Contoh daily activity dalam bahasa inggris

Halo Kawan YEC, bagaimana kabar kalian? Semoga selalu bersemangat menjalani kehidupan sehari – hari ya!

Berbicara mengenai kehidupan sehari – hari, dalam bahasa Inggris aktivitas sehari-hari disebut daily activities. Untuk menyatakan kegiatan yang dilakukan sehari – hari yang umumnya berupa kebiasaan atau hal yang berulang-ulang, tenses yang digunakan adalah Present Tense. 

 

Untuk Kawan YEC yang sedang mencari contoh daily activities dalam bahasa Inggris, kalian sudah mengunjungi artikel yang tepat. Di bawah ini, akan dijelaskan contoh daily activities dalam bahasa Inggris.

 

Contoh Daily Activities dalam Bahasa Inggris

Sebelum kita melihat ke berbagai contoh paragraf daily activities dalam bahasa Inggris, mari perhatikan ciri-ciri daily activities berikut:

  1. Menggunakan Present Tense dengan penanda to be is, am, are. 
  2. Kata kerja atau verb yang digunakan dalam bentuk pertama, dan dapat ditambahkan -s/-es
  3. Keterangan waktu atau adverb yang digunakan adalah always, usually, often, sometimes, dan lain-lain.

Contoh 1

My name is Budi. I am 16 years old. I am in 11 grade in one of the high school in Yogyakarta. My daily activities is quite ordinary. 

I start my morning by waking up at 5. Usually I pray in the early morning and help my mother to clean house. After helping mother, I take a bath and prepare to go to school. 

I go to school by bike. Usually I go to my friend’s house and we go to school together. It takes 5 minutes to get to school. 

After arriving at school, we pray duha and have a chat. At 7 am, we go to class and we study until 12 pm. We pray dzuhur and eat at the cafeteria. After that, we go to class again and we study until 3 pm. 

After school, I regularly go to club activities or extracurricular. I join softball club on Monday and Thursday. On Tuesday and Wednesday I play karawitan. On Friday, I usually join the scout activity until evening. 

I usually go home at 6 pm. After taking a bath and praying, I have dinner with my family. I study and do my homeworks at 8 pm until 9.30 pm. At 10 pm, I prepare to go to sleep to wake up freshly for tomorrow. 

Terjemahan

Nama saya Budi. Saya berusia 16 tahun. Saya duduk di kelas 11 salah satu SMA di Yogyakarta. Aktivitas saya sehari-hari cukup biasa.

Saya memulai pagi saya dengan bangun jam 5. Biasanya, saya berdoa di pagi hari dan membantu ibu saya membersihkan rumah. Setelah membantu ibu saya, saya mandi dan bersiap untuk pergi ke sekolah.

Saya pergi ke sekolah dengan sepeda. Biasanya, saya pergi ke rumah teman saya dan kami pergi ke sekolah bersama. Butuh waktu 5 menit untuk sampai ke sekolah.

Setelah sampai di sekolah, kami sholat dhuha dan mengobrol. Jam 7 pagi, kami masuk kelas dan belajar sampai jam 12 malam. Kami sholat dzuhur dan makan di kantin. Setelah itu, kita masuk kelas lagi dan belajar sampai jam 3 sore.

Sepulang sekolah, saya rutin mengikuti kegiatan klub atau ekstrakurikuler. Saya bergabung dengan klub softball pada hari Senin dan Kamis. Pada hari Selasa dan Rabu, saya bermain karawitan. Pada hari Jumat, saya biasanya mengikuti kegiatan pramuka sampai jam 5 sore.

Biasanya saya pulang jam 6 sore. Setelah mandi dan berdoa, saya makan malam bersama keluarga. Saya belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah saya pada jam 8 malam sampai jam 9.30 malam. Pukul 10 malam, saya bersiap untuk pergi tidur untuk bangun dengan segar untuk besok.

Contoh 2

I am a university student in Yogyakarta. I am 20 yeard old. I live in this city since I started the college, 3 years ago. My daily routines is quite simple.

Usually, I wake up at 5 am and prepare myself to go to campus. I often get morning classes, so I go to campus at 6.45 am. It takes me 2 minutes to go from my boarding house to campus.

In the class, the lecturer teach us about theories and gives us assignments. After finishing classes at 1 pm, I go to Student Building near my campus to join student activity unit (UKM). I join an art and dance UKM, which lets me express myself freely.

Our UKM is in the middle of an annual event preparation. I help my seniors and juniors in preparing the event. When it is busy, sometimes I don’t go home to my boarding house and sleep at the Student Building. This time, I choose to sleep here because we need to finish the preparation.

After waking up early, I go home and prepare myself for classes. When the annual event is over, after class I usually go to my friend’s house to help him doing projects. It can be considered as part-time job since I earn money from it. We also finish our homework and assignments as well. I go home at 9 pm and prepare myself to take a rest, to face tomorrow.

Terjemahan

Saya seorang mahasiswa di Yogyakarta. Umur saya 20 tahun. Saya tinggal di kota ini sejak saya mulai kuliah, 3 tahun yang lalu. Rutinitas harian saya cukup sederhana.

Biasanya, saya bangun jam 5 pagi dan mempersiapkan diri untuk pergi ke kampus. Saya sering mendapatkan kelas pagi, jadi saya pergi ke kampus jam 6.45 pagi. Perjalanan dari asrama ke kampus memakan waktu 2 menit.

Di kelas, dosen mengajari kami tentang teori dan memberi kami tugas. Setelah selesai kuliah jam 1 siang, saya pergi ke Gedung Mahasiswa di dekat kampus saya untuk bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Saya bergabung dengan UKM seni dan tari, yang memungkinkan saya mengekspresikan diri secara bebas.

UKM kami sedang dalam persiapan acara tahunan. Saya membantu senior dan junior saya dalam mempersiapkan acara. Saat sibuk, terkadang saya tidak pulang ke kos dan tidur di Gedung Kemahasiswaan. Kali ini, saya memilih untuk tidur di sini karena kami harus menyelesaikan persiapan.

Setelah bangun pagi, saya pulang dan mempersiapkan diri untuk kelas. Ketika acara tahunan selesai, setelah kelas saya biasanya pergi ke rumah teman saya untuk membantunya mengerjakan proyek. Ini dapat dianggap pekerjaan paruh waktu karena saya mendapatkan uang dari sini. Kami juga menyelesaikan PR dan tugas kami juga. Saya pulang jam 9 malam dan mempersiapkan diri untuk istirahat, menghadapi hari esok.

Contoh 3

I am an office worker who lived in a small city in Indonesia. I am 24 years old. My daily life is quite regular. 

Everyday, I wake up at 5 am. After making my bed, I do a little workout to keep my health. After done streching my body, I prepare my meal. Usually I cook for 3x meals. 

After done prepping my meals, I take a bath and get ready to work. I ride my motorbike to my office. My office open at 9 am, but I usually leave for work at 8 am to avoid traffic jam. 

After arriving at the office, I do some preparation or ritual before started working. I make a cup of coffee and grab some snacks from the pantry. I work from 9 am to 5 pm. 

I go home at 5 pm. Sometimes, when my friends and I are free, we hang out at the nearby cafe. After 7 pm, I go home and take a rest. 

Terjemahan:

Saya seorang pekerja kantoran yang tinggal di sebuah kota kecil di Indonesia. Saya 24 tahun. Kehidupan sehari-hari saya teratur.

Setiap hari, saya bangun jam 5 pagi. Setelah merapikan tempat tidur, saya melakukan sedikit olahraga untuk menjaga kesehatan saya. Setelah meregangkan tubuh saya, saya menyiapkan makanan saya. Biasanya, saya memasak untuk 3x makan.

Setelah menyiapkan makanan saya, saya mandi dan bersiap-siap untuk bekerja. Saya mengendarai sepeda motor saya ke kantor saya. Kantor saya buka jam 9 pagi, tapi saya biasanya berangkat kerja jam 8 pagi untuk menghindari kemacetan.

Setelah sampai di kantor, saya melakukan beberapa persiapan atau ritual sebelum mulai bekerja. Saya membuat secangkir kopi dan mengambil beberapa makanan ringan dari dapur. Saya bekerja dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

Saya pulang jam 5 sore. Kadang-kadang, saat saya dan teman-teman senggang, kami nongkrong di kafe terdekat. Setelah jam 7 malam, saya pulang dan istirahat.

 

Demikianlah, Kawan YEC, contoh daily activity dalam bahasa Inggris. Bagaimana, cukup mudah bukan? 

 

Karena daily activity text menceritakan kebiasaan sehari-hari, maka yang digunakan adalah tense Present. Selain itu, kata kerja yang digunakan dalam bentuk pertama, dengan tambahan -s/-es jika subjeknya tunggal. Penanda waktu yang menunjukkan kebiasaan seperti usually, sometimes, often, dan lain sebagainya juga temasuk ciri-cirinya. 

 

Mampu memahami dan menceritakan kembali pengalaman sehari-hari adalah skill yang wajib dikuasai oleh setiap orang. Di zaman globalisasi ini, Kawan YEC sebaiknya memahami bahasa Inggris ya! 

 

Kemampuan atau skill bahasa Inggris ini akan semakin terpakai dan berguna jika terukur. Untuk teman-teman yang sedang mencari tes kemampuan bahasa Inggris, bisa banget ya, mencoba TOEIC.

 

TOEIC (Test of English for International Communication) adalah salah satu tes kemampuan bahasa Inggris yang populer di negara-negara Asia Timur dan Eropa. Di dalam negeri sendiri, TOEIC juga sering dipersyaratkan sebagai dokumen yang wajib untuk promosi jabatan, pendidikan khusus, melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dan berbagai kesempatan upgrade diri lainnya. Gimana, keren banget kan?

 

Untuk kamu yang membutuhkan tes TOEIC, kami punya solusi terbaik untukmu. 

 

YEC sebagai CTAS (Certified Test Administration Test) Sebagai CTAS (Certified Test Administration Site) menyelenggarakan TOEIC® Listening & Reading Official. Dilaksanakan secara daring atau online, tes dengan sistem CBT ini bisa kamu ikuti dari mana saja. Tak perlu repot ke tempat tes! KLIK DI SINI untuk daftar TOEIC® Listening & Reading dan klaim kupon diskon untuk mendapatkan potongan harga menarik!

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top