Perbedaan Wage vs Salary

Perbedaan Wage vs Salary – Bagi Kawan YEC yang sudah bekerja, pasti tidak asing dengan istilah wage dan salary, ya. Kedua istilah yang berhubungan dengan pendapatan yang diterima setelah bekerja ini sering dipertukarkan penggunaannya. 

Faktanya, kedua kata ini memiliki makna yang berbeda. Karena maknanya yang berbeda, maka penggunaannya pun berbeda pula. 

Nah, agar kamu dapat menggunakan kata wage dan salary dalam konteks yang benar, mari simak pengertian dan perbedaan wage vs salary di bawah ini

Pengertian Wage 

Menurut Cambrige Dictionary:

“Wage is a particular amount of money that is paid, usually every week, to an employee, especially one who does work that needs physical skills or strength, rather than a job needing a college education.”

 

Jika diterjemahkan, wage (upah) adalah sejumlah uang yang dibayarkan, biasanya setiap minggu kepada seorang pekerja  yang melakukan pekerjaan yang membutuhkan keterampilan atau kekuatan fisik, daripada pekerjaan yang membutuhkan pendidikan tinggi. 

 

Tidak hanya pekerjaan yang membutuhkan kekuatan fisik, namun wage juga diberikan kepada orang yang bekerja di aktivitas manufaktur, teknis, dan aktivitas manual. 

 

Wage tidak selalu dibayarkan per minggu. Wage juga dapat dibayarkan per hari, tergantung kesepakatan yang dibuat oleh pekerja/buruh dengan majikan. Total besaran uang yang diterima juga bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari salary. Biasanya wage diberikan dalam bentuk fresh money (uang tunai).

 

Karena pembayarannya didasarkan pada seberapa lama seseorang bekerja, maka ketika buruh/pekerja melakukan lembur (overtime), mereka akan mendapat upah tambahan juga.  

 

Pekerjaan yang biasanya diberi upah adalah buruh di sawah atau di pabrik dan kuli bangunan dan pasar, serta tukang.

Pengertian Salary

Menurut Cambridge Dictionary:

“Salary is a fixed amount of money agreed every year as pay for an employee, usually paid directly into his or her bank account every month. “

 

Jika diterjemahkan, maka gaji adalah jumlah nominal uang yang telah disepakati setiap tahun sebagai pembayaran untuk seorang karyawan, dan biasanya dibayarkan langsung ke rekening bank setiap bulan.

 

Definisi lain menyebutkan bahwa salary adalah sejumlah uang yang dibayarkan kepada dengan jarak waktu yang tetap, dan dapat dibayarkan per minggu atau per bulan dan ditransfer langsung ke rekening bank. 

 

Orang yang menerima salary adalah karyawan yang bekerja di bidang administratif seperti di kantor, lembaga pendidikan, dan lain-lain. 

 

Besaran salary yang diterima oleh karyawan biasanya tetap dan tidak banyak berubah. Karyawan yang mendapat salary juga biasanya mendapat paid day off (cuti) dan cuti sakit yang disepakati di awal. Jadi, ketika mereka mengambil paid day off (cuti) atau sakit, mereka masih akan tetap mendapat salary

 

Selain itu, karyawan ber-salary juga dapat bekerja dengan waktu yang fleksibel. Jika ia datang satu atau dua jam lebih cepat, maka ia juga boleh pulang satu atau dua jam lebih awal.

 

Karyawan yang mendapat salary dibayarkan berdasarkan keterampilan yang mereka miliki, bukan seberapa lama mereka bekerja. Jadi, jika ia harus bekerja lembur atau (overtime), maka akan sedikit sulit untuk mendapatkan tambahan bonus lembur. 

 

Pekerjaan yang memberi gaji biasanya adalah dosen di universitas, guru di sekolah, karyawan swasta, dan lain sebagainya. 

Perbedaan Wage dan Salary 

Sebelumnya, kita telah membahas pengertian dari wage dan salary. Nah, agar lebih mudah memaham perbedaan dari keduanya, berikut adalah tabel perbedaan wage dan salary:

 

Perbedaan Wage Salary
Penerima Orang yang bekerja di aktivitas manufaktur, teknis, dan aktivitas fisik serta manual. Orang yang menerima salary adalah orang yang bekerja di bidang administratif seperti di kantor, dan lain-lain. 
Frekuensi Pembayaran Per minggu atau per hari Per bulan ke rekening bank
Lembur (Overtime) Mendapat tambahan uang Sulit mendapat tambahan uang
Payment Rate Bisa lebih tinggi atau lebih rendah Cenderung tetap

 

Nah, demikianlah perbedaan antara wage dan salary. Wage adalah upah yang dibayarkan per minggu atau per hari kepada orang yang bekerja di aktivitas manufaktur, teknis, fisik dan manual dan jumlahnya bisa lebih besar atau lebih rendah.

 

Sedangkan, salary adalah gaji yang dibayarkan per bulan kepada orang yang bekerja di bidang administratif dan jumlahnya cenderung tetap.

 

Setelah mengetahui perbedaan antara keduanya, admin harap kalian menggunakan kata wage dan salary dalam konteks yang tepat ya!

 

Memahami perbedaan makna kata dan konteks kalimat yang sesuai dalam bahasa Inggris adalah salah satu kemampuan atau skill yang perlu dimiliki untuk mengerjakan tes kemampuan bahasa Inggris seperti TOEFL. Mengapa? Karena soal-soal mengenai penggunaan kata yang tepat sering muncul dalam TOEFL.

 

Untuk kamu yang ingin menguji seberapa jauh kemampuanmu dalam bahasa Inggris, sebaiknya kamu menantang dirimu dengan mengerjakan TOEFL Prediksi.

 

Mengapa harus TOEFL Prediksi?

 

TOEFL Prediksi adalah tes kemampuan bahasa Inggris yang dibuat semirip mungkin dengan TOEFL resmi. Dengan tingkat kesulitan soal yang sama dan dengan durasi waktu yang sama pula, TOEFL Prediksi sangat cocok untuk kamu yang ingin mengetes kemampuan bahasa Inggrismu. 

 

Bukan hanya untuk mengetes kemampuan bahasa Inggris saja, namun sertifikat TOEFL Prediksi juga dapat kamu cantumkan di CVmu atau kamu gunakan untuk melamar pekerjaan. Didukung dengan teknologi tercanggih, sertifikat digital TOEFL Prediksi dapat kamu terima setelah kamu menyelesaikan tes! Kamu pun pasti bisa apply lowongan kerja tepat waktu!

 

Karenanya, YEC menyelenggarakan EPOT (English Proficiency Online Test), sebuah TOEFL Prediksi sebagai solusi masalahmu. Dengan e-sertifikat yang otomatis keluar setelah tes, kamu bisa mengukur sejauh apa kemampuanmu dan lamar lowongan kerja favoritmu! KLIK DI SINI untuk informasi lebih lanjut dan dapatkan diskon menarik!

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top