Perbedaan Go dan Goes dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

Perbedaan Go dan Goes

Perbedaan Go dan Goes – Halo Kawan YEC! Bagaimana kabarnya? Untuk teman-teman yang muslim, semoga puasanya lancar terus ya!

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas salah satu hal yang dasar dalam bahasa Inggris. Meskipun masih dasar, ternyata masih banyak orang yang terbalik-balik dalam penggunaannya. Artikel kali ini berkaitan dengan kata kerja. Ada yang bisa menebak kita akan membahas apa?

Yak, hari ini kita akan membahas tentang perbedaan “go” dan “goes”. Kedua kata ini termasuk dalam verb (kata kerja) dalam bentuk pertama. Karena bentuknya yang agak mirip, kadang masih banyak orang yang tertukar dalam penggunaannya. Langsung saja, yuk kita simak penjelasannya di bawah ini!

Go dan Goes

Go dan goes merupakan kata kerja bentuk pertama dalam bahasa Inggris, atau sering disebut sebagai Verb 1. Kedua kata ini termasuk dalam Simple Present Tense, yang menandakan bahwa kata kerja ini terjadi di masa sekarang. Makna dari kedua kata ini adalah “pergi” atau “berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain.” 

 

Bentuk dasar atau verb base dari go dan goes adalah “go”. Terdapat aturan dalam bahasa Inggris yang bisa mengubah bentuk kata kerja “go”. Penentunya adalah dari jumlah subjek yang mendahului kata kerja ini.

 

Dalam bahasa Inggris, predikat atau kata kerja dalam suatu kalimat menyesuaikan dengan subjeknya. Ini dinamakan Subject Verb Agreement. Untuk subjek tunggal, maka verbnya ditambah -s atau -es. Untuk kata go, jika didahului oleh he, she, it, maka bentuknya ditambah -s atau -es sehingga menjadi “goes”. 

 

Sedangkan, jika subjek yang mendahuluinya adalah subjek yang dianggap jamak seperti they, we, I, you, maka verb-nya tidak ditambah -s atau -es sehingga bentuknya tetap yaitu “go”.

 

Perhatikan rumus dan contoh di bawah ini.

 

  • Singular subject + V (-s/es)
    He/She/It + Go (-s/es) = He goes. / She goes. /It goes.

Eat (-s/es) = He eats. / She eats. / It eats.

        Sleep (-s/es) = He sleeps. / She sleeps. / It sleeps.

                                                Finish (-s/es)       = He finishes it. / She finishes it. / It finishes it.

                                             Watch (-s/es)       = He watches it. / She watches it. / It watches it.

                                                             Swim (-s/es) = He swims. / She swims. / It swims.

 

  • Plural subject + V
    They/We/I/You + Go = They go. / We go. /I go. / You go.

Eat = They eat. / We eat. / I eat. / You eat.

        Sleep = They sleep. / We sleep. / I sleep. / You sleep.

                                                    Finish  = They finish it. / We finish it. / I finish it. / You finish it.

                                                     Watch = They watch it./ We watch it./I watch it./You finish it.

                                                    Swim = They swim. / We swim. / I swim. / You swim.

 

Dari rumus dan contoh penggunaan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa kalimat dengan subjek tunggal, verb-nya ditambahkan dengan -s atau -es. Sedangkan, kalimat dengan subjek plural atau jamak, verb-nya tetap.

 

Demikianlah, Kawan YEC, perbedaan go dan goes dalam bahasa Inggris dan contohnya. Bagaimana, apakah materinya mudah diikuti? Latihan soalnya juga mudah, bukan? 

Materi Bahasa inggris lainnya : Materi Bahasa Inggris Lengkap

Materi seperti perbedaan “go” dan “goes” dalam bahasa Inggris dapat memperluas penguasaanmu dalam tata bahasa Inggris. Penguasaan tata bahasa atau grammar yang baik akan mendorong kemampuan berkomunikasi menjadi semakin baik. Semakin banyak grammar bahasa Inggris yang kamu tahu, semakin mudah bagimu untuk berbicara, mendengarkan, dan membaca bacaan dalam bahasa Inggris. 

 

Nah, bagi kamu yang ingin menambah pengetahuan mengenai grammar, YEC punya jawabannya untuk kamu.

Di YEC, kamu bisa memahami tata bahasa atau structure dalam bahasa Inggris hanya dalam 10 hari saja. Di “Kelas Bahasa Inggris Dasar”, kamu bisa meningkatkan penguasaan grammar  atau structure-mu. Nggak cuma itu, di sini kamu bisa belajar mengenai reading, vocabulary, listening, dan short expressions. KLIK DI SINI untuk daftar Kelas Bahasa Inggris untuk Mahasiswa dan dapatkan harga diskon!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Aplikasi Latihan Soal Bahasa Inggris Install

x
Scroll to Top