Tips Public Speaking Bahasa Inggris

Tips Public Speaking Bahasa Inggris – Berbicara di depan umum merupakan suatu kegiatan yang saat ini banyak diminati orang. Baik di bangku perkuliahan hingga ruang rapat kantor, berbicara di depan umum atau public speaking adalah salah satu skill yang sebaiknya dimiliki oleh setiap orang. Dengan kemampuan public speaking, kita bisa menyampaikan pendapat atau gagasan kita dengan baik kepada audiens. 

 

Namun, untuk sebagian orang, public speaking adalah hal yang cukup menantang. Harus mengingat-ingat naskah dan ditatap oleh puluhan hingga ratusan pasang mata tentunya membuat kita gugup. Apalagi jika naskah yang kita hafal bukan dalam bahasa Indonesia, melainkan dalam bahasa Inggris. Kepusingannya akan semakin bertambah ya, Kawan YEC?

 

Tenang, tenang… Untuk kalian yang sedang mencari tips untuk public speaking dalam bahasa Inggris, kalian sudah menemukan jawabannya. Di dalam artikel ini, akan diulas cara-cara agar kalian bisa berbicara di depan umum dengan lancar dan baik. Simak terus sampai selesai ya!

  • Kenali Audiens

Ketika akan melakukan public speaking, tanamkan dalam pikiranmu bahwa kamu akan berbicara untuk audiensmu. Pelajari siapa yang akan menjadi penontonmu. Dengan meriset umur, pekerjaan, jenis kelamin, dan hal-hal lainnya, kamu akan bisa menentukan diksi, jenis informasi, struktur materi, dan bila perlu, menentukan pernyataan motivasional untuk mereka. 

Dengan menyesuaikan materi untuk audiens, mereka akan merasa ‘related’ dengan apa yang akan kamu sampaikan. Tentunya ini akan meningkatkan potensi mereka memperhatikan kamu dengan baik.

  • Latihan dan Persiapan

Tips kedua yang wajib dilakukan agar public speaking lancar adalah berlatih dan mempersiapkan diri. Dengan sering berlatih dan mempersiapkan diri, rasa gugup akan berkurang. 

 

Setelah memahami audiens, kamu bisa menuliskan dahulu naskah bahasa Inggris yang akan disampaikan. Cukup catat poin-poin umum saja. Mengapa hanya poin-poin umum? Karena public speaking sedikit berbeda dengan pidato. Bila pidato dilakukan dengan terstruktur dan satu arah, maka public speaking dilakukan dengan cara seperti storytelling. Mengalir dengan lebih natural (namun tetap terstruktur), dan melibatkan interaksi dari audiens. Jadi, menyiapkan naskah dalam bahasa Inggris yang berisi poin-poin umum akan membuat materimu bisa mengalir dengan baik.  

 

Ada tambahan tips untuk Kawan YEC yang belum familiar dengan bahasa Inggris. Agar tidak kebingungan dengan bentuk bahasa Inggrisnya, kalian bisa menuliskan naskah dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu. Menuliskan naskah dalam bahasa Indonesia akan membuat kalian benar-benar paham tentang materinya. Jika saat di panggung kamu lupa istilah bahasa Inggris dari hal yang akan kamu sampaikan, kamu bisa menggunakan kata lain yang memiliki padanan makna yang sama. Jadi, hal yang kamu sampaikan akan tetap runtut. 

 

Karenanya, dalam persiapan untuk public speaking, pastikan untuk menuliskan naskahnya ya!

  • Periksa Pengucapan dalam Bahasa Inggris

Setelah menyiapkan naskahnya, saatnya melatih pengucapan atau pronunciation. Karena kita akan menyampaikan materi dalam bahasa Inggris, tentunya kita perlu mengecek pronunciation. Kamu bisa merekam suaramu saat berlatih. Dari rekaman ini, kamu bisa mengecek kata-kata yang masih belum tepat pengucapannya. Kamu bisa mencari di kamus online untuk cara pronunciation yang benar. Ulangi beberapa kali hingga lidah kamu terbiasa. Dengan begini, kamu akan berbicara seperti native speaker!

  • Audiens adalah Teman Lama

Ketika kita sedang berbincang – bincang dengan teman, tentunya kita bisa melontarkan candaan dan tertawa bersama. Begitu juga dengan public speaking. Kamu bisa menganggap audiens adalah teman lama yang kamu kenal baik. Dengan menanamkan ini dalam pikiran, kamu akan lebih rileks dan tenang.

 

Sebagaimana ketika mengobrol dengan teman, jangan lupa selipkan humor saat berlatih public speaking. Cukup masukkan beberapa anekdot yang disesuaikan dengan audiensmu, dan kamu bisa memenangkan perhatian dari mereka. Kamu juga bisa menceritakan pengalaman pribadi yang berhubungan dengan topik yang dibawakan. Biasanya, audiens menyukai ‘sentuhan pribadi’ dalam public speaking. Ini akan membuat public speakingmu terlihat menarik untuk disimak. 

  • Perhatikan Bahasa Tubuh

Last but not least, ini adalah tips yang paling mempengaruhi performance-mu saat public speaking. Yak, betul. Bahasa tubuh! Cara kamu menatap, berbicara, hingga postur tubuh dan gerakan tanganmu ketika public speaking sangat mempengaruhi penampilanmu. Pastikan kamu melakukan kontak mata dengan audiens. Bicaralah dengan suara yang jelas dan lantang, bukan berteriak. Usahakan untuk tidak berbicara terlalu cepat atau terlalu lambat. Berdirilah dengan tegap, dan jangan menunduk. Kamu bisa menggerakkan tanganmu sebagai penekanan dari pengucapanmu. 

Dan yang paling dasar dan paling penting dari itu semua, tersenyumlah. Tersenyum akan menyiratkan energi positimu, dan juga akan membuatmu merasa bahagia. Kepercayaan dirimu akan meningkat dan kamu akan siap untuk public speaking

 

Demikianlah, Kawan YEC, 5 tips public speaking yang bisa kamu gunakan. Semoga tips-tips ini membantu kamu untuk mempersiapkan diri ya!

 

Public speaking dan segala bentuk komunikasi dalam konteks bisnis adalah hal yang wajib dipelajari. Di era globalisasi seperti sekarang, saatnya kamu mengupgrade skill bahasa Inggrismu dengan efektif bersama kelas online dari YEC. KLIK DI SINI  untuk informasi lebih lanjut dan dapatkan DISKON MENARIK!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top