20 Keuntungan Menguasai Bahasa Inggris

Hai hai Kawan YEC! Di zaman globalisasi seperti sekarang, sekat-sekat dunia seakan menghilang. Kita jadi bisa mengetahui berita dari belahan bumi lain. Barang dan jasa pun dengan mudah beredar di dalam negeri. Hampir kebanyakan berita, barang dan jasa itu menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar informasi. Nah, agar selalu up to date dengan berita terkini, maka belajar bahasa Inggris sangat direkomendasikan.

Selain agar up to date, apa lagi sih manfaat belajar bahasa Inggris? Tanpa berlama-lama, yuk kita bahas 20 manfaat belajar bahasa Inggris !

  • Memperluas pengetahuan akademis

Sudah bukan rahasia lagi ya, jika kita belajar maka pengetahuan kita juga akan bertambah. Begitu juga dengan belajar bahasa Inggris. Selain memperkaya pengetahuan dengan kosakata dalam bahasa Inggris, bila kita menguasai bahasa universal ini kita juga dapat belajar dari sumber-sumber berbahasa Inggris seperti artikel dan jurnal penelitian yang kebanyakan belum diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

  • Memudahkan untuk berkomunikasi dengan orang lain

Bila kita hanya bisa berbicara dalam satu bahasa saja, maka percakapan kita hanya terbatas dengan orang yang berbahasa sama dengan kita. Lain halnya kalau kita bisa berbicara dengan bahasa lainnya seperti bahasa Inggris. Kita akan lebih mudah berkomunikasi dan membangun jaringan dengan orang-orang dari penjuru dunia.

  • Membuatmu terlihat berkharisma

Manfaat lain dari menguasai bahasa Inggris adalah membuat Kawan YEC terlihat keren. Orang yang mampu berbicara dalam bahasa lain akan terlihat lebih mengesankan. Dengan menyisipkan beberapa kata atau frasa bahasa Inggris dalam percakapan atau obrolan pesan, Kawan YEC akan terlihat lebih pintar loh!

  • Merasa aman ketika pergi ke negara lain

Bila Kawan YEC suka travelling, maka penguasaan akan bahasa Inggris menjadi hal yang wajib dilakukan. Kenapa? Karena dengan menguasai bahasa Inggris, kita jadi tahu apa yang dibicarakan orang-orang ketika kita bertandang ke negara mereka. Kita bisa menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi bila kita tidak menguasai bahasa Inggris. Selain itu, destinasi wisata kita juga akan lebih luas jika kita menguasai bahasa Inggris.

  • Membuatmu percaya diri

Berkaitan dengan manfaat ketiga, menguasai bahasa Inggris akan membuatmu lebih percaya diri. Bila kita menguasai satu kemampuan, kita akan dipandang mampu oleh orang lain, dan kadar kepercayaan diri kita akan meningkat.

  • Meningkatkan daya konsentrasi

Berbicara dalam bahasa asing seperti bahasa Inggris akan meningkatkan daya konsentrasi kita. Susunan kalimat dan kata-kata yang berbeda dari bahasa Indonesia akan menuntut kita untuk lebih fokus agar dapat menyampaikan gagasan dengan baik dalam bahasa Inggris. Karenanya, belajar bahasa Inggris akan lebih meningkatkan fokus kita.

  • Meningkatkan rasionalitas

Mungkin Kawan YEC bertanya-tanya, apa hubungannya menguasai bahasa Inggris dengan rasionalitas? Ketika kita mempelajari bahasa baru, otak akan memproses masalah-masalah yang kita hadapi dan menyediakan beberapa pilihan-pilihan yang bisa diambil. Pilihan-pilihan ini berkaitan dengan proses pengambilan keputusan berdasarkan logika, tidak hanya dengan emosi semata. Jadi, dengan belajar hingga menguasai bahasa lain, kita bisa meningkatkan kecerdasan atau rasionalitas kita.

  • Meningkatkan keterampilan negosiasi

Tahukah Kawan YEC, bila kita mempelajari bahasa baru maka keterampilan negosiasi kita akan meningkat? Ini terjadi karena kita belajar mengenai sudut pandang orang lain dan cara mengantisipasinya, serta cara meresponnya. Hal-hal ini berkaitan dengan proses negosiasi. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk menguasai bahasa lain seperti bahasa Inggris. 

  • Mudah memahami teknologi

Saat ini, banyak penghasil produk-produk eletronik dari negara Barat maupun dari Timur. Dalam pengoperasian produk-produk teknologi ini, kebanyakan bahasa pengantarnya adalah bahasa Inggris. Karenanya, penting bagi kita untuk menguasai bahasa Inggris agar kita mampu memahami teknologi dengan lebih baik.

  • Pendidikan yang lebih baik

Penguasaan bahasa Inggris akan mengantarkan kita menuju kesempatan pendidikan yang lebih baik. Ini terbukti dari banyaknya beasiswa ke luar negeri yang mencantumkan persyaratan penguasaan bahasa Inggris bagi para pelamarnya. Dengan menguasai bahasa Inggris, Kawan YEC sudah mengantongi salah satu persyaratan untuk melamar beasiswa loh.

  • Prospek kerja yang lebih baik

Bila bekal pendidikan dipersiapkan dengan baik, maka prospek pekerjaan juga akan lebih baik. Penguasaan bahasa Inggris yang baik sejak masa sekolah akan memudahkan kita dalam mencari pekerjaan. Dewasa ini banyak perusahaan yang mencari karyawan yang mampu berbahasa Inggris secara aktif maupun pasif. Jadi, bahasa Inggris kalian perlu terus diasah ya.

  • Dapat dicantumkan di CV

Berkaitan dengan dua poin yang sebelumnya, kemampuan bahasa Inggris kalian bisa banget nih untuk dicantumkan di CV atau Curriculum Vitae. Mencantumkan kemampuan bahasa Inggris akan memudahkan rekruter beasiswa atau perusahaan dalam melihat potensi dan keahlianmu. Jadi, jangan lupa dicantumkan ya!

  • Memperluas bisnis

Bila Kawan YEC sedang mengembangkan usaha, maka belajar bahasa Inggris dapat memberi banyak manfaat untuk Kawan YEC. Memasarkan barang dan jasa dalam bahasa Inggris akan memperluas pangsa pasar kalian. Sehingga, bisnis berkembang dan ekspansi bisnis bisa dilakukan.

  • Memperluas kesempatan menemukan jodoh

Pernah berpikir di manakah jodoh kalian berada? Sst, siapa tahu jodoh kalian ada di belahan lain di bumi ini loh, hihihi. Dengan menguasai bahasa Inggris, berkenalan dengan orang lain dari berbagai negara bukanlah hal yang sulit. Kesempatan untuk mendapatkan jodoh tidak terbatas di Indonesia saja, namun juga di luar negeri. Bagi Kawan YEC yang ingin punya suami atau istri bule, tentu tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini ya. Makanya, yuk rajin-rajin belajar bahasa Inggris!

  • Sarana untuk memperkenalkan budaya Indonesia

Pandai berkomunikasi dengan bahasa Inggris yang notabene adalah bahasa universal menjadi kesempatan kita untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia. Seperti yang kerap dilakukan pada pemandu wisata atau tour guide, kita bisa menunjukkan indah dan permainya negara Indonesia pada kawan-kawan kita dari luar negeri dalam bahasa Inggris. 

  • Menambah uang saku

Bagi Kawan YEC yang masih bersekolah, penguasaan bahasa Inggris bisa dijadikan ladang pekerjaan ya. Kalian bisa menjadi penerjemah lepas (freelance translator) atau penulis artikel lepas (freelance writer). Jika kalian pintar mencari peluang, uang saku kalian bukan hanya dalam kurs Rupiah, tapi juga dalam bentuk Dollar. Wow!

  • Bisa menonton film tanpa subtitle

Ini adalah manfaat paling praktis yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. Ketika teman kalian kesusahan membagi fokus untuk melihat adegan film dan membaca subtitle atau takarir, kalian dapat menikmatinya dengan mudah dan menyenangkan. Tidak perlu lagi pusing-pusing membagi perhatian karena kalian menguasai bahasa Inggris!

  • Bisa membaca karya sastra klasik 

Novel-novel sastra yang terbaik berasal dari negara Barat. Terdapat banyak sekali sastrawan termasyhur yang karya-karyanya ditulis dalam bahasa Inggris, seperti Shakespeare, Hemingway, Poe, Jane Austen, dan masih banyak lagi. Meskipun saat ini tersedia novel-novel terjemahannya, namun pengalaman yang dirasakan ketika membaca karya dalam bahasa Inggris tentu akan lebih baik ya. Hal ini bisa kalian alami jika kalian menguasai bahasa Inggris. 

  • Bisa meluapkan emosi tanpa orang lain tahu

Sebenarnya poin ini kurang disarankan ya. Tetapi, jika kalian sedang kesal karena hal buruk sedang terjadi dan ingin meluapkan perasaan kalian, mungkin bisa dicoba untuk mengutarakannya dalam bahasa Inggris. Jika kalian menguasai bahasa Inggris, kalian bisa dengan leluasa meluapkan perasaan kalian tanpa takut banyak orang yang langsung mengetahui.

  • Mendapat skor nilai TOEFL yang bagus

Ini adalah manfaat lain yang paling praktis bila Kawan YEC menguasai bahasa Inggris. Soal-soal dalam TOEFL bisa dikerjakan dengan mudah dan cepat tanpa takut berpikir terlalu lama dan kehabisan waktu. Skor TOEFL yang cemerlang pun dapat Kawan YEC raih.

Demikianlah Kawan YEC, 20 keuntungan menguasai bahasa Inggris. Semuanya bermanfaat dan memudahkan hidup Kawan YEC ya. Nah, bagi kalian yang ingin mendapatkan semua keuntungan ini tapi terhambat karena masih bingung belajar bahasa Inggris dari mana, YEC punya solusinya nih.

Yak, benar! Kelas Online Bahasa Inggris by YEC!

YEC menyediakan kelas online yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Kawan YEC. Tidak tanggung-tanggung, ada 11 kelas online bahasa Inggris yang siap dipilih! Kelas-kelasnya terdiri dari:

  • YEC TOEFL Preparation Online
  • Kelas Online Bahasa Inggris Dasar untuk Karyawan
  • Kelas Online Bahasa Inggris Dasar untuk Mahasiswa
  • Kelas Speaking Dasar 10 Hari
  • Kelas Bahasa Inggris untuk Programmer
  • Kelas Pre-TOEFL – Bahasa Inggris Level Menengah
  • Kelas Bahasa Inggris Menengah untuk Karyawan
  • Kelas TOEFL Structure
  • Kelas Bahasa Inggris untuk Pencari Kerja
  • Kelas TOEFL Listening
  • Kelas TOEFL Reading

Di dalam 11 kelas ini, Kawan YEC akan mendapatkan akses ke puluhan video pembelajaran dan ratusan soal latihan untuk mengasah kemampuan kalian.  Dengan durasi pertemuan dari 10x hingga 40x, Kawan YEC akan dipandu oleh tutor-tutor profesional di grup-grup WhatsApp yang siap membantu kalian dalam memahami materi.  Jika kalian berhasil menyelesaikan kelas, di akhir pertemuan akan ada sertifikat loh. Sertifikat ini berlaku bila dimasukkan ke CV kalian. Wow! Jadi, tunggu apa lagi? Manfaatkan diskon dan kupon untuk mendapatkan potongan harga, dan asah kemampuan bahasa Inggrismu! Sst, jangan kehabisan kuota kelasnya! Kelas terdekat dibuka tanggal 10 dan 25 setiap bulannya, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top