut:

  • She gave me some useful advice. (Dia (perempuan) memberikanku beberapa nasihat yang bermanfaat.)
  • Any of his advice is brilliant. (Setiap sarannya (laki-laki) brilian.)
  • Please give me all of your advice to me regarding this matter. (Tolong berikan seluruh nasihatmu padaku terkait hal ini.)
  • Our family doctor gave some advice to maintain health. (Dokter keluarga kami memberikan beberapa nasihat untuk memelihara kesehatan.)
  • He gives me advice to be myself. (Dia (laki-laki) memberiku saran untuk menjadi diriku sendiri.)

Apa itu Advise 

Jika tadi kita belajar mengenai advice, sekarang kita belajar mengenai advise. Berbeda dengan advice yang merupakan noun, advise termasuk dalam verb atau kata kerja. Dalam bahasa Indonesia, advise adalah kata yang bisa diartikan sebagai menyarankan, mengajurkan, merekomendasikan dan menasehati. 

Menurut kamus Merriam-Webster, advise termasuk ke dalam transitive dan intransitive verb. Transitive verb artinya kata kerja ini memerlukan objek, sedangkan intransitive verb artinya kata kerja ini tidak memerlukan objek. Perhatikan contoh berikut:

Transitive verb:

  • Her doctor advised her to try other medicini. (Dokternya merekomendasikan dirinya untuk mencoba obat yang lain.)

Dalam kalimat ini, her doctor adalah subjek, advised adalah verb, dan her adalah objek.

Intransitive verb: 

  • She advised on legal matters. (Dia (perempuan) memberi nasihat tentang masalah hukum.)

Dalam kalimat ini, she adalah subject, advised adalah verb. Tidak ada objek dalam kalimat ini.

Contoh lain dari Perbedaan penggunaan advise

  • In the early days, royal advisor advised the king about the foreign policy. (Pada zaman dahulu, penasihat kerajaan menasihati raja mengenai kebijakan luar negeri.)
  • The parents advise their childern to behave nicely. (Para orang tua menasihati anak-anaknya untuk berperilaku baik.)
  • The teachers and the students are advised to leave school early due to the incoming blizzard. (Para guru dan murid disarankan untuk meninggalkan sekolah lebih awal karena badai salju yang akan datang.)
  • She advised me gently. (Dia (perempuan) menasihatiku dengan lembut.)
  • My senior advised me to do the work one by one to maintain focus. (Seniorku menyarankan padaku untuk mengerjakan pekerjaan satu per satu untuk mempertahankan fokus.)

 

Demikianlah, Kawan YEC, perbedaan advice dan advise. Gimana, mudah dipahami bukan?

Belajar bahasa Inggris memang memerlukan waktu dan ketekunan. Untuk kalian yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, ada yang menarik nih untuk kalian. YEC menyelenggarakan kelas online bahasa Inggris untuk kalian. Mulai dari level pemula hingga level mahir, kelas online ini cocok untuk partner belajarmu. KLIK DI SINI  untuk informasi lebih lanjut dan diskon menarik. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top