Rekomendasi lagu belajar bahasa inggris

Saat ini, bahasa Inggris adalah salah satu kemampuan atau hard skill yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Di dunia kerja khususnya, kandidat yang menguasai bahasa Inggris akan lebih dilirik oleh HRD untuk direkrut. Karenanya, kemampuan untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris, baik secara aktif seperti berbicara atau menulis maupun secara reseptif seperti membaca dan mendengarkan, perlu ditingkatkan.

 

Berbicara mengenai kemampuan mendengarkan atau listening, ada banyak cara untuk meningkatkan ketajaman telinga kita. Salah satu caranya adalah dengan sering mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Selain menambah pengetahuan, belajar listening dengan lagu juga pastinya asyik!

 

Lagu-lagu berbahasa Inggris tidak hanya membantu kalian berlatih listening, namun kalian juga akan menemukan ekspresi atau idioms yang sering dipakai oleh native speakers. Perbendaharaan kata atau vocabularies kalian akan bertambah luas. Pronunciation atau cara pelafalan bahasa Inggris juga akan pelajari dengan menyenangkan melalui lagu.

 

Nah, di bawah ini telah admin rangkumkan 15 rekomendasi lagu belajar bahasa Inggris. Tanpa berlama-lama, simak daftarnya sampai selesai ya!

Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Lagu

Agar kalian dapat belajar bahasa Inggris secara maksimal melalui lagu, terdapat beberapa tips atau strategi yang bisa kalian terapkan. Beberapa tipsnya adalah:

  1. Gunakan earphone atau headphone

 

Tips yang pertama adalah gunakan earphone atau headphone. Mengapa harus menggunakan earphone atau headphone? Kedua device ini akan membuat suara penyanyi menjadi lebih jernih, sehingga kamu bisa menangkap lirik lagu yang dinyanyikan. Ini penting untuk kamu yang ingin belajar mendengarkan atau listening dalam bahasa Inggris. 

  1. Coba tebak liriknya

Setelah kamu mendengarkan lagunya dengan baik, kamu pasti akan terbiasa dengan liriknya. Nah, tanpa mencari lirik lagunya di internet, kamu bisa banget nih menguji kemampuan listeningmu dengan mencoba menebak lirik lagunya. 

 

Tuliskan kata-kata yang kamu tangkap di selembar kertas. Jika kamu tidak tahu penulisan yang benar, tidak apa-apa, tetaplah menulis. Setelah selesai, coba kamu bandingkan lirik lagu tebakanmu dengan lirik lagu yang asli. Jika masih banyak yang berbeda, maka kamu bisa mengulangi kembali untuk menebak lirik lagunya. 

 

Menebak lirik lagu ini akan melatih kemampuan listening dan writingmu. Kamu jadi berlatih untuk mendengarkan dan menuliskan kalimat dalam bahasa Inggris.

  1. Ucapkan liriknya dengan nada normal

Setelah berlatih menebak dan menulis lirik lagunya, kamu bisa berlatih mengucap pronunciation atau pelafalanmu dengan mencoba mengucapkannya dengan nada normal, seperti ketika kamu berbicara. Perhatikan bagaimana sebuah kata diucapkan. Kamu bisa memperhatikan gerak bibir dari sang penyanyi, atau mengecek di kamus online. Ulang-ulangilah sampai terdengar sama dengan pengucapan penyanyinya. Dengan begini, kamu sedang belajar pelafalan dalam bahasa Inggris atau pronunciation.

 

Oke, itu tadi adalah beberapa tips untuk belajar bahasa Inggris dari lagu. Tanpa berlama-lama, inilah daftar 15 lagu rekomendasi belajar bahasa Inggris:

1. My Love – Westlife 

Siapa yang tidak kenal dengan lagu ini? Lagu yang berjudul “My Love” dari Westlife, grup musik dari Irlandia ini sempat begitu populer di awal tahun 2000an.  Lagunya yang berlirik sederhana dan mudah didengarkan ini bisa menjadi sarana belajar listening Kawan YEC. 

So, I say a little prayer

(Jadi, kupanjatkan sedikit doa)

And hope my dreams will take me there

(Dan berharap impianku membawaku ke sana)

Where the skies are blue

(Di mana langitnya biru)

To see you once again, my love

(‘Tuk temuimu sekali lagi, cintaku)

Overseas, from coast to coast

(Nun jauh, dari pesisir ke pesisir)

To find a place I love the most

(‘Tuk temukan tempat tercintaku)

Where the fields are green

(Di mana ladangnya hijau)

To see you once again

(‘Tuk temuimu sekali lagi)

My love

(Cintaku)

 

2. Just The Way You Are – Bruno Mars

Rekomendasi lagu berikutnya adalah lagu berjudul “Just The Way You Are” dari Bruno Mars. Lagu romantis yang menyatakan cinta apa adanya dari seorang kekasih ke kekasihnya ini easy to listen. Bahasa yang digunakan mudah dicerna, dan tense yang dipakai adalah Simple Present Tense dan Present Continuous Tense. Kamu juga akan menemukan penggunaan modal would di lagu ini. Lagu ini menarik sekali untuk dibedah bagian tenses-nya, jadi kalian bisa sekalian belajar grammar. 

When I see your face

(Saat ku lihat wajahmu)

There’s not a thing that I would change

(Tak ada yang ingin kuubah)

‘Cause you’re amazing

(Kar’na kau luar biasa)

Just the way you are

(Apa adanya)

And when you smile

(Dan saat kau tersenyum)

The whole world stops and stares for a while

(Dunia berhenti dan mengamati)

‘Cause girl, you’re amazing

(Kar’na sayang, kau luar biasa)

Just the way you are

(Apa adanya)

Yeah

 

3. Hello – Adele

Lagu rekomendasi selanjutnya adalah “Hello” dari Adele. Lagu yang dirilis pada tahun 2015 ini menceritakan tentang seseorang yang ingin terkoneksi kembali dengan dunia luar, termasuk dengan teman, keluarga, dan dirinya sendiri. Liriknya yang sendu dan dibawakan dengan tempo yang lambat ini cocok untuk Kawan YEC yang ingin belajar British pronunciation. Selain itu, kalian juga bisa belajar grammar di sini. Terdapat berbagai macam tenses yang bisa dibedah, seperti Past Continuous Tense, Present Perfect Tense, serta Simple Present Tense

Hello from the other side

(Halo dari sisi yang lain)

I must’ve called a thousand times

(Ku pasti sudah telpon ribuan kali)

To tell you I’m sorry for everything that I’ve done

(‘Tuk beritahumu, aku minta maaf atas semua yang kulakukan)

But when I call, you never seem to be home

(Tapi ketika kutelpon, kau tak pernah ada)

 

4. I Know I’m Not The Only – Sam Smith

Lagu selanjutnya yang cocok untuk belajar listening sekaligus speaking adalah lagu dari Sam Smith, yang berjudul “I Know I’m Not The Only One”. Lagu yang menceritakan mengenai kekecewaan seorang kekasih karena dikhianati ini  dinyanyikan dengan tempo yang lambat. Seperti lagu “Hello” milik Adele, dalam lagu ini kamu juga bisa belajar pronunciation versi British

… You say I’m crazy

(…Kau bilang, ku gila)

‘Cause you don’t think I know what you’ve done

(Kar’na kau pikir aku tidak tahu yang t’lah kau lakukan)

But when you call me baby

(Tapi saat kau panggil aku sayang)

I know I’m not the only one

(Ku tahu ku bukan satu-satunya)

 

5. A Whole New World – Zayn dan Zhavia Ward

Lagu selanjutnya yang cocok untuk belajar bahasa Inggris adalah lagu dari Disney yang berjudul “A Whole New World”. Lagu yang dinyanyikan oleg Zayn Malik dan Zhavia Ward ini memiliki banyak adjective atau kata sifat yang positif, seperti shining, shimmering, splendid, dazzling, dan banyak lagi yang lainnya. Kamu bisa membedah pembentukan kata-kata ini. Seperti kata shine (verb) + -ing sehingga menjadi shining (adjective)

I can show you the world

(‘Ku bisa tunjukkan padamu dunia)

Shining, shimmering, splendid

(Bersinar, berkilauan, indah)

Tell me, princess, now when did

(Beri tahu aku, Putri, kapan)

You last let your heart decide?

(Terakhir kali hatimu yang memutuskan?)

I can open your eyes

(‘Ku bisa buka matamu)

Take you wonder by wonder

(Membawamu ke satu keajaiban ke keajaiban lainnya)

Over, sideways and under

(Di atas, samping, dan bawah)

On a magic carpet ride

(Di atas karpet ajaib)

 

6. Secret Love Song – Little Mix ft. Jason Derulo

Lagu selanjutnya adalah “Secret Love Song” dari grup musik Little Mix. Lagu yang menceritakan tentang sepasang kekasih yang menjalin hubungan secara diam-diam ini dikemas dengan lirik sederhana namun tetap bermakna. Di bagian awal lagu, kamu akan menemukan idiom, yaitu “keep behind close doors” yang berarti “rahasia, privat”.

We keep behind closed doors

(Kita menjaga rahasia)

Every time I see you I die a little more

(Tiap kali ku bertemu denganmu, ku merasa terpuruk)

Stolen moments that we steal as the curtain falls

(Momen-momen yang kita curi saat tirai tertutup)

It’ll never be enough

(Tak akan pernah cukup)

 

7. Viva la Vida – Coldplay

Bagi Kawan YEC yang menyukai band-band yang melegenda seperti Coldplay, pasti mengetahui lagu ini. Lagu “Viva la Vida” yang menceritakan tentang Revolusi Prancis dan kematian Raja Louis XVI ini berisi campuran tenses Simple Past Tense dan Simple Present Tense. Kamu juga akan menemukan vocabulary atau terms yang terkait dengan zaman Pertengahan di Inggris (English medieval) seperti Jerussalem bells, Roman cavalry, missionaries, dan lainnya.

I hear Jerusalem bells a ringing

(Ku dengar lonceng Yerusalem berdentang)

Roman Cavalry choirs are singing

(Paduan Suara Kavaleri Roma bernyanyi)

Be my mirror, my sword and shield

(Jadilah cerminku, pedangku, dan tameng)

My missionaries in a foreign field

(Misionarisku di tanah yang asing)

 

8. Firework – Katy Perry

Lagu selanjutnya adalah “Firework” dari Katy Perry. Lagu yang dirilis pada 2010 ini adalah lagu yang cocok didengarkan jika kamu butuh semangat. Liriknya yang memotivasi dengan nadanya yang ceria membuatmu ikut tersenyum saat mendengarnya. Liriknya yang terkadang tidak sesuai kaidah bahasa bisa kamu bedah. Seperti lirik “one blow from cavin’ in” yang sebenarnya memiliki struktur “caving in from one blow”

Do you ever feel like a plastic bag

(Pernahkah kau merasa, seperti kantong plastik)

Drifting through the wind, wanting to start again?

(Terbawa angin, ingin memulai lagi?)

Do you ever feel, feel so paper thin

(Pernahkah kau merasa, seperti kertas tipis)

Like a house of cards, one blow from cavin’ in?

(Seperti rumah kartu, runtuh dalam satu tiupan?)

 

9. Can’t Take My Eyes Off You (2007 remaster) – Frankie Valli

Lagu selanjutnya adalah “Can’t Take My Eyes Off You” yang dinyanyikan oleh Frankie Valli. Lagu yang berisi kekaguman terhadap kekasihnya ini dinyanyikan dengan tempo yang sedang, cocok untuk kamu yang sedang belajar pronunciation versi American. Liriknya yang sederhana juga mudah didengarkan. 

You’re just too good to be true

(Kau terlalu indah untuk jadi nyata)

Can’t take my eyes off of you

(Tak bisa mengalihkan pandanganku darimu)

You’d be like Heaven to touch

(‘kan terasa seperti surga bila menyentuhmu)

I wanna hold you so much

(Aku sangat ingin memelukmu)

At long last, love has arrived

(Setidaknya, cinta telah tiba)

And I thank God I’m alive

(Dan ku bersyukur aku hidup)

You’re just too good to be true

(Kau terlalu indah untuk jadi nyata)

Can’t take my eyes off of you

(Tak bisa mengalihkan pandanganku darimu)

 

10. Shallow – Bradley Cooper & Lady Gaga

Lagu yang selanjutnya adalah “Shallow”, hasil kolaborasi Bradley Cooper dan Lady Gaga. Lagu yang diiringi dengan petikan gitar dan denting piano ini memiliki tempo yang sedang. Artikulasi dari kedua penyanyi ini jelas, sehingga kamu pasti bisa mendengar setiap kata dalam liriknya. Cocok untuk kamu yang sedang belajar listening. 

I’m off the deep end, watch as I dive in

(Aku menggila, perhatikan saat ku menyelam)

I’ll never meet the ground

(Ku tak akan temui dasarnya)

Crash through the surface, where they can’t hurt us

(Menembus permukaan, di mana mereka tak ‘kan bisa sakiti kita)

We’re far from the shallow now

(Kita berada jauh dari kedangkalan sekarang)

 

11. You Are Not Alone – Michael Jackson

Lagu selanjutnya adalah “You Are Not Alone” dari Raja Pop, Michael Jackson. Lagu yang dirilis pada tahun 1995 ini memang sudah lawas, namun masih sangat indah untuk didengarkan. Liriknya yang didominasi oleh Simple Present Tense dan dengan kata-kata yang simpel ini cocok untuk kamu yang sedang belajar listening dan pronunciation.

Everyday I sit and ask myself

(Tiap hari aku terduduk dan bertanya pada diriku)

How did love slip away?

(Bagaimana cinta itu pergi?)

Something whispers in my ear and says

(Sesuatu berbisik di telingaku dan berkata)

That you are not alone

(Bahwa kau tak sendiri)

I am here with you

(Ku di sini bersamamu)

Though you’re far away

(Meskipun kau jauh)

I am here to stay

(Aku ada di sini) 

 

12. Grenade – Bruno Mars

Rekomendasi lagu yang selanjutnya adalah “Grenade” dari Bruno Mars. Jika kita tadi memiliki beberapa lagu dengan tempo yang sedang ke lambat, sekarang kita beralih ke lagu yang sedikit lebih cepat. “Grenade” menceritakan tentang kekecewaan seseorang laki-laki yang rela melakukan segalanya untuk kekasihnya yang tidak membalasnya. Jika kamu ingin mencoba berbicara sedikit lebih cepat dalam bahasa Inggris, maka lagu ini pas banget kamu dengarkan. 

I’d catch a grenade for ya (yeah, yeah, yeah)

(Kan kutangkap granat untukmu)

Throw my hand on a blade for ya (yeah, yeah, yeah)

(Lemparkan tanganku pada pisau untukmu)

I’d jump in front of a train for ya (yeah, yeah, yeah)

(Ku kan melompat ke depan kereta untukmu)

You know I’d do anything for ya (yeah, yeah, yeah)

(Kau tahu ku ‘kan lakukan segalanya untukmu)

 

13. Glimpse of Us – Joji

Lagu yang selanjutnya adalah “Glimpe of Us” dari Joji. Lagu yang sempat menggemparkan publik sebulan lalu ini menggambarkan tentang seseorang yang belum bisa move on dari mantan kekasihnya, meskipun dia sudah bersama kekasih yang baru. Liriknya yang penuh dengan metafora seperti “turn to rain to rainbow” dan “living in the blue”. Selain itu, terdapat pula idiom seperti “take the world off shoulder” yang bagus untuk dianalisis.

She’d take the world off my shoulders

(Dia ringankan beban di pundakku)

If it was ever hard to move

(Jika sulit ‘tuk digerakkan)

She’d turn the rain to a rainbow

(Dia mengubah hujan menjadi pelangi)

When I was living in the blue

(Ketika ku bersedih)

Why then, if she is so perfect

(Mengapa memang, jika dia begitu sempurna)

Do I still wish that it was you?

(Apakah ku masih berharap dia adalah dirimu?)

 

14. Love Yourself – Justin Bieber

Lagu rekomendasi selanjutnya adalah “Love Yourself “ dari Justin Bieber. Lagu yang menceritakan tentang berakhirnya hubungan sepasang kekasih ini memiliki beberapa idiom yang menarik untuk dipelajari. Artikulasi penyanyi yang jelas pun juga dapat digunakan untuk menguji kemampuan listening. 

 

For all the times that you rained on my parade

(Untuk waktu-waktu di mana kau merusak rencanaku)

And all the clubs you get in using my name
(Dan semua klub yang kau masuki atas namaku)

You think you broke my heart, oh girl, for goodness sake
(Kau pikir kau hancurkan hatiku, oh sayang, yang benar saja)

You think I’m crying on my own, well I ain’t
(Kau pikir ku menangis sendiri, tentu tidak)

  

15. Just Give Me The Reason – P!nk ft. Nate Ruess

Lagu terakhir yang menjadi rekomendasi untuk belajar bahasa Inggris adalah “Just Give Me The Reason” dari P!nk dan Nate Ruess. Lagu yang berisi tentang percakapan sepasang kekasih agar hubungan terus bertahan ini memiliki tempo yang sedang. Lagi-lagi, lagu ini berisi idiom yang bisa kamu analisis. Istilah-istilah seperti “your head is running wild again” , “we’re collecting dust”, “we’ll come clean” bisa kamu pelajari.

Just give me a reason, just a little bit’s enough
(Berilah aku sebuah alasan, sedikit saja cukup)Just a second we’re not broken just bent, and we can learn to love again
(Hanya sedetik kita tidak rusak, hanya bengkok, dan kita bisa belajar mencintai lagi)It’s in the stars, it’s been written in the scars on our hearts
(Ada di bintang-bintang, telah tertulis dalam luka-luka hari kita)We’re not broken just bent, and we can learn to love again
(Kita tidak rusak, hanya bengkok, dan kita bisa belajar mencintai lagi)

 

Demikianlah, Kawan YEC, 15 rekomendasi lagu belajar bahasa Inggris. Dari 15 lagu ini, kalian bisa mengeksplor lagu-lagu lainnya. Belajar bahasa Inggris tidak harus melulu dari buku, namun juga bisa dari hal-hal yang menghibur seperti lagu-lagu di atas.

 

Jika Kawan YEC sedang ingin mendalami bahasa Inggris, YEC bisa membantu kalian.

 Bergabunglah dengan kelas kursus online YEC. Dengan pembelajaran melalui video dan dipandu dengan tutor serta guru yang bersertifikat dan berpengalaman, kamu pasti segera lancar berbahasa Inggris.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top