Perbedaan Holiday dengan Vacation

Perbedaan Holiday dengan Vacation

Perbedaan Holiday dengan Vacation – Halo, Sobat YEC! Bagaimana kabar kalian? Semoga selalu sehat dan bersemangat untuk belajar bahasa Inggris ya!

Di artikel kali ini, kita akan membahas sepasang kata yang sering dianggap sama. Bagi orang Indonesia umumnya, termasuk kamu, pasti pernah berpikir demikian. Apa saja kata-kata yang dianggap sama itu?

Banyak orang pastinya pernah mendengar kata “holiday” atau “vacation“, dan berpikir bahwa kedua kata ini sama. Karena anggapan ini, banyak orang yang sering menukar-nukar penggunaan “holiday” dan “vacation“. Padahal, jika diteliti secara tata bahasa, hal ini bisa membuat sebuah kalimat salah lho. 

 

Nah, apa sih perbedaan antara “holiday” dan “vacation”? Tanpa berlama-lama, yuk kita simak penjelasan di bawah ini!

Perbedaan Holiday dan Vacation 

 

Holiday  Vacation
Arti Holiday merujuk pada periode waktu yang singkat. Holiday digunakan oleh orang untuk melakukan kegiatan rekreasi. Vacation merujuk pada periode waktu yang panjang. Vacation biasanya didapatkan oleh siswa atau pekerja untuk beristirahat dari sekolah atau pekerjaan.
Penggunaan Digunakan sebagai kata benda (noun) dan kata kerja (verb) Digunakan sebagai kata benda (noun) dan kata kerja (verb)
Contoh On March 3 2022, we had Vesak holiday. Our even semester vacation lasts for 3 months.

 

Dari tabel di atas, kita bisa mengetahui bahwa “holiday” memiliki makna yang berbeda dibandingkan dengan “vacation”.

 

Perbedaan utama dari kedua kata ini adalah penggunaannya. Dalam British English, kata “holiday” merujuk pada waktu yang dihabiskan oleh seseorang untuk beristirahat dari semua tugas (baik sekolah maupun pekerjaan). Akhir pekan dan waktu-waktu khusus seperti natal, tahun baru dan lain-lain dianggap sebagai “holiday“. Kata holiday bisa dianggap sebagai tunggal (holiday) atau jamak (holidays). 

 

Penggunaannya sedikit berbeda dalam American English. Orang Amerika Serikat menyebut hari libur yang singkat dan pendek untuk memperingati hari atau peristiwa besar agama, seperti natal, tahun baru sebagai holiday. Sedangkan kata yang digunakan untuk merujuk liburan yang panjang seperti liburan musiman, yang mana orang-orang beristirahat dari tugas sekolah dan pekerjaan adalah vacation. Vacation dapat dianggap sebagai tunggal (vacation) ataupun plural (vacations).

 

Untuk semakin memudahkan kalian dalam memahami perbedaan antara kedua kata ini, berikut ini adalah contohnya:

  • My family and I are planning to go to Bali for a vacation.
  • We celebrate the Ascension Day on May 26th, 2022.

 

Kesimpulannya, dalam British English liburan yang singkat seperti peringatan hari besar agama dan liburan yang panjang seperti libur musiman disebut sebagai “holiday”. Sedangkan dalam American English, liburan yang singkat disebut “holiday”, dan liburan yang panjang disebut “vacation.”

 

Demikianlah, Sobat YEC, perbedaan holiday dan vacation. Bagaimana, mudah dipahami bukan penjelasannya?

Akses Kumpulan Materi Bahasa Inggris Terbaru disini

Perbedaan Holiday dengan Vacation hanyalah sebagian kecil kata-kata dalam bahasa Inggris. Terdapat lebih dari 170.000 kata dalam bahasa Inggris yang siap kamu kuasai. Cara untuk menguasai berbagai kata ini adalah dengan memperluas kosakata atau vocabulary. Kamu bisa memperluas vocabulary dengan banyak membaca bacaan dalam bahasa Inggris, mendengarkan lagu, atau menonton film. Namun, cara terbaik tentu saja adalah belajar dengan efisien, dipandu oleh guru atau tutor berpengalaman. Nah, di sini YEC bisa banget membantu kamu.

Di YEC, kamu bisa menguasai berbagai kosakata bahasa Inggris hanya dalam 10 hari saja. Di “Kelas Bahasa Inggris Dasar”, kamu bisa meningkatkan penguasaan vocabulary,  reading, grammar, listening, dan short expressions, didampingi oleh tutor berpengalaman. KLIK DI SINI untuk daftar Kelas Bahasa Inggris untuk Mahasiswa dan dapatkan harga diskon!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top