Seleksi LPDP Dalam Negeri

Siapa sih yang nggak mau berkuliah tanpa mengeluarkan uang alias gratis? Apalagi, semuanya ditanggung negara! Hmm, siapa yang tidak tertarik?

 

Jika Kawan YEC tertarik untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi secara gratis, kalian patut melirik beasiswa LPDP. Beasiswa dari Pemerintah Indonesia ini setiap tahunnya menjaring ribuan insan cendekia terpilih. Tidak main-main lho, untuk tahun 2023, disiapkan kuota sebanyak 3.256 kandidat penerima LPDP!

 

Kamu kah salah satunya?

 

Eits, untuk bisa menang bertarung dengan ribuan pesaingmu nanti, kamu perlu mempersiapkan diri. Artikel di bawah ini dibuat khusus untuk persiapanmu meraih beasiswa LPDP. Simak sampai selesai ya!

Informasi Umum Beasiswa LPDP Dalam Negeri

Seperti yang sudah dikemukakan di atas, beasiswa LPDP adalah beasiswa dari Pemerintah Indonesia untuk para pemuda dan pemudi berprestasi Indonesia.  Beasiswa ini menjadi incaran bagi ribuan pelamar beasiswa yang ingin mengejar program Magister dan Doktoral.

 

Beasiswa LPDP menawarkan studi lanjut di luar negeri dan di dalam negeri. Untuk di dalam negeri, kesempatannya sangat terbuka lebar untukmu lho, Kawan YEC! 

 

Di tahun 2022 sendiri, tercatat terdapat lebih dari 50 universitas dalam negeri untuk jenjang Magister dan lebih dari 20 pilihan universitas untuk jenjang Doktor. Pilihan jurusannya pun sangat beragam, dengan lebih dari 600 jurusan untuk program Magister dan 200 jurusan untuk program Doktor. 

 

Hmm, menarik sekali bukan? Begitu banyak jurusan sarat ilmu yang menantimu!

 

Namun, untuk bisa melanjutkan ke jenjang studi yang lebih tinggi, tentunya kamu perlu tahu jalur masuknya. Selanjutnya, kita akan membahas jenis-jenis beasiswa LPDP yang bisa menjadi jalur masuk untuk kamu.

Jenis-jenis Beasiswa LPDP

LPDP menyelenggarakan beberapa jenis beasiswa. Jenis-jenis beasiswa dari LPDP antara lain:

  1. Beasiswa Targeted

Beasiswa Targeted adalah beasiswa yang terdiri atas beberapa program. Program-programnya antara lain Beasiswa PNS, TNI, dan POLRI, Beasiswa Kewirausahaan, Beasiswa Kerja Sama Bidang Metalurgi dan Sains Material, Beasiswa Pendidikan Kader Ulama, dan Beasiswa Dokter Spesialis dan Dokter Subspesialis.

  1. Beasiswa Afirmasi

Beasiswa Afirmasi adalah beasiswa yang terdiri atas beberapa program. Program-programnya antara lain Beasiswa Penyandang Disabilitas, Beasiswa Daerah Afirmasi, Beasiswa Prasejahtera dan Beasiswa Putra-Putri Papua. 

  1. Beasiswa Umum

Beasiswa Umum adalah beasiswa yang terdiri atas beberapa program. Program-programnya antara lain Beasiswa Reguler, Beasiswa PTUD, Beasiswa Co-funding.

  1. Beasiswa Kolaborasi

Beasiswa Kolaborasi adalah beasiswa yang terdiri atas satu program. Programnya adalah Beasiswa Kolaborasi-Kemdikbudristek.

 

Beasiswa Kolaborasi-Kemdikbudristek adalah beasiswa yang mencakup beberapa program lainnya, antara lain:

  1. Kampus Merdeka (Kampus Mengajar, Magang & Studi Independen Bersertifika (microcredentials), Mobilitas Internasional, Pertukaran Mahasiswa Merdeka)
  2. Program Dosen dan Tendik (Beasiswa Dosen S2 & S3, Riset Keilmuan, Magang di Industri, Magang di Perguruan Tinggi Kelas Dunia)
  3. Program Guru dan Tendik (Beasiswa S2 Guru (DN / LN), Sertifikasi Guru (Microcredentials), Beasiswa S3 Guru (DN))
  4. Program Vokasi (Magang di Industri Guru SMK, Beasiswa S1 Guru SMK, Beasiswa Kegiatan Dosen Vokasi di Luar Kampus, Sertifikasi Magang dan Pelatihan Dosen & Tendik Vokasi, Beasiswa Dosen Vokasi S2 & S3 (DN / LN), Riset Keilmuan Terapan di Dalam Negeri)
  5. Program Prestasi (Beasiswa S1 Siswa Berprestasi, Beasiswa S2 Mahasiswa Berprestasi )
  6. Beasiswa Kebudayaan (Beasiswa S1 (DN), S2 (DN / LN) & S3 (DN / LN) Kebudayaan)

 

Dari semua program beasiswa LPDP ini, Kawan YEC bisa memilih kampus atau universitas tujuan ya. Selain di luar negeri, kalian juga bisa memilih kampus atau universitas di dalam negeri.

Penerima Beasiswa LPDP

Sebelumnya, kita telah mengetahui jenis-jenis beasiswa LPDP serta cakupan-cakupan programnya. Di setiap jenis dan cakupan program-program ini, terdapat kriteria khusus penerima beasiswa.

 

Orang-orang yang berhak menjadi penerima beasiswa LPDP di setiap programnya adalah sebagai berikut:

  1. Beasiswa Targeted

  1. Seperti namanya, Beasiswa PNS, TNI, dan POLRI ditujukan untuk para pejabat PNS, TNI atau POLRI yang diusulkan oleh institusi pendaftarnya. Jenjang yang dapat dipilih melalui beasiswa ini adalah jenjang Magister atau Doktor. Para pelamar untuk program ini sudah menyelesaikan jenjang D4 atau S1 untuk jenjang Magister dan sudah menyelesaikan Magister untuk jenjang Doktoral.
  2. Beasiswa Kewirausahaan atau Beasiswa Pendidikan Indonesia Kewirausahaan (BPI Kewirausahaan), adalah beasiswa yang ditujukan untuk orang yang bergerak di bidang kewirausahaan. Dalam beasiswa ini, tersedia jenjang Magister yang bisa dipilih. 
  3. Beasiswa Kerja Sama Bidang Metalurgi dan Sains Material adalah program beasiswa hasil kerjasama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Tiongkok dalam bidang Metalurgi yang menyasar warga sipil dan aparatur sipil negara (ASN), sejumlah paling banyak 50 orang.
  4. Beasiswa Pendidikan Indonesia Kader Ulama Masjid Istiqlal, selanjutnya disingkat Beasiswa Pendidikan Kader Ulama adalah beasiswa yang ditujukan untuk calon ulama. Jenjang pendidikan yang dapat dipilih adalah Magister dan Doktor. 
  5. Beasiswa Dokter Spesialis dan Dokter Subspesialis adalah program beasiswa yang diselenggarakan untuk warga negara Indonesia yang berprofesi sebagai dokter PNS atau non-PNS yang memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku. 
  1. Beasiswa Afirmasi

  1. Beasiswa Penyandang Disabilitas adalah beasiswa yang ditujukan untuk masyarakat penyandang disabilitas yang memenuhi persyaratan LPDP, yaitu disabilitas fisik, intelektual, mental, sensorik, ganda atau multi. 
  2. Beasiswa Daerah Afirmasi adalah beasiswa yang ditujukan untuk masyarakat yang berasal dari daerah afirmasi dan memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh LPDP. Sasaran penerima beasiswa ini adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di kota atau kabupaten di Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.
  3. Beasiswa Prasejahtera adalah beasiswa yang ditujukan untuk masyarakat yang berasal dari keluarga miskin atau prasejahtera. Yang 
  4. Beasiswa Putra-Putri Papua adalah beasiswa yang ditujukan untuk putra-putri daerah Papua yang merupakan Orang Asli Papua. 
  1. Beasiswa Umum

  1. Beasiswa Reguler adalah beasiswa yang ditujukan untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin melanjutkan studi lanjut di jenjang Magister dan Doktor, baik di dalam maupun di luar negeri. 
  2. Beasiswa PTUD (Perguruan Tinggi Utama Dunia) adalah beasiswa yang ditujukan untuk WNI yang telah diterima dan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD). Para pelamar ini telah memperoleh Letter of Admission/Acceptance Unconditional untuk menempuhkan pendidikan jenjang Magister dan Doktor.
  3. Beasiswa Co-funding atau Beasiswa Kerjasama Pendanaan adalah beasiswa yang ditujukan untuk pelamar jenjang Magister di luar negeri di program Beasiswa Reguler dan Beasiswa PTUD melalui skema Beasiswa Semi Mandiri.
  1. Beasiswa Kolaborasi

 

Beasiswa Kolaborasi adalah beasiswa yang ditujukan untuk kalangan pelajar, pendidik, hingga budayawan.

Benefit Beasiswa LPDP

Di mana-mana, beasiswa adalah hal yang menguntungkan. Selain mendapat ilmu, para penerima beasiswa juga menerima manfaat atau benefit berupa pembiayaan. Jika Kawan YEC berhasil menjadi penerima beasiswa LPDP ini, ada beberapa manfaat atau benefit yang akan kamu dapatkan, antara lain:

  • Biaya Pendidikan
  1. Biaya Pendaftaran
  2. Biaya SPP/Tuition Fee
  3. Tunjangan Buku
  4. Biaya Penelitian Tesis/Disertasi
  5. Biaya Seminar Internasional
  6. Biaya Publikasi Jurnal Internasional

 

  • Biaya Pendukung 
  1. Transportasi
  2. Aplikasi Visa/Residence Permit (untuk pelamar beasiswa di universitas luar negeri)
  3. Asuransi Kesehatan
  4. Biaya Hidup Bulanan
  5. Biaya Kedatangan
  6. Biaya keadaaan darurat (jika diperlukan)
  7. Tunjangan keluarga (khusus Doktor)

 

Perlu diingat bahwa benefit atau manfaat dari masing-masing program beasiswa dapat berbeda, tergantung dengan program yang dijalani. Daftar di atas adalah rangkuman pembiayaan beasiswa yang umumnya diterima oleh penerima beasiswa. 

Timeline dan Tahapan Seleksi Beasiswa LPDP

Oke, setelah kalian memahami jenis-jenis beasiswa, siapa sasaran penerima beasiswa, dan benefit dari beasiswa LPDP, pastinya Kawan YEC sudah tidak sabar ya, untuk segera mendaftar.

 

Nah, agar kamu paham waktu terbaik untuk persiapan beasiswa LPDP 2023, kamu perlu mengetahui timeline atau alur waktu pelaksanaannya. Di bawah ini, disajikan timeline tahapan pendafataran beasiswa LPDP dari tahun 2020 hingga 2022. 

 

Di tahun 2020, timeline pendaftaran beasiswa LPDP adalah sebagai berikut:

Tahapan Pendaftaran Beasiswa
(Program Beasiswa Pendidik dan Beasiswa PTUD)
Waktu
Pembukaan pendaftaran beasiswa 6 Oktober 2020
Penutupan pendaftaran beasiswa 20 Oktober 2020 
Seleksi administrasi 1 Oktober – 1 November 2020 
Pengumuman hasil seleksi administrasi 2 November 2020 
Seleksi substansi 4-20 November 2020
Pengumuman hasil seleksi substansi 4 Desember 2020-10-06

 

Di tahun 2021, timeline pendaftarannya adalah sebagai berikut:

Tahap 1:

Tahapan Pendaftaran Beasiswa
(Program Beasiswa PTUD dan Beasiswa Reguler)
Waktu
Pembukaan pendaftaran beasiswa 4 Mei 2021
Penutupan pendaftaran beasiswa 1 Juni 2021
Seleksi administrasi 2-10 Juni 2021
Pengumuman hasil seleksi administrasi 11 Juni 2021
Seleksi Substansi Akademik dan Kebangsaan 16-19 Juni 2021
Pengumuman Hasil Seleksi Substansi Akademik dan Kebangsaan 24 Juni 2021
Seleksi wawancara 5-16 Juli 2021 jalur PTUD dan 23 Juli – 25 Agustus 2021 jalur reguler
Pengumuman hasil seleksi wawancara 22 Juli jalur PTUD dan 30 Agustus 2021 jalur reguler

 

Tahap 2:

Tahapan Pendaftaran Beasiswa
(Program Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Targeted, dan Beasiswa Umum)
Waktu
Pembukaan pendaftaran beasiswa 1 Agustus 2021
Penutupan pendaftaran beasiswa 8 Agustus 2021
Seleksi administrasi 9-23 September 2021
Pengumuman hasil seleksi administrasi 24 September 2021
Seleksi substansi 11-15 Oktober 2021
Pengumuman hasil seleksi substansi: 19 Oktober 2021
Seleksi wawancara 5 Oktober-26 November 2021
Pengumuman hasil seleksi wawancara 3 Desember 2021.

 

Di tahun 2022, timeline pendaftarannya adalah sebagai berikut:

Tahap 1:

Tahapan Pendaftaran Beasiswa

(Program Beasiswa Umum, Targeted, Afirmasi)

Waktu
Pembukaan pendaftaran beasiswa 25 Februari 2022
Penutupan pendaftaran beasiswa 27 Maret 2022
Seleksi administrasi 28 Maret 2022
Pengumuman hasil seleksi administrasi 12 April 2022
Seleksi Bakat Skolastik 18 April 2022
Pengumuman Hasil Seleksi Bakat Skolastik 27 April 2022
Seleksi Substansi 6 Juni 2022 – 1 Juli 2022
Pengumuman Hasil Seleksi Substansi (Final) 4 Juli 2022

 

Tahap 2:

Tahapan Pendaftaran Beasiswa

(Program Beasiswa Umum, Targeted, Afirmasi)

Waktu
Pembukaan pendaftaran beasiswa 4 Juli 2022
Penutupan pendaftaran beasiswa 5 Agustus 2022
Seleksi administrasi 22 Agustus 2022
Seleksi Bakat Skolastik 2 September 2022
Pengumuman Hasil Seleksi Bakat Skolastik 15 September 2022
Seleksi Substansi 26 September 2022
Pengumuman Hasil Seleksi Substansi 11 November 2022

 

Melihat dari timeline yang sudah terlaksana, maka bisa diprediksikan bahwa timeline beasiswa LDP tahun 2023 tahap 1 kemungkinan dibuka pada bulan Februari 2023 dan berakhir pada bulan Juli 2023. Untuk tahap 2, kemungkinan akan dibuka pada bulan Juli 2023 dan berakhir pada bulan Desember 2023.

 

Nah, mumpung masih di tahun 2022, maka sekarang adalah saat paling tepat untuk mempersiapkan diri demi beasiswa LPDP 2023. Persiapan yang perlu kamu lakukan adalah persiapan fisik dan mental. 

 

Secara fisik, pastikan badan kamu fit dan sehat ya. Kamu akan banyak memeras otak untuk melewati semua tahapan beasiswa LPDP. Tubuh yang sehat dan kuat akan mendukungmu melewati semua tahapan yang perlu dilewati.

 

Secara mental, kamu akan diuji untuk mencari tahu dan mengumpulkan dokumen serta berbagai berkas lainnya untuk beasiswa. Pastikan kamu teliti agar tidak ada berkas-berkas yang tercecer ya, Kawan YEC. 

Nah, berbicara soal dokumen atau berkas-berkas, tentunya ini mengingatkan kita pada syarat-syarat beasiswa LPDP. Apa saja sih, dokumen atau berkas yang perlu dipersiapkan untuk beasiswa LPDP? Selengkapnya, cek di link berikut.

 

Ayo siapkan diri kamu untuk tes TOEFL dengan mengikuti kelas persiapan yang kami tawarkan. Daftar sekarang dan jadilah salah satu dari banyak siswa yang lolos seleksi beasiswa LPDP ini

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top