Panduan Menyusun Rencana Studi LPDP Dalam Negeri

0
3594

Setelah kemarin membahas mengenai surat rekomendasi dan statement of purpose, kali ini admin akan membahas mengenai persyaratan dokumen lain yaitu panduan menyusun rencana studi.

Mengutip booklet panduan pendaftaran LPDP, berikut adalah ketentuan rencana studi :

  • Deskripsikan rencana perkuliahan dan sks per-semester yang akan ditempuh hingga selesai studi.
  • Deskripsikan topik apa yang akan Saudara tulis dalam tesis.
  • Deskripsikan aktivitas di luar perkuliahan yang akan Saudara lakukan selama studi.
  • Melampirkan daftar silabus perkuliahan [kuliah studi lapangan (field study) yang mengeluarkan biaya tambahan tidak dibiayai oleh LPDP]

Untuk menulis rencana studi, kamu harus :

  1. Memiliki topik penelitian.
    Meskipun hanya berupa judul atau rancangan kasar. Setidaknya kamu mengetahui garis besar apa yang akan kamu teliti dan bagaimana melakukan penelitian tersebut. Serta referensi akademik (jurnal, tesis, disertasi) dari penelitian yang akan kamu lakukan. Sangat ideal jika referensi tersebut dilakukan oleh pengajar atau mahasiswa pascasarjana di jurusan yang kamu tuju.
    Jika kamu belum ada ide, segeralah susun. Topik penelitian ini sangat vital, bahkan hampir wajib jika kamu studi S2, bahkan jika tanpa beasiswa. Topik penelitian ini akan menjadi pembahasan utama saat tahap wawancara. Jadi, kamu harus memiliki alasan yang mencukupi kenapa memilih topik ini.
  2. Jurusan dan kampus yang kamu tuju
    Pilihlah kampus yang paling bisa mengakomodir pelaksanaan topik penelitian. Hal tersebut bisa dari mata kuliah nya yang sangat sesuai dan membantu pencapaian penelitianmu, atau karena ada pengajar, atau alumni pascasarjana yang melakukan penelitian yang serupa / penelitiannya bisa menjadi landasan teori / pendukung penelitianmu.

Jika kamu sudah memiliki dua hal di atas, menyusun rencana studi sangat mudah.

  1. Buka website jurusan pascasarjana yang kamu tuju.
    Semisal kamu ingin mengambil Pascasarjana Ilmu Lingkungan di UI, silakan buka sil.ui.ac.id
  2. Cari bagian kurikulum.
    Untuk ilmu lingkungan UI ada di http://sil.ui.ac.id/kurikulum-s2/
  3. Kurikulum terbagi ke mata kuliah wajib dan pilihan / peminatan.
    Seperti Ilmu Lingkungan UI, ada tiga peminatan :
    – Manajemen Lingkungan Industri
    – Perencanaan pembangunan berkelanjutan
    – Proteksi Lingkungan
    Kamu bisa menyalin tabel kurikulum sebagai rencana peminatan yang kamu ambil
  4. Pilihlah salah satu mata kuliah yang relevan dengan topik penelitian, kemudian jelaskan.
    Jelaskan alasan pemilihan kampus yang kamu tuju, bukan kampus lainnya
    Melanjutkan contoh di atas, kamu harus bisa memberikan penjelasan kenapa kamu memilih Pascasarjana Teknik Lingkungan di UI, bukan di kampus lain yang memiliki jurusan teknik lingkungan seperti ITB, ITS atau UNDIP

Semisal topik penelitian mu adalah tentang pengelolaan air minum. Setelah browsing publikasi mengenai pengelolaan air. Kamu memilih teknik lingkungan UI karena ada pengajar Prof. Dr. Ir Djoko M Hartono, S.E., M.Eng. yang memiliki banyak publikasi di bidang tersebut.

Cantumkan beberapa judul publikasi tenaga pengajar yang terkait dengan topik penelitianmu

Sebagai contoh, berikut adalah publikasi Prof Djoko M Hartono terkait pengelolaan air :

  • Jurnal Purifikasi Vol 12 No.2 Surabaya Desember 2010 ISSN 1411-3456 6 Evaluasi Unit enolahan Air Minum Instalasi PDAM Rawa Lumbu 4 Bekasi
  • 42nd APACPH Conference BICC, Nusa Dua, Bali, 24-27 November 2010 9 Penentuan Indikator Pencemaran Air Dengan Pendekatan Indek Kualitas Air Pada Air Baku Air Minum Dari Saluran Tarum Barat: (Djoko M.Hartono; Sulistyoweni W; Dwita Sutjiningsih)
  • Jurnal Lingkungan Tropis ISSN 1978-2713 Volume 3 Nomor 1 Maret 2009 10 Pendekatan Statistik Untuk Menentukan Parameter Dominan Dalam Pengelolaan Kualitas Air Baku: ( Setyo S. Moersidik, Djoko M. Hartono)
  • Jurnal Lingkungan Tropis ISSN 1978-2713 Volume 3 Nomor 1 Maret 2009 11 The Changes of Surface Water Characteristic as Raw Water Source for Water Supply Treatment Plant in Jakarta: ( Djoko M. Hartono )
  • The Eleventh East Asia-Pacific Conference on Structural Engineering and Construction (EASEC 11)- Taipei, Taiwan, ISBN 978-986-80222-4-9 12 Pengaruh Perubahan Karakteristik Air Baku Terhadap Kesediaan Membayar Pelanggan Air Minum Di Jakarta:( Djoko M. Hartono )
  • Jurnal Teknologi Edisi 4 Tahun 22 Desember 2008, 247-257, ISSN 0215-1685 13 Factor Affecting on Sustainability of Water Supply – Case Study on Buaran Water Treatment Plant in the City of Jakarta : ( Djoko M. Hartono )

Semakin kamu bisa menjelaskan relevansi topik penelitian, pemilihan jurusan, pemilihan kampus, maka rencana studi kamu akan makin menarik. Resource lebih lanjut untuk menyusun rencana studi :

http://kikyedward.com/2016/05/16/tips-menulis-study-plan-rencana-study/ (disertai contoh)

http://yudiantoaan.blogspot.co.id/2016/03/rencana-studi.html

Panduan Menulis Esai: LPDP (Rencana Studi)

Panduan Menyusun Rencana Studi LPDP Dalam Negeri
5 (100%) 2 votes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.