Generic Structure Recount Text

Macam macam tenses dan kegunaannya

pengertian recount text – Hai, Kawan YEC! Bertemu lagi dalam artikel baru YEC. Gimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan berbahagia ya!

Kawan YEC, kalian tahu kan ada berbagai macam teks dalam bahasa Inggris? Mulai dari descriptive text, narrative text, hingga procedure text. Dari sekian banyak jenis teks ini, kita akan membahas mengenai recount text.

Bagi kalian yang sedang cari-cari info tentang recount text, yuk langsung aja simak penjelasan di bawah ini!

 

Pengertian Definisi Recount Text

pengertian recount text adalah jenis teks yang menceritakan kembali tentang sesuatu yang telah terjadi di masa lampau. Tujuan penulisan recount text adalah menginformasikan, memotivasi, dan menghibur. 

Terdapat beberapa macam recount text. Macam-macamnya adalah sebagai berikut:

  • Personal recount

Recount text ini menceritakan tentang pengalaman pribadi dari si penulis.

  • Factual recount

Recount text jenis ini menyajikan laporan peristiwa yang benar-benar terjadi, seperti laporan eksperimen sains ataupun laporan kepolisian.

  • Imaginative

Recount text jenis ini menceritakan mengenai cerita imajinatif, lalu menuliskan peristiwa atau kejadian yang telah terjadi. 

 

Generic Structure Recount Text

Terdapat tiga bagian dari recount text, yaitu sebagai berikut:

  • Orientation

Bagian pertama dari recount text adalah orientation. Bagian ini berisi tentang pengenalan berupa pihak yang terlibat (siapa), lokasi kejadian (di mana), dan waktu kejadian (kapan) dari peristiwa yang terjadi di masa lalu. Bagian ini memuat informasi yang diperlukan bagi pembaca untuk memahami teks.

  • Events

Bagian kedua ini memuat tentang kisah atau peristiwa yang terjadi. Dalam bagian Events, kejadian disajikan secara kronologis atau berurutan waktu. Penulis cerita dapat menggunakan kata sambung seperti “On the first day…. On the second day….. On the last day….” dalam menyampaikan ceritanya.

  • Reorientation

Bagian terakhir dari recount text ini memuat pengulangan bagian pertama, yaitu Orientation. Pengulangan ini berisi tentang rangkuman peristiwa yang terjadi. Selain rangkuman, bagian ini juga bisa berisi komentar atau kesan pribadi penulis mengenai peristiwa yang terjadi. 

 

Language Features Recount Text

Selain belajar mengenai definisi, macam-macam dan generic structure dari recount text, kita juga akan belajar mengenai language features yang biasanya ditemukan dalam teks ini. Berikut adalah penjelasannya.

  • Past Tense

Karena recount text menceritakan tentang peristiwa yang terjadi di masa lalu, maka tense yang digunakan adalah Past Tense.

  • Time Connective

Di bagian events, kejadian disajikan secara kronologis. Jadi dalam penulisannya, penulis memerlukan time connective atau penghubung waktu seperti after, before, at first, then, after that, dll.

  • Adverbs

Adverbs adalah kata keterangan untuk menunjukkan waktu, tempat atau cara. Contohnya adalah yesterday, three months ago, last weekend, at school, swiftly, happily dan lain-lain. 

 

Contoh Penggunaan

Orientation:

I spent my summer holiday in Bali. I went there by myself.

 

Events:

On the first day, I landed at I Gusti Ngurah Rai. The flight from Jakarta to Bali took 2 hours. Then, I went to Denpasar by online cab and checked in to the hotel I already booked. Because I was tired, I decided to take a nap at the hotel. In the afternoon, I strolled around streets in Denpasar. The night came and I came back to the hotel.

On the second day, I decided that it would be the “Beach Day”. It meant that I would be visiting beaches. I went to Sanur Beach. The blue sea water and white sand refreshed my eyes. I also went to Sindhu Beach, in which there were so many small boats. 

On the third day, I went to the Bali Museum. There were so many interesting stuff there, like ancient scripts, leather puppet paintings, and so on. I also went to Bajra Sandhi Monument. This monument depicted the struggle of Balinese in against the invaders. There were about 33 dioramas depicting the battles. Because this was the last day, I bought some souvenirs for my family and friends.

Baca Juga : penggunaan need

Reorientation:

I had a fantastic experience in Bali and made wonderful memories. It was a nice trip.

 

Demikian, informasi tentang generic structure dan segala hal yang berkaitan dengan recount text. Gimana, mudah bukan? Semoga kalian paham ya!

pengertian recount text adalah salah satu dari berbagai macam text yang muncul dalam TOEFL bagian Reading. Agar kamu bisa mengerjakan TOEFL dengan lancar, tentunya kamu harus menguasai teks ini.

Untuk pembahasan materi lainnya bisa kunjungi halaman berikut Belajar Bahasa Inggris

Nah, untuk menguasai teks-teks yang muncul dalam TOEFL, tentunya perlu dimulai dengan belajar bahasa Inggris. Untuk kamu-kamu yang ingin mendapatkan skor TOEFL yang tinggi, YEC siap membantu kalian dengan “Kelas TOEFL Preparation!” Hanya dalam 2 bulan saja, kamu bisa mengetahui berbagai strategi untuk menghadapi TOEFL. KLIK DI SINI untuk daftar Kelas TOEFL Preparation dan dapatkan harga diskon!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Aplikasi Latihan Soal Bahasa Inggris Install

x
Scroll to Top