Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris?

Bahasa Inggris sangat penting bagi kita karena bahasa Inggris dipakai di hampir semua bidang. Ketika kita belajar bahasa Inggris baik di sekolah/universitas maupun luar sekolah, banyak sumber belajar yang berbahasa Inggris. Di dunia profesional, bahasa Inggris seringkali dijadikan sebagai alat komunikasi. Begitu juga di dunia hiburan, banyak sekali hiburan seperti lagu dan film yang berbahasa Inggris.

 

Sebagai seorang non-native speaker atau bukan penutur asli tentu kita harus mengerahkan segala upaya supaya bisa berbahasa Inggris dengan baik. Tak jarang kita merasa bingung harus memulai dari mana untuk belajar bahasa Inggris. Kita semakin bingung karena kebanyakan dari kita sudah belajar bahasa Inggris sejak lama, bahkan ada yang sejak TK namun bahasa Inggrisnya juga belum jauh berkembang.

 

Berikut Bagaimana cara terbaik untuk belajar bahasa Inggris

  • Cari tahu level bahasa Inggris kalian

Bagi sobat YEC yang sudah pernah belajar bahasa Inggris, sebaiknya cari tahu dulu sejauh mana kemampuan bahasa Inggrisnya. Kalian dapat melakukan tes di lembaga bahasa Inggris di kota kalian.

 

Datanglah ke sana dan berkonsultasilah dengan agen lembaga tersebut. Banyak lembaga memberikan konsultasi secara cuma-cuma. Jadi, kalian tidak perlu khawatir akan mengeluarkan biaya. 

 

Sampaikan tujuan kalian bahwa kalian ingin tes level bahasa Inggris kalian. Biasanya mereka di sana akan menawarkan program belajar mereka. Jika, kalian merasa cocok dengan waktu dan program belajarnya, tidak ada salahnya mengambil program di sana. 

 

Keuntungan mengambil les atau kursus adalah programnya yang terarah. Kalian tentu akan belajar materi dan skill untuk mengasah level bahasa Inggris kalian.

  • Pertimbangkan untuk tes TOEFL atau IELTS

Bagi sobat YEC yang sudah lama sekali belajar bahasa Inggris. Cobalah untuk mencari tahu mengenai tes TOEFL dan IELTS. Dari hasil ujian tes bahasa Inggris ini, kalian akan mendapatkan nilai. Dari nilai yang kalian peroleh, kalian bisa melihat seberapa tinggi level bahasa Inggris kalian. 

 

Setelah mengetahuinya, kalian dapat menentukan level mana/materi mana yang sebaiknya kalian pelajari guna meningkatkan level bahasa Inggris kalian.

 

  • Memilih sumber belajar

Entah kalian ikut program kursus atau belajar otodidak, pastikan kalian memiliki sumber belajar yang bagus. Buku-buku terbitan Cambridge kebanyakan berkualitas bagus untuk belajar bahasa Inggris karena buku telah disusun berdasarkan level pembelajaran bahasa Inggris. Tidak melulu harus memakai buku baru, cobalah melihat di toko online untuk mendapatkan buku bekas layak pakai. 

 

Cukup gunakan satu atau dua buku saja. Namun, kalian benar-benar fokus untuk menyelesaikan dan memahami materi di dalamnya sekaligus mempraktekan ilmu yang telah diserap.

 

Pertimbangkan juga untuk menggunakan sumber belajar digital atau daring. Banyak sekali sumber belajar bahasa Inggris berbasis website dan aplikasi. 

 

Website resmi pemerintah, kebanyakan tak berbayar. Jikalau ada yang berbayar, itu tetap sepadan dengan kualitasnya.

 

Unduh aplikasi bahasa Inggris di PlayStore atau AppStore untuk mendapatkan berbagai aplikasi belajar bahasa Inggris. Jika kalian tidak tahu mana yang harus kalian pilih, baca atau lihatlah review dari berbagai media sosial. Ini sangat membantu dan yang terpenting, kalian dapat langsung mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing aplikasi. 

  • Tingkatkan 4 skills

Supaya fasih berbahasa Inggris, 4 keterampilan berbahasa harus seimbang. Keterampilannya meliputi keterampilan reseptif yakni mendengarkan dan membaca. Keterampilan lainnya yaitu berbicara dan menulis. 

 

Untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan, biasakan mendengarkan penutur asli berbicara bahasa Inggris. Antara satu penutur dengan penutur lain memiliki aksen dan cara berbicara yang berbeda. Membiasakan diri kalian mendengarkan variasi bahasa Inggris akan membantu kita memahami variasi tuturan bahasa Inggris dengan baik.

 

Supaya keterampilan membaca kalian meningkat, cobalah mencari bacaaan dari berbagai sumber seperti koran, jurnal, meme, caption media sosial. Agar tidak mudah bosan, sesuaikan bacaan yang kalian pilih dengan ketertarikan kalian. Jika kalian menyukai fashion, pilih bacaan mengenai fashion. Begitu juga jika kalian menyukai film, pilihlah bacaan berkaitan dengan fashion.

 

Keterampilan menulis dapat dilatih asalkan kalian konsisten menulis. Kalian bisa memulainya sedikit demi sedikit dengan menulis caption di media sosial kalian. Bukalah kamus bahasa Inggris online, lihat contoh kalimat sebagai bahan referensi ketika kalian kehabisan ide untuk membuat kalimat. Saling berkomentar dengan pengguna media sosial lain di YouTube dan TikTok, menulis diary dan journaling. Tidak perlu panjang-panjang dulu, sesuaikan dengan waktu luang yang kalian miliki.

 

Terakhir, untuk melatih keterampilan berbicara,  bergabunglah dengan klub bahasa Inggris di tempat kalian. Tonton juga sebuah pidato pendek dan tirukan cara berbicara mereka. Ikuti lomba pidato, walaupun tidak menang setidaknya kalian bisa melatih kepercayaan diri kalian untuk berbicara dalam waktu tertentu.

  • Buat target dan tentukan waktu belajar

 

Aktivitas belajar bahasa Inggris sobat YEC haruslah terarah dan memiliki target. Belajar lama namun hanya sekali dua kali tidak akan efektif jika dibandingkan dengan belajar sebentar namun dilakukan secara rutin. 

 

Cari tahu gaya belajar kalian supaya mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Metode Pomodoro dapat kalian pertimbangkan jika kalian kesulitan untuk berkonsentrasi. Metode ini dilaksanakan dengan belajar dalam waktu singkat, misalnya 20 menit. Namun, diulangi sebanyak beberapa kali, misalnya saja selama 4 kali. Sebelum setiap pengulangan, kalian boleh beristirahat, namun durasinya tidak lebih lama dari durasi setiap sesi belajar. Selama belajar pun kalian diwajibkan untuk berkonsentrasi secara maksimal, meminimalisir atau menghilangkan semua distractions atau gangguan.

Itu dia sobat YEC, 5 hal yang bisa kalian pertimbangkan ketika belajar bahasa Inggris. Kelas bahasa Inggris YEC bisa kalian jadikan sarana untuk mengasah bahasa Inggris kalian. Kami juga memiliki Aplikasi Yureka  yang dapat kalian jadikan sebagai media untuk mengecek pemahaman kalian mengenai kosakata, idiom, tensen dan lainnya. Selamat belajar!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top