Cara Membuat CV di LinkedIn

0
476

 

Gimana cara membuat CV di LinkedIn?

Cara update profil di LinkedIn?

Cara mengedit profil di LinkedIn?

Cara melihat profil di LinkedIn?

Cara mengisi profil LinkedIn?

Kamu tentu sudah bisa membuat profil di LinkedIn. Bila belum tahu caranya, pelajari dulu ya disini.

Nah, sekarang, profil yang sudah kamu buat itu tentu sayang banget kalo dianggurin dan dibiarkan kosong bagai hati tak bermantan. Kali ini, Mimin ingin berbagi tips gimana cara mengisi profil LinkedIn-mu agar layaknya etalase profesionalmu!

Gimana caranya melihat profilmu di LinkedIn? 

Dari halaman awal, klik profil saya di bagian atas halaman, nanti kamu akan dibawa ke halaman profilmu.

Secara umum, tampilan awal profil LinkedIn yang masih baru adalah seperti ini.

Lalu cara edit profilnya gimana ya?

Karena profilmu baru saja dibuat, tentu ada beberapa bagian CV yang masih kosong. Yuk diisi satu per satu.

Untuk mengedit dan menambahkan bagian lain yang belum ada, klik “Tambah bagian profil” lalu pilih salah satu sub-menu yang ada.

Misalnya nih, kita mulai dari Intro dulu ya.

  1. Intro

    1. Foto Profil

      Menambahkan foto tentu bisa mengidentifikasi siapa dirimu. Siapa tahu ada yang memiliki nama sama denganmu.

    2. Mencari lowongan pekerjaan

      Tambahkan fitur ini untuk menunjukkan bahwa anda sedang dalam posisi mencari kerja. Jika sedang hepi-hepinya bekerja, kamu tidak perlu mengaktifkan fitur ini.

  2. Tentang

    1. Ringkasan

      Tuliskan ringkasan profilmu disini. Bisa tentang pendidikanmu, keahlianmu hingga pekerjaan yang kamu lakukan sekarang. Buatlah perusahaan atau koneksimu membaca dengan jelas kamu siapa dan apa yang bisa kamu lakukan.

  3. Latar Belakang

    1. Pengalaman kerja

      Sesuai namanya, tuliskan riwayat kerjamu dari yang terlama hingga terbaru. Termasuk juga pengalaman magang ataupun kontrak.

    2. Pendidikan

      Cukup cantumkan 2 pendidikan terakhirmu saja ya! Sebutkan juga kamu kuliah atau sekolah jurusan apa.

    3. Lisensi dan Sertifikasi

      Bila kamu pernah ikut pelatihan atau workshop, cantumkanlah di bagian ini. 

    4. Pengalaman Sukarela

      Mungkin kamu pernah ikut menjadi volunteer di suatu kegiatan. Nah, kamu bisa menceritakan peranmu di bagian ini.

  4. Keahlian

    Masukkan kata kunci terkait keahlianmu lalu tambahkan di profilmu. Misalnya menggunakan Microsoft Office, mengajar, mengelola data administrasi, dst. Cantumkan keahlian yang benar-benar kamu kuasai ya, bukan buat gaya-gayaan.

  5. Pencapaian

    1. Publikasi

      Bila pernah menulis sebuah jurnal, tulisan, atau artikel lain, sebutkan disini ya! Termasuk skripsi atau makalah juga bisa kamu sebutkan!

    2. Paten

      Mungkin kamu pernah menciptakan desain atau alat yang sudah memiliki hak paten? Cantumin disini dong!

    3. Kursus

      Pernah ikut kursus di luar pendidikan? Misalnya kursus manajerial, atau kursus keahlian lain, ga apa-apa kok, cantumin aja.

    4. Proyek

      Proyek sama saja dengan portofolio pekerjaan kita. Misalnya kamu mengembangkan sebuah program, atau mengerjakan suatu pekerjaan di kampus bareng dosenmu, bisa kamu tuliskan juga.

    5. Penghargaan

      Tampilkan kebanggaanmu disini! Misal menang lomba desain atau menjadi wisudawan terbaik.

    6. Skor Tes

      Pernah mengambil tes TOEFL atau tes kemahiran lain? Cantumkan disini ya.

    7. Bahasa

      Bisa ngomong dalam beberapa bahasa? Sebutkan disini beserta tingkat kemahiranmu!

    8. Organisasi

      Bila kamu aktif di organisasi kampus atau di luar, tuliskanlah peranmu apa disini.

  6. Informasi tambahan

    1. Minta Rekomendasi

      Bila kamu sudah punya koneksi, kamu bisa minta rekomendasi ke kenalanmu tersebut. Tentunya kamu harus kenal baik dan pernah bekerja sama dengannya.

  7. Bahasa

    Kamu bisa menampilkan profilmu dalam beberapa bahasa. Dengan penambahan bahasa, profilmu akan lebih mudah ditemukan. Bila tidak ada bahasa tambahan, maka profil yang kamu tuliskan sebelumnya akan menjadi profil yang ditampilkan.

Berikut adalah satu contoh profil LinkedIn yang mungkin sudah banyak kamu kenal.

Semoga langkah-langkah di atas bisa memudahkanmu ya dalam mengisi CV LinkedIn-mu! 

Apakah artikel ini bermanfaat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.