Biaya Yudisium

biaya yudisium

Biaya Yudisium – Yudisium adalah istilah yang sering berseliweran di lingkungan kampus atau sekolah tinggi. Yudisium erat dihubungkan dengan wisuda. Namun sebenarnya, apa itu yudisium dan berapa biaya untuk mengikuti yudisium?

 

Yudisium adalah serangkaian kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa untuk menyelesaikan perkuliahannya. 

 

Yudisium juga dapat diartikan sebagai proses pengajuan kelulusan mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana. Yudisium umumnya dilakukan setelah mahasiswa dinyatakan lulus sidang skripsi atau tugas akhir, dengan revisi atau tanpa revisi. Jika terdapat revisi, maka mahasiswa tersebut perlu menyelesaikan revisi skripsi atau tugas akhir, baru kemudian mendaftar yudisium. 

 

Dalam prosesnya, terdapat biaya yudisium yang perlu dibayarkan oleh mahasiswa. Tergantung kampus masing-masing, biaya yudisium berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 675.000. Biasanya, biaya yudisium diumumkan di website program studi kampus atau universitas. 

 

Selain menyiapkan biaya untuk yudisium, yang tak kalah pentingnya adalah menyiapkan persyaratan yudisium. Berkas-berkas yang perlu disiapkan antara lain seperti: 

  • softfile skripsi yang sudah direvisi
  • formulir yudisium
  • scan ijazah SMA
  • scan akta kelahiran
  • scan KTP
  • daftar nilai mata kuliah serta praktikum yang sudah memenuhi syarat
  • berkas ACC dari dosen terkait
  • sertifikat bahasa Inggris yang sudah mencapai nilai minimal

 

Karena setiap kampus/program studi mempunyai alur sistem masing-masing, berkas-berkas dokumen ini dapat berbeda, tergantung program studi dan kampus masing-masing. Berkas-berkas ini harus dikumpulkan oleh mahasiswa dan dikirimkan ke program studi sesuai jurusan.

 

Dalam sederet persyaratan itu, sertifikat bahasa Inggris adalah salah satu persyaratan yang cukup sulit didapatkan mahasiswa. Kebanyakan kampus atau universutas tidak menyediakan asesmen kemampuan bahasa Inggris, sehingga mahasiwa harus mencari sendiri sertifikat kemampuan bahasa Inggris seperti TOEFL, IETLS, atau TOEIC.

 

TOIEC adalah salah satu dari sekian banyak sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang dijadikan syarat untuk yudisium. TOEIC atau Test of English for International Communication adalah tes kefasihan bahasa Inggris terstandarisasi untuk para peserta yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. 

 

TOEIC didesain khusus untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris sehari-hari dalam konteks dunia kerja internasional. TOEIC ini sangat pas dijadikan syarat untuk yudisium, karena pada akhirnya, mahasiswa akan lulus dan berkarir di dunia kerja. 

 

Selain sebagai prasyarat untuk yudisium, TOEIC juga dapat menjadi jalan masuk bagi para pemburu beasiswa di dalam dan di luar negeri. Di luar negeri, bertebaran kampus yang menerima TOEIC seperti di Asia Timur, Eropa dan berbagai negara lainnya. TOEIC juga menjadi syarat untuk melamar kerja di dalam negeri seperti BUMN dan perusahaan swasta nasional dan swasta internasional. Bukan hanya di dalam negeri saja, namun kesempatan lebar untuk berkarir di luar negeri juga terbuka lebar untuk para pemegang sertifikat TOEIC.

 

Jika kamu bisa mendapatkan sertifikat TOEIC, tidak hanya kelulusan dari kampus yang kamu dapatkan, namun juga kesempatan besar untuk melanjutkan studi dan berkarir di luar negeri!

 

Jika kamu, mahasiswa tingkat akhir yang sedang berjuang untuk yudisium, sedang mencari sertifikat TOEIC, kami punya solusinya untukmu. 

YEC sebagai CTAS (Certified Test Administration Site) resmi dari ITC menyelenggarakan TOEIC® Listening & Reading bagi kamu yang melengkapi syarat yudisium serta mengukur kemampuan bahasa Inggris untuk komunikasi internasional. Dilaksanakan secara online, tes yang berbasis CBT ini bisa kamu ikuti di mana saja. KLIK DI SINI untuk daftar TOEIC® Listening & Reading dan klaim kupon diskon untuk mendapatkan potongan harga!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top