Lowongan Kerja Penerjemah Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa: tutup 20 Februari 2024

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa adalah unsur penunjang di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang mempunyai tugas melaksanakan pengembangan, pembinaan, dan pelindungan di bidang bahasa dan sastra, serta pengembangan, pembinaan, dan pengawasan sistem perbukuan. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa mengundang para penerjemah untuk berpartisipasi dalam kegiatan penerjemahan buku cerita anak dari bahasa Inggris, bahasa Arab, dan bahasa Prancis ke bahasa Indonesia. Untuk memilih calon penerjemah yang memenuhi syarat, Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa melaksanakan seleksi dengan tahapan berikut:

Seleksi Calon Penerjemah Kegiatan Pelaksanaan Penerjemahan

Tahun 2024

PERSYARATAN

Calon penerjemah wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut

  1. Warga negara Indonesia yang berdomisili di wilayah Indonesia, dibuktikan dengan dokumen identitas yang sah.
  2. Memiliki pos-el yang tetap dan aktif.
  3. Memiliki kemampuan, pengalaman, dan kesiapan untuk melaksanakan penerjemahan buku dalam jangka waktu yang terbatas.
  4. Memiliki kemahiran berbahasa Indonesia yang mumpuni, dibuktikan dengan skor hasil Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif seksi I-III minimal 600.
  5. Memiliki kemahiran berbahasa asing sesuai dengan kriteria seleksi, dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku dengan ketentuan sebagai berikut.
    1. Sertifikat TOEFL ITP minimal skor 550 atau IELTS minimal 6,0 untuk bahasa Inggris.
    2. Sertifikat DELF minimal level B1 untuk bahasa Prancis.
    3. Sertifikat TOAFL minimal skor 550 untuk bahasa Arab.
  6. Diutamakan memiliki portofolio di bidang penerjemahan buku cerita anak.
  7. Bersedia membuat dan mematuhi perjanjian dengan Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa mengenai proses dan hasil kegiatan penerjemahan berdasarkan perundang-undangan yang berlaku.
  8. Bukan pegawai di lingkungan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Langkah-Langkah Pendaftaran

  1. Pelamar bisa melakukan pendaftaran paling lambat 20 Maret 2024, dokumen bisa dilakukan mengisi daftar riwayat hidup sesuai dengan templat yang ditentukan panitia dan mengisi formulir melalui tautan dibawah ini:
    Jadwal seleksi:
    KEGIATAN TANGGAL
    Pendaftaran 1 – 20 Februari 2024
    Seleksi Administrasi 21- 25 Februari 2024
    Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 27 Februari 2024
    Uji Praktek Penerjemah 29 Februari 2024
    Pengumuman Hasil Seleksi 12 Maret 2024
  2. Diharapkan untuk seluruh peserta melakukan
    1. Menyiapkan pindai berkas sebagai berikut.
      1. Kartu tanda penduduk elektronik.
      2. Daftar riwayat hidup dan portofolio pengalaman di bidang penerjemahan buku cerita anak
      3. Ijazah pendidikan formal terakhir
      4. Sertifikat UKBI Adaptif atau tangkap layar skor hasil UKBI Adaptif seksi I-III yang masih berlaku dan diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
      5. Sertifikat kemahiran berbahasa asing yang masih berlaku.
      6. NPWP
    2. Semua berkas pendaftaran yang dimaksud pada nomor 2 diunggah melalui tautan https://bit.ly/seleksipenerjemah2024 dengan ketentuan sebagai berikut.
      1. Setiap berkas dipindai format PDF dengan ukuran keseluruhan berkas maksimal 5 MB.
      2. Setiap berkas diberi nama dengan format (nama lengkap) (nama dokumen).
        Contoh : Maudy Yolanda KTP, Maudy Yolanda NPWP
      3. Semua berkas dikumpulkan dalam satu folder ZIP, kemudian dikirimkan dengan judul Berkas Seleksi Penerjemah 2024 (nama lengkap).
        Contoh : Berkas Seleksi Penerjemah 2024 (Maudy Yolanda)
  3. Informasi selengkapnya mengenai persyaratan dan cara pendaftaran dapat diunduh melalui lampiran berikut. Untuk pertanyaan dan informasi lebih lanjut dapat dikirimkan melalui pos-el [email protected].

Lampiran Dokumen:


Selama proses seleksi peserta tidak dipungut biaya apapun, hanya pelamar yang memenuhi syarat yang diproses dan Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.Jika Sobat terkendala dalam sertifikat kompetensi Bahasa Inggris karena prosesnya yang lama, YEC sediakan solusinya untuk Sobat YEC sekalian. YEC memiliki Tes TOEFL Prediksi Online yang dapat diakses kapan pun dan dari mana pun Sobat berada, sehingga Sobat tak perlu meluangkan waktu dan tenaga untuk menunggu jadwal tes dan mendatangi lokasi tes. Tak hanya itu, sertifikat digital hasil tes Sobat akan tersedia secara instan sesaat setelah Sobat menyelesaikan tes. Solusi yang tepat bagi Sobat yang mengejar waktu untuk melamar lowongan ini bukan?Kenapa Anda harus pilih English Proficiency Online Test dari YEC?

✅ SPECIAL PRICE: Kami akan senang jika Anda senang, kami selalu berusaha menghadirkan tes berkualitas untuk memudahkan Anda yang memiliki kesibukan cukup menguras waktu dengan memberikan harga yang ekonomis.

✅ BERPENGALAMAN : Yureka Education Center (YEC) melayani sertifikat prediksi TOEFL ribuan pendaftar CPNS pada tahun 2018 sampai 2023.User berhasil lolos seleksi administrasi berkas untuk instansi berikut :

  • Pemprov DKI
  • Kementerian PUPR
  • Kemenristekdikti
  • Kemenpan RB
  • BKN Kantor Regional
  • Kementerian ESDM
  • Kejagung
  • Kementerian Perhubungan
  • Kementerian BUMN
  • Kementerian Pariwisata
  • Kementerian PPPA
  • Kemenko PMK
  • BNPT
  • Kemenlu
  • Mahkamah Agung
  • Disnakertrans Jawa Tengah
  • BKN Pusat
  • Kemenkominfo
  • FHCI BUMN 2019

✅ TRANSAKSI AMAN DAN TERPERCAYA : Telah berpartner secara profesional. Pembayaran bisa menggunakan gopay, ke kasir indomaret, atau transfer bank.

✅ BEST CUSTOMER SERVICE: Anda setiap saat dilayani oleh customer service kami yang ramah. Silakan hubungi melalui email [email protected]

✅ SUBSIDI ONGKIR RP. 5.000,- KE SELURUH INDONESIA: Di mana pun lokasi Anda, akan otomatis mendapatkan subsidi ongkir pengiriman sertifikat fisik sebesar Rp. 5.000,- setiap pembelian.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kenali kemampuan Bahasa Inggrismu sekarang! GRATIS! Quick English Test

x
Scroll to Top