Tips Meningkatkan Listening Skills

Listening adalah salah satu kemampuan atau skill bahasa Inggris, selain reading, speaking, dan writing. 

 

Sebagai sebuah kemampuan bahasa yang pasif, listening atau mendengarkan memang terkadang dianggap mudah. Namun, fakta menunjukkan masih banyak orang yang kesulitan untuk mempraktekkan listening skill. 

 

Selain karena kurang familiarnya pendengar dengan kosakata (vocabulary) dalam bahasa Inggris, listening skill dalam bahasa Inggris juga dianggap sulit karena pengucapan (pronunciation) dan tempo bicara dari native speaker yang cenderung cepat.

 

Listening skills adalah sebuah kemampuan yang penting dan perlu dikuasai. Tidak hanya berguna di kehidupan sehari-hari, namun listening skills juga berguna ketika kamu perlu mengerjakan tes bahasa Inggris seperti TOEIC, TOEFL, atau IELTS. 

 

Kawan YEC, apakah kamu juga salah satu orang yang kesulitan untuk listening skill?

 

Jika iya, maka artikel ini sangat tepat untukmu. Di bawah ini, akan dijelaskan berbagai tips untuk meningkatkan listening skills. Mari simak bersama!

 

Tips Meningkatkan Listening Skills

  1. Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Tips yang pertama untuk meningkatkan listening skills adalah dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Cara ini jelas bertujuan untuk membiasakan Kawan YEC dengan vocabularies serta pronunciation dalam bahasa Inggris.

Untuk mempertajam telinga, pilihlah lagu dengan lirik yang mudah didengarkan atau easy to listen. Kamu bisa memilih lagu-lagu berbahasa Inggris dari genre yang kamu sukai, baik itu pop, rock, RnB, atau yang lainnya. 

 

Ketika kamu mendengarkan lagu, perhatikan kata-kata yang kamu dengarkan. Cobalah untuk menebak lirik lagunya, lalu tuliskan di atas selembar kertas. 

 

Setelah selesai, kamu bisa mencocokkannya dengan lirik aslinya. Perhatikan apakah ada lirik yang berbeda atau tidak. 

 

Dengan cara ini, kamu tidak hanya mempertajam listening skillmu, namun juga menambah kosakata atau vocabularies baru. Vocabularies yang bertambah akan semakin memperkuat kemampuanmu dalam bahasa Inggris. 

 

  1. Menonton Film Dengan Subtitle dan Slow Motion Mode

Siapa yang tidak suka menonton film? Film adalah salah satu hiburan yang disukai banyak orang. Pengalaman rasa dan visual yang disuguhkan oleh film membuatnya menjadi salah satu cara untuk melepaskan kepenatan.

 

Tak hanya menghibur, film juga bisa menjadi media yang mengasyikkan untuk belajar. Kalian bisa meningkatkan kemampuan listening dengan menonton film-film berbahasa Inggris. 

 

Saat di awal menonton film, kalian bisa memasang subtitle dalam bahasa Inggris. Subtitle bahasa Inggris akan membantu kalian untuk memahami vocabularies dengan lebih baik. 

 

Melalui subtitle bahasa Inggris, kalian akan tahu bagaimana bentuk penulisan sebuah kata dan cara pengucapan atau pronunciationnya. Jadi, tidak hanya memperkuat kemampuan listening saja, kalian juga bisa meningkatkan kemampuan writing kalian.

 

Selain menggunakan subtitle, ada cara lain untuk belajar listening skills dari film. Kalian bisa memanfaatkan mode slow motion atau slown down dari film yang kalian tonton.

 

Menggunakan mode slow motion atau slow down tentunya akan membuat film menjadi lebih lambat. Namun ini akan membuat dialog atau narasi di film tersebut menjadi lebih lambat dan jelas terdengar untukmu. 

 

  1. Mendengarkan Podcast 

Cara selanjutnya untuk meningkatkan listening skills adalah dengan mendengarkan podcast. Di internet dan sosial media, ada banyak sekali podcast yang bisa kamu dengarkan. Tentu saja, pilihlah podcast yang dibawakan dengan bahasa Inggris.

 

Kamu bisa mengunduh aplikasi untuk mendengarkan podcast seperti Anchor, CastBox, Google Podcast, Spotify, atau yang lainnya. Ada banyak pilihan podcast yang bisa kamu dengarkan, seperti Voice of America: Learning English, 6-Minutes English dari BBC, Espresso English, dan sebagainya. 

 

Mendengarkan podcast adalah salah satu cara yang menyenangkan untuk meningkatkan listening skills. Tidak seperti film yang membutuhkan konsentrasi dan perhatianmu, podcast bisa kamu dengarkan sembari berkegiatan. 

 

  1. Mencatat Audio Bahasa Inggris

Cara lain untuk meningkatkan skill listening adalah dengan mencatat audio berbahasa Inggris. Tips yang satu ini sebenarnya merupakan langkah lanjutan dari tips ketiga (mendengarkan podcast). 

 

Dengan mencatat, kamu akan lebih menajamkan telingamu agar dapat menuliskan audio yang kamu dengar. Namun, kamu tidak perlu terlalu pusing untuk mencatatnya, karena kamu hanya perlu mencatat gagasan yang dominan saja.

 

Betul, kamu tidak perlu mencatat secara detail hal yang kamu dengarkan. Cukup menarik garis besar dari audio yang kamu baca, dan catat poin-poin pentingnya. 

 

Kamu bisa fokus mendengarkan gagasan utama audio tersebut, dan mencatat poin-poin pendukung. Setelahnya, kamu bisa mengecek kecocokan antara catatanmu dengan audio yang kamu dengarkan.

 

Cara ini akan meningkatkan listening skillmu dan writing skillmu. Listening skillmu akan meningkat karena kamu berusaha menyimak audionya, dan writing skillmu akan meningkat karena kamu menuliskan kembali poin-poin yang kamu tangkap.

 

  1. Berbicara dalam Bahasa Inggris dengan Partner

Semua kegiatan akan terasa lebih menyenangkan jika ada teman. Begitu juga dengan belajar bahasa Inggris. Memiliki teman untuk meningkatkan listening skill akan membuatmu semakin semangat. 

 

Bersama teman, Kawan YEC bisa berlatih untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Berbicara dalam bahasa Inggris memang salah satu cara untuk meningkatkan speaking skill. Namun, listening skillmu juga akan meningkat karena kamu perlu menyimak apa yang dikatakan lawan bicaramu.

 

Kawan YEC bisa juga mencari teman dari luar negeri, terutama mereka yang merupakan native speaker bahasa Inggris. Interaksi langsung seperti percakapan akan meningkatkan listening skill dan speaking skillmu. 

 

Demikianlah, Kawan YEC, tips meningkatkan listening skills. Listening skill yang baik akan membantu kalian memahami komunikasi dengan baik. 

 

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, listening skills adalah kemampuan yang wajib dikuasai, Listening skills adalah salah satu kemampuan yang paling umum diuji dalam tes kemampuan bahasa seperti TOEIC. 

 

TOEIC atau Test Of English for International Communication adalah sebuah tes didesain khusus untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris sehari-hari dalam konteks dunia kerja internasional. Bila listening skillmu baik, tentunya kamu akan mendapat skor tinggi dalam TOEIC.

 

TOEIC sebagai tes kemampuan bahasa Inggris, bisa membawamu menuju berbagai kesempatan yang dapat mengubah hidupmu. Ratusan jenis beasiswa dan lowongan kerja di luar negeri menunggu para peraih skor tertinggi dalam TOEIC. 

 

Ingin meraih kesempatan yang sama juga? TOEIC bisa mengantarkanmu menuju hidup yang lebih baik. Jika kamu mencari penyelenggara TOEIC, kami punya jawabannya untukmu.

 

YEC sebagai CTAS (Certified Test Administration Site) resmi dari ITC menyelenggarakan TOEIC® Listening & Reading khusus untuk Kawan YEC. Dilaksanakan secara online, tes yang berbasis CBT ini bisa kamu ikuti di mana saja. KLIK DI SINI untuk daftar TOEIC® Listening & Reading dan klaim kupon diskon untuk mendapatkan potongan harga!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top