Cara Lain Mengucapkan I Don’t Know

Cara Lain Mengucapkan I Don't Know

Sobat YEC apa sih jawaban ketika kalian ditanya mengenai suatu hal yang kalian tidak ketahui jawabannya? Pasti pernah dong kalian menjawab “I don’t know”. Padahal ada banyak variasi jawaban lho yang bisa kalian gunakan selain “I don’t know”. Variasi jawaban itu juga bisa kalian sesuai dengan situasi dan kondisi kalian.

 

9 cara lain mengucapkan i don’t know

I can’t help you there.

Ungkapan ini bermakna saya tidak dapat membantumu. Kalimat ini termasuk sopan untuk bisa kalian gunakan di situasi formal lho. Untuk lebih menampilkan kesan sopan, bisa kalian tambahkan kata “sorry”. Maka kalimat lengkapnya, “Sorry, I can’t help you there.”

I have no clue.

Ketika kalian tidak memiliki informasi apapun tentang jawaban dari pertanyaan yang disampaikan, kalian bisa gunakan kalimat “I have no clue”. Contohnya ketika kamu dimintai tolong untuk mengoreksi ucapan bahasa mandarin, maka kalian bisa mengatakan, “I have no clue. I can’t speak Chinese.”

I have no idea.

Secara harfiah, ungkapan ini bermakna saya tidak mempunya ide. Ungkapan ini hampir sama dengan I have no clue. Ketika kalian tidak tahu jawaban atas apa yang ditanyakan kepada kalian, Sobat bisa menggunakan ungkapan ini ya.

Contoh: I have no idea how to start a conversation with him.

I’m clueless.

Dalam situasi informal, kalimat ini bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan yang tidak kalian ketahui jawabannya. I’m clueless bermakna aku tidak tahu apa-apa dan memiliki makna yang tidak jauh berbeda dengan I have no clue

I’m not sure.

Jika Sobat merasa tidak yakin mengenai informasi yang ditanyakan, kalian bisa menggunakan ungkapan ini. Ungkapan ini secara harfiah bermakna “Aku tidak yakin”.

Dunno

Ketika kalian mendapat pertanyaan dari teman dekat atau teman sebaya dan dalam situasi informal, kata ini bisa kalian gunakan lho. Dunno ini merupakan kependekan dari kalimat I don’t know.

Jess : Emily, do you come to Laura’s birthday party?

Emily : Dunno, I need to hit the books.

How should I know?

Makna dari ungkapan ini yaitu “bagaimana mungkin aku tahu”. Umumnya ungkapan ini digunakan ketika kalian merasa tidak nyaman atau bahkan sedikit kesal dengan pertanyaan yang diberikan kepada kalian. Kalian bisa menggunakan ungkapan ini di situasi informal ya.

Clark : Emily, do you know that James lives in a luxury apartment? 

Emily : How should I know?

Don’t ask me

Don’t ask me berarti jangan tanya aku. Frasa ini digunakan dalam situasi ketika Sobat merasa risih dengan pertanyaan yang diberikan. Hampir sama dengan kalimat sebelumnya ya.

Contoh kalimat: Don’t ask me who took your book.

Search me!

Frasa selanjutnya yang bisa Sobat ucapkan ketika ingin menyatakan ketidaktahuan atas hal yang ditanyakan yaitu “Search me!”. Frasa ini bermakna “cari saja” karena jelas tidak akan ditemukan jawabannya. Secara harfiah frasa ini bermakna “cari aku”. 

 

Beberapa kalimat di atas semoga dapat membantu Sobat YEC untuk mengutarakan ketidaktahuan kalian atas pertanyaan yang diberikan ya. Pelajari dan praktekkan di percakapan sehari-hari.

Untuk Sobat yang ingin melatih keterampilan berbicara bahasa Inggris, Sobat bisa banget lho download Aplikasi Yureka . Selain itu Sobat jika bisa mengasah pemahaman mengenai idiom, kosakata, tenses dan lainnya. Semangat dan selamat belajar ya Sobat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top