Strategi Mempersiapkan TOEFL 500 Untuk Beasiswa LPDP S2 Dalam Negeri 2019

0
6637

Seleksi beasiswa LPDP 2019 sudah dibuka. Seleksi terbagi ke dua tahap, tahap 1 ditutup 31 Mei 2019 dan tahap 2 ditutup pada 10 September 2019. Pada seleksi 2019, LPDP semakin spesifik mengkategorisasikan penerima beasiswa. Kategori baru yang muncul salah satunya adalah untuk yang berprestasi, penyandang disabilitas, PNS, TNI dan Polri. Persyaratan juga disesuaikan

  1. Beasiswa Umum, diantaranya:
    1. Beasiswa Reguler
    2. Beasiswa Dokter Spesialis
    3. Beasiswa Perguruan Tinggi Peringkat Utama Dunia
    4. Beasiswa Disertasi
  2. Beasiswa Afirmasi, diantaranya:
    1. Beasiswa Daerah Afirmasi
    2. Beasiswa Alumni Bidikmisi
    3. Beasiswa Prasejahtera Berprestasi
    4. Beasiswa Santri
    5. Beasiswa Prestasi Olahraga Internasional
    6. Beasiswa Prestasi Seni Internasional
    7. Beasiswa Penyandang Disabilitas
    8. Beasiswa Indonesia Timur
  3. Beasiswa Targeted Group, diantaranya:
    1. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI)
    2. Beasiswa PNS/TNI/POLRI
    3. Beasiswa Olimpiade Internasional

Apapun kategori beasiswanya, persyaratan wajib adalah sertifikat TOEFL ITP untuk beasiswa S2 dalam negeri. . Artikel ini akan membahas bagaimana mempersiapkan tes TOEFL ITP.

1. Memilih tes bahasa Inggris yang sesuai

Untuk LPDP dalam negeri, mengacu ke persyaratan LPDP 2019, persyaratan cukup menggunakan TOEFL ITP dengan skor 500. Bisa juga pakai IELTS dan TOEFL IBT, namun TOEFL ITP adalah yang termurah , harganya hanya seperlima dibanding IELTS dan TOEFL IBT.

Perbandingan Harga Dalam Rupiah

TOEFL ITPIELTSTOEFL IBT
Rp480.000 – Rp550.000Rp2.800.000Rp2.800.000

 

Selain itu, pusat tes TOEFL ITP tersebar di seluruh Indonesia. Daftar penyelenggara tes resmi beserta jadwal dan biayanya di seluruh Indonesia ada di artikel berikut. Silakan cari yang terdekat dengan tempat tinggalmu saat ini.

https://www.yec.co.id/category/toefl/biaya-jadwal-lokasi/

Lebih lengkap mengenai tes TOEFL ITP, format soal dan perhitungan skor, silakan baca artikel
https://www.yec.co.id/toefl/penjelasan-struktur-tes-dan-contoh-soal-toefl-itp/

2. Mengukur skor TOEFL saat ini

Langkah ini diperlukan untuk menemukan pemetaan kemampuan bahasa Inggris kamu saat ini, apakah sudah mencapai batas persyaratan untuk apply beasiswa LPDP.

Langkah paling akurat adalah mengikuti tes prediksi TOEFL, yaitu tes yang format dan tingkat kesulitan menyerupai tes sebenarnya. Biayanya pun lebih murah, bervariasi mulai dari 75 – 100rb. Biasanya tes prediksi TOEFL ini diselenggarakan oleh Pusat Bahasa Universitas Negeri. Penyelenggara tes TOEFL ITP resmi biasanya juga menyediakan paket tes prediksi. Silakan cari info yang terdekat di tempat tinggalmu.

Solusi lain jika Anda sudah sibuk bekerja dan tidak sempat datang ke tempat tes TOEFL prediksi, Anda bisa mengikuti tes prediksi TOEFL Online dari YEC, yaitu English Proficiency Online Test. Selisih adalah plus minus 20 basis poin dari tes TOEFL asli, biayanya adalah Rp80.000,- untuk sekali tes. Pendaftaran dilakukan secara online, pembayaran bisa menggunakan gopay, kasir indomaret atau transfer bank. Setelah bayar, bisa langsung tes. Hasil tes terkirim instan setelah menyelesaikan tes.

Pendaftaran Tes TOEFL Prediksi Online

Apa yang perlu dilihat dari hasil TOEFL prediksi?

Anda perlu melihat skor di masing-masing bagian, mana kemampuan yang paling lemah. Apakah di listening, grammar atau reading?

Tes TOEFL ITP terbagi ke tiga bagian

– Listening : 50 soal
– Structure and Written Comprehension (grammar) : 40 soal
– Reading : 50 soal

Cara membacanya, tinggal membandingkan skor masing-masing bagian

Contohnya adalah sebagai berikut

BagianSkor MaksimalSkor PrediksimuPersentase Benar
Listening504080%
Structure & Written Expression402050%
Reading503570%


Catatan : persentase benar dihitung dari skor prediksi dibagi skor maksimal dikali 100%. Contoh di structure 20/40*100% = 50%

Dari tabel di atas, tampak kemampuan yang paling rendah adalah di structure & written expression karena kamu hanya meraih 50%. Berarti disinilah kemampuanmu yang perlu ditingkatkan.

 

3. Meningkatkan skor TOEFL hingga mencapai target

Setelah tahu bagian mana yang lemah, kamu bisa langsung mencari kursus yang tepat. Mencari kursus yang tepat meminimalisir waktu untuk belajar, terutama untuk kamu yang sudah bekerja atau memiliki kesibukan lain.

Apabila yang lemah adalah di structure and written expression, kamu bisa mengambil kursus pre TOEFL dari YEC. Program belajar bahasa Inggris online selama 10 hari dengan fokus ke dasar grammar untuk TOEFL.  Proses pembelajaran cukup melalui browser handphone atau laptop, dimulai dengan menyimak video materi, kemudian membaca pendalaman materi dalam bentuk teks. Selanjutnya mengerjakan latihan untuk menguji pemahaman, seluruh latihan disusun dengan format menyerupai soal TOEFL. Metode belajar intensif.

Jadwal kelas mengikuti jadwal kelas di kampung inggris, yaitu dimulai setiap bulan tanggal 10 dan 25. Kelas terdekat dimulai hari Rabu, 22 Mei 2019.

Harga kelas online Pre-TOEFL dari YEC adalah Rp149.000

Informasi dan Pendaftaran Kelas Online Pre TOEFL

Alternatif lain pembelajaran TOEFL yang intensif adalah di kampung Inggris Pare seperti yang dijelaskan artikel berikut

https://www.kampung-inggris.com/strategi-meraih-toefl-itp-550-di-kampung-inggris/

Untuk kursus offline yang terdekat di kota Anda, silakan googling di google maps. Pastikan jadwal sesuai dengan ritme aktivitas Anda sehari hari

 

4. Mendaftar tes TOEFL resmi

Ingat, LPDP tidak menerima tes toefl prediksi. Kamu harus mendaftar tes resmi. Daftar penyelenggara tes resmi beserta jadwal dan biayanya di seluruh Indonesia ada di artikel berikut


https://www.yec.co.id/category/toefl/biaya-jadwal-lokasi/



Hal yang perlu kamu perhatikan adalah penyelenggaraan tes resmi biasanya hanya 2 kali dalam sebulan dan kapasitasnya terbatas, secara umum 50 orang sekali tes. Selain itu, sertifikat TOEFL beserta hasil skor baru terbit 2 minggu setelah melakukan tes. Hal ini krusial untuk diperhatikan. Mengacu ke jadwal penerimaan LPDP 2019, tahap 1 ditutup 31 Mei 2019 dan tahap 2 ditutup 10 September 2019. Jika saat ini kamu belum memiliki sertifikat TOEFL, kamu harus segera bersiap agar bisa mengikuti sebelum pentuupan pendaftaran LPDP tahap 2.

 

Idealnya, kamu sudah memiliki sertifikat TOEFL saat pendaftaran LPDP dibuka. Semakin dini semakin baik.

Tabel Jadwal LPDP 2019

Tahap 1Tahap 2
Pembukaan 10 Mei 201910 Juli 2019
Penutupan31 Mei 201910 September 2019

 

YEC TOEFL Preparation Online : Solusi Efektif dan Murah Untuk Kamu Yang Sibuk

PT Yureka Edukasi Cipta menyelenggarakan kursus TOEFL Preparation online untuk membantu kamu memperoleh skor TOEFL >500. 

Kursus terdiri dari 4 kelas, masing-masing kelas berdurasi 10 hari

  1. Pre TOEFL
  2. TOEFL Listening
  3. TOEFL Reading
  4. TOEFL Structure and Written Expression

Pembelajaran melalui website yang bisa diakses dari browser handphone, laptop atau komputer. Dimanapun kamu berada, selama terhubung koneksi internet, kamu bisa bergabung mengikuti kelas ini. Ini adalah solusi terbaik bagi kamu yang bertempat tinggal jauh dari lembaga kursus TOEFL yang berkualitas. 

Materi bisa kamu akses kapan saja selama 24 jam sehingga jadwal belajar fleksibel. Cocok bagi kamu yang memiliki kesibukan rutin yang tidak bisa ditinggal seperti bekerja. Kamu bisa mengakses materi setelah pulang kerja, bahkan tengah malam atau dini hari sekalipun.

Jika saat belajar ada pertanyaan mengenai materi, bisa diajukan melalui grup whatsapp kelas. Ada tutor online yang siap membantu.

Kelas TOEFL Preparation sudah berjalan. Kelas terdekat dimulai hari Rabu, 22 Mei 2019. Untuk menjaga kualitas, tiap kelas kami batasi kuota pesertanya hanya 50 peserta.

 

Jadwal dan Harga Kelas TOEFL Preparation Online

KelasJadwal Kelas PerdanaHarga
Pre TOEFLSudah berlangsungRp149.000
TOEFL ListeningSudah berlangsungRp149.000
TOEFL Reading22 Mei 2019Rp149.000
TOEFL Structure25 Juni 2019Rp149.000
Harga Normal Paket TOEFL KomplitRp600.000
Harga Pembeli kelas 22 MeiRp350.000

 

Jika  mengambil kelas satu per satu, maka total biaya yang harus kamu keluarkan adalah Rp600.000,-

Dengan mendaftar YEC TOEFL Preparation, kamu hemat Rp250.000,-

Kuota hanya 50 peserta untuk kelas 22 Mei

 

Metode Belajar dan Fasilitas

  • Durasi belajar masing-masing kelas adalah 10 hari
  • Pembelajaran online melalui website yang bisa diakses melalui browser handphone, laptop atau komputer
  • Pembelajaran dimulai dengan menyimak materi dalam bentuk video, membaca pendalaman materi dalam bentuk teks dan mengerjakan latihan soal. Semua dilakukan melalui website
  • Tersedia grup whatsapp kelas dengan tutor pendamping. Jika ada pertanyaan mengenai materi, bisa ditanyakan di grup whatsapp kelas kapan saja.. Tutor pendamping akan online pukul 18.30 – 21.00 setiap hari belajar untuk menjawab pertanyaan tentang materi.
  • Kuota satu kelas maksimal 50 orang sehingga tutor tidak kewalahan dalam menjawab pertanyaan peserta kursus
  • Setiap peserta akan memperoleh e-sertifikat setelah menyelesaikan kursus.
  • Bebas pilih jadwal kelas. Kelas dimulai setiap bulan tanggal 10 dan 25, kelas perdana mengikuti tabel jadwal dan harga kelas pendaftaran online di atas

Informasi Dan Pendaftaran YEC TOEFL Preparation Online

Review Peserta Sebelumnya

Berikut adalah review dari peserta yang telah menyelesaikan kursus bahasa Inggris online dari YEC

 

Pendaftaran dan Pembayaran

Pendaftaran dilakukan dengan klik tombol beli di link berikut. Pembayaran bisa dilakukan melalui gopay, kasir / mesin iKios indomaret dan transfer bank. Terpercaya dan canggih.

Informasi Dan Pendaftaran YEC TOEFL Preparation Online

Segera daftar, kuota promo terbatas. Seleksi beasiswa LPDP 2019 tahap 2 ditutup pada 10 September 2019, persiapkan semua dari sekarang.

Victory loves preparation!

Strategi Mempersiapkan TOEFL 500 Untuk Beasiswa LPDP S2 Dalam Negeri 2019
5 (100%) 3 vote[s]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.