Contoh Soal Grammar TOEIC

Contoh Soal Grammar TOEIC

Contoh Soal Grammar TOEIC – Hai, Kawan YEC! Gimana kabar kalian? Meskipun cuaca tidak menentu dan sedang banyak penyakit di luar sana, semoga kalian tetap sehat dan bersemangat ya!

Di artikel kali ini, kita akan membahas mengenai Grammar dalam TOEIC. Kawan YEC pastinya sudah tahu dong TOEIC itu apa. Bagi yang belum tahu, TOEIC adalah kepanjangan dari Test of English for International Communication. 

Seperti namanya, TOEIC menguji kemampuan berbahasa Inggris seseorang dalam konteks dunia kerja atau dunia profesional. Mirip seperti TOEFL atau IELTS, di dalam TOEIC juga terdapat soal-soal yang berkaitan dengan grammar atau tata bahasa.

Agar Kawan YEC bisa menjawab soal-soal grammar TOEIC dengan mudah, tak ada jalan lain selain belajar.

 

Materi Soal Grammar TOEIC

  • Word Choice

Dalam Word Choice, pemahamanmu mengenai berbagai macam grammar atau tata bahasa akan diuji. Wawasanmu mengenai kosakata juga akan dites. Kamu akan banyak menemui kata-kata yang membingungkan. Jawaban yang tepat dari pertanyaan-pertanyaan itu bisa jadi noun (kata benda), verb (kata kerja), adjective (kata sifat), adverb (kata keterangan), preposition (kata depan), atau conjunction (kata sambung). 

Terdapat empat jawaban dalam satu pertanyaan TOEIC. Keempat jawaban ini bisa terlihat dan terdengar sama, namun memiliki makna yang berbeda. Kamu juga akan menemui banyak kata-kata dengan makna yang berlawanan. Memilih yang tepat akan tergantung pada bagaimana dan kapan sebuah kata digunakan dalam bahasa Inggris. Kata-kata ini mungkin memiliki arti yang sama (misalnya, house dan home) atau penggunaan tata bahasa/grammar (misalnya much dan many). Hanya ada satu pilihan yang bisa menjadi jawaban yang tepat. 

 

Contoh soal:

1) Make sure to only use the _____ paper.

(A) vain

(B) vein

(C) pain

(D) plain

Jawaban yang benar adalah (D). Kata sifat atau adjective diperlukan untuk melengkapi kalimat. Plain adalah satu-satunya kata sifat yang masuk akal. (A) adalah kata sifat/adjective yang digunakan untuk menggambarkan orang, bukan benda (kertas atau paper). (B) adalah kata benda/noun yang bunyinya seperti (A). (C) adalah kata benda/noun yang berima dengan vein dan plain.

 

2) Charles forgot to order more _____ for the office.

(A) stationary

(B) stationery

(C) statue

(D) moving

Jawaban yang benar adalah (B). Kata benda/noun diperlukan untuk melengkapi kalimat. (B) adalah kata benda yang berarti alat tulis. (C) adalah kata benda tunggal yang tidak masuk akal dalam kalimat ini. (A) adalah kata sifat yang berarti “tidak bergerak”. (D) adalah kata sifat dengan arti kebalikan dari (A).

  • Word Families

Word Families menguji seberapa baik dirimu dalam mengetahui berbagai jenis kelas kata yang dapat dibuat dari satu buah kata. Sebuah kata dapat berpindah dari kata benda/noun ke kata kerja/verb ke kata sifat/adjective ke kata keterangan/adverb dengan mengubah akhiran kata/sufiks. 

Contoh:

Finale (noun/kata benda) -> finalist (noun/kata benda, orang) -> finalize (verb/kata kerja) -> final (adjective/kata sifat) -> finally (adverb/kata keterangan)

 

Tabel di bawah merupakan ringkasan dari akhiran kata/sufiks yang umum digunakan untuk menandai kelas kata:

 

Contoh soal:

(1) The manager read the report _____.

(A)     careful

(B)     carefully

(C)     care

(D)     caring

Jawaban yang benar adalah (B). Kata keterangan atau adverb diperlukan untuk melengkapi kalimat. Carefully (dengan hati-hati) adalah satu-satunya adverb. Adverb memodifikasi verb. How did the manager read the report? He read it carefully. Jawaban (A) adalah kata sifat atau adjective. Jawaban (C) dan (D) adalah bentuk kata kerja/verb.

Demikian, Kawan YEC, contoh soal grammar TOEIC. Bagaimana? Semoga kalian paham ya!

Materi di atas adalah sedikit gambaran mengenai materi yang akan kalian hadapi dalam TOEIC. Kalian bisa eksplor lebih lanjut mengenai TOEIC di sini

See you in the next article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Aplikasi Latihan Soal Bahasa Inggris Install

x
Scroll to Top