Standar Skor Minimal TOEIC

Standar Skor Minimal TOEIC – Skor TOEIC sangat bervariasi, mulai dari angka 2 digit hingga angka 3 digit. Namun, dari rentang nilai ini, banyak orang bertanya tentang standar nilai TOEIC. 

Jika kamu salah satunya, maka kamu sudah berada di artikel yang tepat. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Kenali TOEIC untuk mendapat nilai maksimal

TOEIC (Test of English for International Communication) adalah sebuah tes yang mengukur kemampuan pesertanya dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. TOEIC menguji seberapa jauh pemahaman bahasa Inggris seseorang dalam konteks dunia kerja.

 

TOEIC telah lama dipercaya sebagai alat pengukur kemampuan bahasa Inggris di tingkat global. Dikembangkan oleh ETS (Educational Testing Service) dari Amerika Serikat, hingga saat ini terdapat lebih dari 14.000 organisasi di lebih dari 160 negara yang telah menggunakan TOEIC sebagai standar pengukuran kemampuan berbahasa Inggris.

 

TOEIC sering diambil oleh orang-orang yang ingin melamar pekerjaan di luar negeri, seperti Jepang. Selain itu, TOEIC juga bisa diambil oleh para calon mahasiswa dan pelamar beasiswa untuk berkuliah di luar negeri.

 

Agar lamaran dapat lolos seleksi, maka diperlukan nilai atau skor TOEIC yang memadai. Seperti yang kita tahu, skor TOEIC berkisar di angka 10 untuk nilai terendah dan 990 untuk nilai tertinggi. Dari jauhnya rentang nilai ini, banyak orang bertanya, berapa skor yang standar untuk TOEIC?

Standar Nilai Minimal untuk test TOEIC

Sebenarnya, tidak ada nilai yang standar wajib untuk TOEIC. Mirip dengan TOEFL yang memberikan skor apa adanya sesuai dengan kemampuan pesertanya, TOEIC juga menerapkan hal yang sama. Jadi, setelah kamu menyelesaikan tes TOEIC, kamu akan mendapatkan skor yang sesuai dengan kemampuanmu.

 

Namun, lembaga pendidikan atau perusahaan menetapkan standar minimal untuk skor TOEIC. Hal ini berguna untuk memastikan tingkat kemahiran berbahasa para kandidat sehingga mereka dapat belajar atau bekerja dengan baik di institusi masing-masing.

 

Lantas, berapakah nilai standar TOEIC?

 

Sebagian besar universitas di luar negeri yang memprasyaratkan TOEIC sebagai acuan kemampuan bahasa Inggris mematok skor minimal 785 untuk TOEIC atau setara dengan level B2 dalam CEFR (Common European Framework of Reference). 

 

Sementara itu, perusahaan yang merekrut kandidat untuk posisi internasional, mensyaratkan skor TOEIC sebesar 800 hingga 850. Kedua nilai ini dipatok sebagai nilai minimum untuk melamar pekerjaan. 

Baca juga : Skor Toefl untuk melamar pekerjaan

Sejauh ini, terdapat kurang lebih 15.000 perusahaan dan lembaga di seluruh dunia yang menerapkan skor minimum ini agar para kandidat yang terpilih dapat bekerja secara efektif di lingkungan yang menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantarnya. 

 

Namun, skor rata-rata yang disebutkan di atas adalah skor yang umum diajukan oleh lembaga. Agar lebih pasti dan tepat, Kawan YEC bisa mencari informasi dari lembaga yang akan kalian tuju ya!

 

Namun, agar aman, usahakan untuk mendapatkan skor yang melebihi skor rata-rata. Skor TOEIC yang tinggi akan membuatmu berbeda dari kandidat lain, dan akhirnya akan melancarkan perjalananmu untuk berkuliah atau bekerja di tempat impian kalian.

 

Karenanya, agar bisa mendapatkan nilai TOEIC yang tinggi, kamu harus belajar dengan sungguh-sungguh ya! Tidak ada jalan instan menuju kesuksesan. Kamu perlu bersiap-siap agar bisa meraih impianmu, yaitu berkuliah atau bekerja di luar negeri. 

See you in the next article!

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top