Beasiswa kominfo

Penerimaan Beasiswa S2 Luar Negeri Kementerian KOMINFO x CHEVENING INTAKE 2025/2026

BEASISWA KOMINFO – Beasiswa Kementerian Kominfo x Chevening adalah program pemberian beasiswa Magister yang didanai oleh Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Inggris, yang ditujukan bagi individu-individu berprestasi untuk melanjutkan studi pascasarjana di perguruan tinggi terkemuka di Inggris. Beasiswa ini berfokus pada pengembangan pemimpin masa depan, pembuat keputusan, dan inovator yang memiliki potensi untuk memberikan dampak positif di komunitasnya.

Beasiswa S2 Luar Negeri Kementerian Kominfo x Chevening dibuka bagi Aparatur Pemerintah Pusat/anggota TNI/POLRI dan non-PNS dari Kementerian/LPNK/BUMN/Swasta dengan latar belakang pekerjaan bidang TIK yang berminat untuk melanjutkan studi magister di bidang studi terkait teknologi informasi dan komunikasi. Pendaftaran dibuka sejak 3 September 2024 untuk memulai perkuliahan di bulan September 2025 (Intake 2025/2026). Pendaftaran beasiswa dilakukan secara paralel melalui laman chevening https://www.chevening.org/scholarship/indonesia/ dan laman Beasiswa Kominfo https://beasiswa.kominfo.go.id/.

Terkait hal tersebut, berikut syarat dan ketentuan terkait pendaftaran beasiswa dalam negeri Kementerian KOMINFO: 

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Diutamakan berusia dibawah 40 Tahun;
  3. Berkomitmen kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan pendidikan;
  4. Memiliki pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun, yang dapat berupa pekerjaan full-time, part-time, magang, atau kerja sukarela. Pengalaman ini harus dibuktikan dengan SK CPNS/PNS atau dokumen resmi lainnya bagi PNS/TNI/POLRI, serta surat keterangan kerja bagi pelamar umum.
  5. Lulusan S1/DIV;
  6. Belum memiliki gelar Magister/S2 dan tidak sedang mengikuti program pendidikan Magister/S2;
  7. Memenuhi persyaratan akademik serta bahasa inggris seperti IELTS, TOEFL IBT, dan Pearson PTE Academic. Syarat kemampuan bahasa asing, perlu disesuaikan dengan persyaratan dari perguruan tinggi;
  8. Peserta mendaftar ke 3 (tiga) program studi yang berbeda pada satu perguruan tinggi, atau mendaftar ke 3 (tiga) program studi serupa di 3 (tiga) perguruan tinggi berbeda. Peserta hanya diperbolehkan mendaftar pada program studi yang terkait dengan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK);
  9. Tidak pernah melakukan studi dengan menerima dana dari Pemerintah Inggris;
  10. Diutamakan bagi yang sudah memiliki Letter of Acceptance (LoA) dari Perguruan Tinggi di Inggris;
  11. Menyusun esai mengenai rencana studi dan kaitannya dengan bidang pekerjaan atau pengalaman profesional yang relevan dengan pengembangan transformasi digital nasional (500 kata);
  12. Menyusun esai yang berisi mengenai career plan dan rencana kontribusi pasca studi khususnya kontribusi bagi pengembangan transformasi digital nasional (500 kata);
  13. Menyertakan minimal 2 surat rekomendasi dalam bahasa inggris dari pimpinan/dosen pembimbing/atau tokoh lain yang memiliki kredibilitas;
  14. Mendapatkan surat izin pimpinan yang berwenang dari tempat bekerja untuk menjalani pendidikan (Lampiran III);
  15. Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, melampirkan:
    1. Hasil penyetaraan ijazah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui laman https://piln.kemdikbud.go.id/ atau Kementerian Agama melalui laman https://diktis.kemenag.go.id/penyetaraanijazah/
    2. Hasil konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui laman https://piln.kemdikbud.go.id/ atau Kementerian Agama melalui laman https://diktis.kemenag.go.id/penyetaraanijazah/
    3. Tangkapan layar ajuan penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK pada laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kementerian Agama mengenai penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK bagi pendaftar yang penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK-nya belum terbit.
  16. Beasiswa ini tidak diperuntukan untuk Pegawai Kementerian Kominfo dan pelamar yang saat ini bekerja atau pernah bekerja dalam 2 (dua) tahun terakhir di Kantor Persemakmuran dan Pengembangan Luar Negeri, Kedutaan Besar Inggris, atau departemen terkait di Inggris, termasuk yang memiliki kerabat yang bekerja di sana.

Persyaratan Tambahan untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS/TNI/POLRI)

  1.  Mendapatkan surat izin dari pejabat berwenang untuk menjalankan pendidikan sesuai dengan ketentuan masing-masing Instansi;
  2. Tugas dan fungsinya dalam pekerjaan berkaitan dengan salah satu program studi yang akan ditempuh yakni Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)/Keamanan Informasi, penyusunan strategi, pelayanan informasi dan kehumasan pemerintah, kebijakan bidang digital serta peningkatan daya saing nasional dalam sektor ekonomi
    digital;
  3. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin sedang atau berat dan tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin paling kurang tingkat sedang dalam 2 (dua) tahun terakhir;
  4. Memenuhi persyaratan penetapan tugas belajar sebagaimana dimaksud SE MENPAN RB Nomor 28 Tahun 2021 tentang Pengembangan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil Melalui Jalur Pendidikan.

Langkah-Langkah Pendaftaran Beasiswa kominfo

  1. Pelamar bisa melakukan pendaftaran yang akan ditutup pada tanggal 5 November 2024 dengan menginput dokumen berkas softfile dikirim pada dengan ketentuan yang ada pada link sebagai berikut:
  2. Berikut jadwal pendaftarannya:
  3. Informasi lebih lanjut mengenai tata cara pendaftaran dan selengkapnya beasiswa bisa kalian klik tombol dibawah ini

Untuk kebutuhan lowongan di atas bisa menggunakan Tes TOEFL ITP Online. Peserta yang mengikuti Tes TOEFL ITP akan mendapatkan 2 jenis dokumen:

  1. Unofficial Score Report (berbentuk pdf) by ETS, dan bisa langsung diunduh setelah tes
  2. Official Score Report (berbentuk sertifikat fisik) by ETS diproses kurang lebih 14-25 hari kerja (jika tidak ada keterlambatan dari IIEF)

Untuk lowongan yang dibuka dengan jangka waktu kurang dari 2 minggu, peserta bisa mencoba menggunakan Unofficial Score Report untuk memenuhi persyaratan sertifikat TOEFL ITP pada lowongan di atas, karena Official Score Report membutuhkan waktu lebih dari 14 hari kerja. Jika ternyata tidak bisa pakai Unofficial Score Report lantas bagaimana? Rugi dong?!

Tentu tidak, karena sertifikat TOEFL ITP berlaku selama 2 tahun. Maka, jika kedepannya terdapat lowongan lain yang mensyaratkan TOEFL, kamu bisa langsung daftar tanpa perlu khawatir.

Ingat! Keberuntungan terjadi ketika persiapan bertemu dengan kesempatan. Jadi, usahakan keberuntunganmu sendiri dengan mengikuti TOEFL ITP bersama YEC!

Proses Pendaftaran Tes TOEFL ITP

Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan kuota tes TOEFL ITP pada jadwal yang Anda inginkan tersedia. Cek kuota dengan menghubungi kontak yang tertera di bagian akhir artikel ini.

Rate this post

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kenali kemampuan Bahasa Inggrismu sekarang! GRATIS! Quick English Test

x