Mini Workshop Digitalisasi LKP Kab. Sleman

Sleman, 23 Februari 2023. LKP Yureka Education Center (YEC.CO.ID) bekerja sama dengan DPC Himpunana Penyelenggaraan Kursus dan Pelatihan (HIPKI) Kab. Sleman mengadakan workshop digitaliasi Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) di kantor LKP YEC.CO.ID. 

LKP adalah lembaga yang fokus memberikan pelatihan secara nonformal, yang mana pendiriannya diatur dalam undang undang dan di bawah Kemendikbud Ristek.

Acara workshop tersebut dihadiri oleh 13 LKP di Kab. Sleman. Animna Husna selaku Co-Founder dan Direktur Utama LKP YEC.CO.ID memberikan pemaparan kurang lebih selama 60 menit tentang sejarah digitalisasi sejak tahun 2010 sampai dengan 2023, dan bahkan bisa diajak ikut Program Nasional Kartu Prakerja berkat digitalisasi LKP. Animna Husna mengatakan bahwa LKP YEC.CO.ID adalah LKP daring pertama di Kab. Sleman. Pada pemaparan lainnya, Animna Husna mengatakan bahwa digitalisasi bisa dilakukan bertahap, dimulai dari yang gratis seperti penggunaan Google Business untuk tag lokasi di gmap, sosial media, dan berlanjut penggunaan webiste, e-comerece untuk pembelian, dan learning management system. Acara dinlanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab terkait pengalaman dan tantangan yang dihadapi LKP di Kab. Sleman. Yang menjadi sorotan adalah digitalisasi di LKP masih belum masiv dilakukan karena terkendala SDM. Dalam hal ini, LKP YEC.CO.ID berkomitmen dan siap berkolaborasi dengan LKP di Kab. Sleman agar nantinya LKP di Kab. Sleman bisa masuk dan aktif dalam ekosistem digital dan yang terpenting adalah LKP tetap mandiri dan tidak tergantung dengan platform tertentu untuk penjualan onlinenya.

Dalam sambutan penutupnya, Sukarjiyanta, S.Pd., selaku penilik LKP dan Hartoyo selaku ketua DPC HIPKI Kab. Sleman mengatakan bahwa kegiatan ini sangat baik bagi perkembangan LKP, khususnya di Kab. Sleman. Harapannya, acara ini akan terus bisa dilakukan agar nantinya bisa membuka wawasan tentang pentingnya digitalisasi untuk LKP.  (Malik Akbar)

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kenali kemampuan Bahasa Inggrismu sekarang! GRATIS! Quick English Test

x
Scroll to Top