Skor toefl untuk melamar kerja

Skor toefl untuk melamar kerja – Untuk dapat melamar kerja kawan YEC minimal harus memiliki skor toefl 450. Dapat skor TOEFL 450? Bisa nggak ya? Jawabannya bisa banget! Kawan YEC, untuk meraih skor 450 dalam TOEFL itu bisa banget loh, asalkan tahu strateginya. Mau tahu gimana caranya? Yuk, tetap simak artikel ini sampai selesai.

Tes TOEFL ITP terdiri dari 3 bagian atau sections. 3 bagian itu adalah Listening, Structure and Written Expression, dan Reading. Listening terdiri atas 50 soal dengan durasi pengerjaan selama 35 menit, Structure and Written Expression terdiri atas 40 soal dengan durasi 25 menit, dan Reading terdiri atas 50 soal dengan durasi 55 menit.

Total jumlah soal untuk TOEFL ITP adalah 140 soal dengan total waktu sekitar 115 menit. Dalam waktu 1 jam dan 55 menit ini, Kawan YEC harus mengerjakan soal dengan benar sebanyak-banyaknya agar mampu mencapai skor yang maksimal. Rentang skor TOEFL ITP adalah 310 untuk skor terrendahnya dan 677 untuk skor tertingginya. 

Nah, sekarang pertanyaannya, bagaimana cara meraih skor 450 dalam TOEFL?

Tpis mendapat skor toefl untuk kerja

Untuk mendapatkan skor 450 dalam TOEFL, maka kamu perlu menjawab 23 soal Listening, 20 soal Structure, dan 25 soal Reading dengan benar. Strategi untuk masing-masing bagian adalah sebagai berikut:

  • Bagian Listening/Listening Section

Pada bagian Listening ini, kamu harus menjawab 23 soal secara benar. Berfokuslah pada nomor 1 sampai 23, karena soal dalam section ini diurutkan dari yang termudah hingga yang tersulit. Jadi, soal nomor 1 adalah soal termudah dan soal nomor 50 adalah soal yang tersulit.

  • Bagian Structure and Written Expression/Structure and Written Expression

Dalam durasi 25 menit, jawablah 20 soal dengan benar. Durasi pengerjaan untuk setiap nomor dalam Structure section ini maksimal 1 menit 15 detik. Akan ada sisa waktu bila kamu cepat dan tepat mengerjakan bagian ini. Sisa waktunya bisa kamu manfaatkan untuk mengerjakan soal lainnya. 

  • Bagian Reading/Reading Section

Setelah kamu mengerjakan 2 section tersebut, section terakhir adalah Reading. Reading memiliki durasi waktu pengerjaan terlama dibandingkan 2 section yang lain, yaitu sekitar 55 menit. Untuk mendapat skor 450, kamu perlu menjawab 25 soal Reading dengan benar. Jawablah soal yang kamu anggap mudah terlebih dahulu. Soal-soal yang cenderung mudah adalah mencari persamaan kata (sinonim), lawan kata (antonim), dan pertanyaan refers to. Jawablah soal-soal dengan tipe seperti ini dan gunakan sisa waktu untuk mengerjakan soal lainnya.

Dalam TOEFL, tidak ada sistem pengurangan skor untuk jawaban yang salah. Karenanya, meskipun ragu-ragu, jawablah semua pertanyaan yang ada. Jika kamu beruntung, jawabanmu akan menjadi nilai tambah untuk skormu.

Skor 450 dalam TOEFL dianggap sebagai ambang batas minimal yang aman. Dengan skor ini, Kawan YEC yang sedang mencari pekerjaan dipastikan bisa diterima ketika melamar untuk berbagai instansi pemerintahan dan atau swasta. Tahun kemarin, skor 450 ini dijadikan syarat dalam pendaftaran CPNS 2021.

Nah, agar kamu mendapatkan skor maksimal dalam TOEFL untuk melamar kerja, ketekunan adalah kuncinya. Bersungguh-sungguh mempelajari materi yang biasanya keluar dalam TOEFL akan membantu kamu meraih skor yang kamu harapkan. 

“Emang, materinya yang sering keluar di TOEFL apa aja sih, Kak?”

Materi yang sering keluar tergantung sectionnya, ya. Untuk Listening, berarti kita belajar tips dan trik untuk mengerjakan Listening part A, part B, dan part C. Untuk Structure, kita belajar tentang Modals, Relative/Adjective Clause, Reduced Relative Clause, Comparison, dan lain-lain. Lalu, untuk Reading, kita berfokus pada teknik skimming dan scanning serta mengenali tipe-tipe pertanyaan.  

Nah, agar makin siap, sebelum belajar 3 section di atas, sebaiknya kalian juga belajar tentang dasar-dasar dalam bahasa Inggris dulu ya! Materi dasar yang perlu dipelajari adalah Basic Pattern, Part of Speech: Major and Minor Word Classes, Gerund, Infinitive, dan masih banyak materi lainnya.

“Ah… banyak banget ya materinya. Pasti bosen belajarnya!”

Wah, tenang Kawan YEC! Materi sebanyak ini memang akan terasa berat dan membosankan bila dipelajari sendiri. Tapi, Kawan YEC nggak perlu khawatir nih, karena YEC punya solusi untuk kalian semua!

Yak, YEC menyelenggarakan Kelas kursus persiapan toefl. Di kelas ini, kamu akan belajar materi TOEFL dari yang paling dasar dengan efektif dan menyenangkan selama kurang lebih 8 minggu atau 2 bulan.

“2 bulan? Nggak kelamaan tuh Kak?” 

Nggak dong! Ini adalah kelas intensif untuk mempersiapkan kalian meraih skor TOEFL yang memuaskan. Jadi, 2 bulan sangat cukup dan dinilai efektif untuk belajar TOEFL sampai tuntas.

Sesuai namanya, kelas ini diselenggarakan secara online. Di zaman pandemi seperti ini, tentu lebih aman berada di rumah. Jadi, Kawan YEC nggak perlu repot-repot berangkat berdesak-desakan ke tempat kursus. Cukup duduk manis di rumah, kalian bisa belajar TOEFL dengan nyaman dan aman. 

Selain itu, kamu juga nggak dibatasi oleh jadwal padat yang mengikat. Kamu bisa belajar kapanpun kamu mau. Sebebas itu!

“Hmm oke…. Materinya apa aja nih Kak?”

Seperti yang sudah disebutkan tadi ya Kawan YEC, kalian akan mempelajari TOEFL dari yang paling dasar, dan kemudian akan berfokus ke materi per section. Materinya dikemas dalam bentuk video yang ringkas dan menyenangkan. Dijamin, kalian tidak akan bosan mempelajari materinya.

Nah, setelah kamu menonton videonya, waktunya kamu menguji pemahamanmu! Ada ratusan soal yang siap dikerjakan. Kamu bisa mengakses video materi dan latihan soalnya melalui smartphone atau laptop kamu ya, Kawan YEC. 

Di setiap latihan soal, ada kunci jawaban dan pembahasan yang bisa membantumu untuk memahami pertanyaannya.

“Kalau aku bingung dengan materi atau soalnya gimana, Kak?”

Tenang, ada tutor berpengalaman yang siap membantumu. Jika kamu menemui kendala dalam proses belajar, kamu bisa berdiskusi dengan tutor melalui grup WhatsApp ya.

Bila kamu rajin mengikuti kelasnya sampai akhir, ada sertifikat yang menantimu! Sertifikat ini bisa kamu cantumkan di CV kamu loh, sebagai tanda bahwa kamu sudah pernah mengikuti kelas persiapan TOEFL ini.

“Hmm… harganya berapa juta nih?”

Juta? Nggak sampai jutaan, Kawan YEC! Cukup dengan Rp 500.000an* aja, kamu bisa meningkatkan skor TOEFLmu dengan aman, nyaman dan menyenangkan. Dibandingkan dengan kursus TOEFL lain yang memasang tarif hingga jutaan Rupiah, tentu tawaran ini menarik banget, bukan?

Kurang terjangkau? Masih ada diskon* yang bisa kamu dapatkan, jadi harga kelasnya bisa lebih murah lagi. 

Nah, tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu di Kelas “YEC TOEFL Preparation Online” dan raih skor TOEFL impianmu bersama YEC!

YEC, preparing for a better you.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top