Contoh Cerita Liburan dalam Bahasa Inggris

Contoh Cerita Liburan dalam Bahasa Inggris – Halo, Kawan YEC! Bagaimana kabarnya hari ini? Di cuaca pancaroba seperti ini, jangan lupa menjaga kesehatan agar aktivitas kalian selalu lancar ya!

Ngomong-ngomong soal aktivitas, saat ini Kawan YEC yang masih duduk di bangku sekolah sudah mulai melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka ya? Pasti menyenangkan, dapat belajar dan bertemu dengan teman-teman setelah liburan sekolah.

Nah, biasanya, di awal waktu semester, kalian akan diminta oleh guru untuk menceritakan pengalaman kalian waktu liburan. Kalian bisa menceritakan apapun, seperti misalnya mengunjungi rumah saudara, pergi ke tempat wisata, atau pergi berlibur menikmati alam.

Untuk Kawan YEC yang bingung harus menulis cerita pengalaman yang seperti apa, di artikel ini terdapat beberapa contoh cerita liburan dalam bahasa Inggris yang bisa kalian ambil sebagai inspirasi.

Tanpa berlama-lama, mari kita simak contoh cerita liburan dalam bahasa Inggris di bawah ini!

Recount Text

Menceritakan pengalaman yang sudah terjadi biasanya ditulis dalam bentuk recount text. Pengalaman ini bisa berupa aksi atau aktivitas yang dilakukan seseorang. Tujuan penulisan recount text adalah memberikan informasi mengenai suatu kejadian atau menghibur pembaca.

Recount text terdiri dari tiga bagian, yaitu:

1. Orientation: Bagian awal yang berupa perkenalan dengan tokoh, lokasi, waktu kejadian, dan lain-lain.
  2. Series of Events: Rangkaian cerita mengenai peristiwa/kejadian yang dialami
  3. Re-orientation: Rangkuman dan kesimpulan dari keseluruhan cerita, serta kesan dan pesan dari penulis.

Ketika ingin membuat recount text, pastikan kamu menggunakan struktur ini ya! Hasil tulisanmu akan runtut dan mudah dibaca.

Agar kalian terinspirasi, di bawah ini adalah 5 contoh cerita liburan dalam bahasa Inggris.

Contoh Cerita Liburan dalam Bahasa Inggris

Contoh 1

Visiting My Grandparents’ House

On school’s holiday yesterday, my family and I visited my grandparents’ house. Their house is in Yogyakarta. Since I was a baby, I have visited grandparents’ house so many times, so I know really well about the surrounding and the neighbors.

My auntie and uncle took me to every memorable place in the neighborhood. We went to the clear small stream not too far from the house, played soccer on large field full of green grass, and we saw a very beautiful sunset on the hills behind the house.

When the sky became dark, we went home. My grandmother cooked a delicious chicken soup and grandfather roasted sweet corns for us. The vegetables were harvested from the garden beside the house.

My visit to my grandparents’ house is always exciting. I will never be bored to go home there. These places are so precious for me.

Mengunjungi Rumah Kakek Nenekku

Dalam liburan sekolah kemarin, aku dan keluarga mengunjungi rumah kakek nenekku. Rumah mereka ada di Yogyakarta. Sejak aku masih bayi, aku sudah mengunjungi rumah kakek nenekku berkali-kali, sehingga aku sangat paham tentang lingkungan dan para tetangga.

Tante dan omku mengajakku ke setiap tempat yang berharga di lingkungan itu. Kami pergi ke sungai kecil yang jernih tidak terlalu jauh dari rumah, bermain sepak bola di lapangan luas berumput hijau, dan kami melihat matahari tenggelam yang sangat cantik dari atas bukit di belakang rumah.

Ketika langit menggelap, kami pulang ke rumah. Nenekku memasak sup ayam yang lezat dan kakek membakar jagung manis untuk kami. Sayur-sayurannya dipanen dari kebun di samping rumah.

Kunjunganku ke rumah kakek nenek selalu menyenangkan. Aku tidak akan pernah bosan untuk pulang ke sana. Tempat-tempat itu sangat berharga untukku.

Contoh 2

Staycation at A Hotel

My family and I went to a new hotel in the town to staycation. This new hotel is amazingly large and full of ornaments. My mother, my father, my older sister and I went there and we booked two rooms.

When we arrived at the hotel, we checked in and we put our luggages in the rooms. After tidying up a bit, we decided to swim in the pool. There were two types of pools. One large, deep pool is for adults and the shallow one is for kids. We swam in the adult’s pool.

After finished swimming, we ate brunch at the restaurant inside the hotel. This restaurant served Asian to Continental cuisines. All of the dishes are very delicious and presented beautifully. We also saw the cooking attraction by the chef. He was very friendly.

On the next day, my parents played golf in the hotel area. They played a round. After they finished playing, we joined them in buggy car ride. We saw many trees and small rivers in the golf course. It was hot, and we decided to take a rest in a mini cafe nearby. We bought some iced beverages to cool ourselves.

After two days and one night spending our holiday with staycation, finally we checked out. The hotel was amazing, the hospitality was great, and moreover, the experience we got was awesome.

Staycation di Sebuah Hotel

Aku dan keluargaku pergi ke sebuah hotel baru di kota untuk staycation. Hotel baru ini luar biasa besar dan penuh dengan ornamen. Ibuku, ayahku, kakak perempuanku dan aku pergi ke dan kami memesan dua kamar.

Ketika kami sampai di hotel, kami check in and kami meletakkan barang bawaan kami di kamar. Setelah merapikan sebentar, kami memutuskan untuk berenang di kolam. Ada dua kolam renang. Satu kolam yang luas dan dalam untuk orang dewasa dan yang dangkal untuk anak-anak. Kami berenang di kolam orang dewasa.

Setelah selesai berenang, kami makan brunch di restoran dalam hotel. Restoran ini menyajikan masakan Asia hingga masakan Kontinental. Semua makanannya sangat lezat dan disajikan dengan cantik. Kami juga melihat atraksi memasak oleh chefnya. Ia sangat ramah.

Di hari selanjutnya, orang tuaku bermain golf di area hotel. Mereka bermain 1 ronde. Setelah mereka selesai bermain, kami sekeluarga naik mobil golf. Kami melihat banyak pohon dan sungai kecil di padang golf. Cuacanya panas, dan kami memutuskan untuk beristirahat di sebuah cafe mini dekat-dekat sana. Kami membeli beberapa minuman es untuk mendinginkan diri.

Setelah dua hari satu malam menghabiskan liburan kami dengan staycation, akhirnya kami check out. Hotelnya luar biasa, keramahannya hebat, dan terlebih, pengalaman yang kami dapatkan sangat luar biasa.

Contoh Cerita Liburan Camping in Beach

It’s been a long time that I wanted to camp in the beach. So, on school’s holiday this semester, I could finally make it true.

We went to Yogyakarta from Semarang by motorbike. My friends and I, six people in total, rode in the streets for almost 3 hours. We were lucky there were not many traffic jams.

After arriving in Jogja, we went straight to the beach. We took a rest in the small food counter nearby the shore. It was a hot, sunny day. We drank some iced coconut water. After refreshed a bit, we hiked to a small hill near the beach. This hill was popular as a camping ground.

We built our tents there. From the top of the hill, we could see the vast, blue ocean. We enjoyed the sea breeze, the crashing waves, and of course the sun. In the night, we sang together around the bonfire, along with the music from a guitar.

We spent two days camping in the beach. It was a nice experience, and I will not forget it.

Berkemah di Pantai

Sudah lama aku ingin berkemah di pantai. Jadi, di liburan sekolah semester ini, akhirnya aku bisa mewujudkannya.

Kami pergi ke Yogyakarta dari Semarang dengan motor. Aku dan teman-temanku, 6 orang jumlahnya, berkendara di jalan hampir selama 3 jam. Kami beruntung tidak banyak kemacetan di jalan.

Setelah sampai di Jogja, kami langsung pergi ke pantai. Kami beristirahat di sebuah warung makan kecil di dekat pantai. Saat itu cuacanya panas dan cerah. Kami minum es kelapa muda. Setelah menyegarkan diri sedikit, kami mendaki sebuah bukit kecil di dekat pantai. Bukit ini populer sebagai tempat berkemah.

Kami membangun tenda kami di sana. Dari atas bukit, kami bisa melihat lautan yang luas dan biru. Kami menikmati angin laut, deburan ombak, dan tentu saja matahari. Di malam hari, kami bernyanyi bersama di sekeliling api unggun, bersamaan dengan musik dari gitar.

Kami menghabiskan dua hari berkemah di pantai. Itu adalah pengalaman yang menyenangkan, dan tak akan kulupakan.

Contoh Cerita Bahasa Inggris My First Time Backpacking in Bali

During this semester holiday, my friends and I planned to backpack. We planned to spend three days on the Island of Gods.

After arriving in Gilimanuk Harbour, my Balinese friend picked us up. We went to Canggu by car. In the car, my friends Made and Wayan told me how they missed us. We were classmates in junior high school, but I moved out of Bali since I followed my father who was hired for work in Jakarta.

We booked two rooms in a small hostel in Canggu. The rooms were clean. Then we spent all day playing on the beaches. We went to Canggu Beach, Echo Beach, and Berawa Beach. We took a rest in a cafe near our hostel.

On the second day, we went to Tanah Lot. There were people there, as it was the “Pujawali Ceremony”, which was the celebration of the temple anniversary. Many Balinese who joined the ceremony wore white clothes. They were called ‘pemedek’. It was nice to have a chat with those pemedek.

On the last day, we went to Bukit Peninsula. Many foreigners surfed in the waves. They looked so happy that I wanted to try surfing as well. When I tried to stand up on Made’s surfboard, I couldn’t keep my balance and I fell. Made saved me who laughed while coughing water from my mouth.

After spending three days in Bali, I feel refreshed. Those three days were memorable days in my life.

Pertama Kali Backpacking di Bali

Selama liburan semester ini, aku dan teman-temanku berencana untuk backpacking. Kami berencana menghabiskan tiga hari di Pulawa Dewata.

Setelah tiba di Pelabuhan Gilimanuk, teman-teman Baliku menjemput kami. Kami pergi ke Canggu dengan mobil. Di mobil, teman-temanku Made dan Wayan memberitahuku betapa kangennya mereka dengan kami. Kami dulunya teman sekelas di SMP, tapi aku pindah dari Bali karena mengikuti ayahku yang bekerja di Jakarta.

Kami memesan dua kamar di hostel kecil di Canggu. Kamar-kamarnya bersih. Kemudian kami menghabiskan hari dengan bermain di pantai-pantai. Kami pergi ke Pantai Canggu, Pantai Echo dan Pantai Berawa. Kami beristirahat di sebuah cafe dekat hostel kami.

Di hari kedua, kami pergi ke Tanah Lot. Ada banyak orang di sana, karena ada Upacara Pujawali, yaitu perayaan hari jadi pura. Banyak orang Bali yang mengikuti upacara itu menggunakan pakaian putih. Orang-orang itu disebut ‘pemedek’. Senang rasanya berbincang-bincang dengan mereka.

Di hari terakhir, kami pergi ke Bukit Peninsula. Banyak bule yang berselancar di ombak. Mereka terlihat begitu senang, sehingga aku ingin mencoba berselancar juga. Ketika aku mencoba berdiri di atas papan selancar Made, aku tidak bisa menjaga keseimbanganku dan aku jatuh. Made menyelamatkanku yang tertawa dan batuk-batuk air.

Setelah menghabiskan tiga hari di Bali, aku merasa segar. Tiga hari itu adalah hari-hari yang tak terlupakan dalam hidupku.

Contoh 5

Holiday in Waterpark

During the school holiday, my parents took me to a waterpark. This waterpark was the biggest one in my city. Soon I prepared my stuff to go there.

After arriving at the parking area, we queued to get into the entrance. My father bought the tickets, and we went to the attraction area. There were many people there since it was a school holiday. Soon I did a little stretching and jumped into the pool. My father joined in the pool, while my mom relaxed on a long chair.

I saw a very large and arching slide. Many kids tried to slide there. Excited, I brought my buoy and climbed, joining the other kids.

On the slide, there was a man who would help to push the buoy. Other kids were screaming excitedly as they slid down. When it was my turn, I felt nervous because it was my first time sliding down such a big slide. I screamed very loudly when I passed the slide.

Father and mother laughed when they saw me wet, splashing into the water. We swam and played with the water for a while. After that, we ate lunch in the cafeteria. My mother told me that we would see a musical drama about a pirate captain. I was happy to hear that because I like pirates.

The musical drama was great, and the actors played it nicely. We took photos with the characters.

After spending a whole day in the waterpark, we went home happily. It was one of the best memories that I had.

Berlibur di Waterpark

Selama liburan sekolah, orang tuaku membawaku ke sebuah waterpark. Waterpark ini adalah yang terbesar di kotaku. Segera aku mempersiapkan barang-barangku untuk pergi ke sana.

Setelah sampai di area parkir, kami mengantri untuk masuk. Ayahku membeli tiketnya, dan kami pergi ke area atraksi. Ada banyak orang di sana karena ini adalah liburan sekolah. Segera aku melakukan peregangan dan melompat ke air. Ayahku bergabung di kolam, sedangkan ibuku bersantai di kursi panjang.

Aku melihat perosotan yang sangat besar dan berkelok-kelok. Banyak anak-anak yang mencoba meluncur di sana. Tertarik, aku membawa pelampungku dan memanjat, bergabung dengan anak-anak lain.

Di perosotan, ada seorang laki-laki yang membantu mendorong pelampungnya. Anak-anak lain berteriak girang ketika mereka meluncur. Ketika giliranku tiba, aku merasa gugup karena baru pertama kali meluncur di perosotan sebesar itu. Aku berteriak keras ketika meluncur.

Ayah dan Ibu tertawa melihatku basah, tercebur ke dalam air. Kami berenang dan bermain di air beberapa saat. Setelah itu, kami makan siang di kafeteria. Ibuku bilang bahwa kami akan menyaksikan drama musikal tentang seorang kapten bajak laut. Aku senang mendengarnya karena aku suka bajak laut.

Drama musikalnya hebat, dan aktor-aktornya bermain dengan baik. Kami berfoto bersama para karakter.

Setelah seharian menghabiskan waktu di waterpark, kami pulang ke rumah dengan senang. Itu adalah salah satu memori terbaik yang aku miliki.

Demikianlah, Kawan YEC, lima contoh cerita liburan dalam bahasa Inggris. Cerita-ceritanya menarik, bukan? Semoga kalian bisa terinspirasi membuat cerita yang serupa, ya!

Membuat contoh cerita liburan seperti di atas membutuhkan pengetahuan akan kosakata (vocabulary) dan tata bahasa (grammar). Cerita yang baik adalah cerita yang mudah dipahami oleh orang lain. Karenanya, untuk membuat cerita dalam bahasa Inggris, setidaknya kedua ini harus kalian kuasai ya!

Nah, untuk kalian yang sedang mendalami bahasa Inggris, ada yang menarik nih dari YEC.

YEC menyelenggarakan “Kelas Kursus Online Bahasa Inggris”. Dengan puluhan video pembelajaran yang menarik serta ratusan soal latihan, kamu pasti siap memahami semua materi dalam bahasa Inggris. Tutor bersertifikat dan profesional siap memandumu di kelas.