Perbedaan Jenis TOEFL Prediksi, TOEFL iBT, TOEFL ITP dan IELTS

Perbedaan jenis toefl

Perbedaan jenis toefl – Ada beragam tes untuk menguji kemampuan dan kecakapan bahasa Inggris. Masing-masing memiliki bentuk, durasi, tujuan serta biaya yang berbeda-beda.

Sebelum kamu buru-buru mendaftar tes dengan biaya yang tidak sedikit, yuk cari tahu dulu perbedaan masing-masing. Informasi ini cocok banget buat kamu yang sedang :

  • Kamu baru pertama kali mau ngetes kemampuan bahasa Inggrismu secara resmi? 
  • Masih bingung bedanya tes bahasa Inggris itu apa dan bisa buat daftar apa saja? 
  • Pengin melamar kerja tapi wajib punya skor toefl ?

Ada beragam Perbedaan jenis toefl untuk menguji kemampuan dan kecakapan bahasa Inggris. Masing-masing memiliki bentuk, durasi, tujuan serta biaya yang berbeda-beda.

Sebelum kamu buru-buru mendaftar tes dengan biaya yang tidak sedikit, yuk cari tahu dulu perbedaan masing-masing.

TOEFL Prediksi

  • TOEFL Prediksi atau Prediction adalah tes yang digunakan untuk mengetahui perkiraan kemampuan bahasa Inggris kita. Sering disebut sebagai simulasi TOEFL, tes ini memiliki struktur dan bentuk tes yang hampir mirip dengan dengan tingkat kesulitan yang setara TOEFL resmi. Biasanya keterampilan yang diukur hanya Listening, Reading ditambah Structure. 
  • Tes TOEFL Prediksi ideal buat kamu yang belum pernah mengikuti tes TOEFL resmi. Biayanya sangat terjangkau, berkisar antara 75-ribu hingga 250-ribu untuk sekali tes. Sehingga, bila skormu belum memuaskan, kamu tidak rugi-rugi amat dan kamu bisa mengulanginya lagi. 
  • Durasi tes berlangsung sekitar 1 sampai 2 jam. Kamu bisa mendaftar tes TOEFL Prediksi di berbagai lembaga bahasa swasta maupun pusat bahasa di kampus. Kalau kamu tidak memiliki waktu untuk datang ke tempat tes, YEC menyediakan tes prediksi TOEFL yang bisa dikerjakan secara online dan hasilnya bisa langsung diketahui secara instan! Cobain dan kepoin di YEC English Proficiency Online Test ya! 
  • Harap diingat, TOEFL Prediksi hanya bersifat simulasi saja, sehingga biasanya hanya digunakan untuk syarat wisuda, mendaftar kerja dalam negeri, hingga pendaftaran CPNS. Untuk mendaftar beasiswa di luar negeri, gunakan sertifikat TOEFL resmi ya!

Berikut Perbedaan jenis toefl

Jenis TOEFL ITP

  • Berbeda dengan TOEFL iBT, tes TOEFL ITP adalah versi pahe alias paket hematnya. Tes ini berbasis kertas sehingga kamu harus menghitamkan lembar jawab komputer. TOEFL ITP hanya menguji 3 keterampilan saja yaitu Listening, Structure & Written Expression, dan Reading. 
  • Karena tes ini adalah versi murahnya iBT, harga untuk satu kali tes cukup murah yaitu berkisar 450-600 ribu rupiah. Untuk lebih lengkapnya terkait TOEFL ITP, kamu bisa baca tentang Penjelasan, Struktur Tes, dan Masa Berlaku TOEFL ITP. 
  • Ohya, sertifikat dan skor TOEFL ITP hanya berlaku untuk mendaftar beasiswa dalam negeri saja ya. Untuk beasiswa ke luar negeri, kamu bisa menggunakan TOEFL iBT atau IELTS.

Jenis TOEFL iBT

  • Tes TOEFL iBT yang berbasis internet yang dikerjakan secara online lewat komputer, hadir menggantikan tes TOEFL yang berbasis kertas (PBT) dan komputer (CBT). Keterampilan yang diujikan mencakup seluruh skills yaitu Listening, Reading, Writing, dan Speaking. 
  • Tes ini diselenggarakan oleh lembaga asal New Jersey, Amerika Serikat yaitu ETS (Educational Testing Service) ataupun lembaga resmi yang sudah ditunjuk. Kamu bisa mengecek jadwal resminya di sini TOEFL Test Center. Sekali tes, siapkan uang sejumlah 205 USD atau kalau dirupiahkan sekitar 2.9 jutaan (dengan kurs 1 USD = Rp14.300). 
  • TOEFL iBT bisa kamu gunakan untuk apply beasiswa di luar negeri. Jadi, siapkan cuan yang lumayan ya dan tentunya persiapkan dengan belajar semaksimal mungkin agar uang yang kamu keluarkan tidak melayang sia-sia.

Jenis IELTS

  • Berbeda dengan TOEFL yang dikembangkan oleh ETS, tes IELTS dikembangkan oleh tiga lembaga yakni British Council, IDP Education dan Cambridge English Assessment. 
  • IELTS setara dengan TOEFL iBT, sama-sama mengujikan empat keterampilan yaitu Listening, Speaking, Reading dan Writing. Hasil tes IELTS bisa kamu gunakan untuk mendaftar beasiswa di luar negeri. 
  • Harga untuk satu kali tes IELTS General/Academic adalah sekitar 215 USD, jika dirupiahkan adalah 3 jutaan. Kamu bisa cek jadwal dan tempat tes IELTS di link berikut Pendaftaran IELTS di IDP Indonesia.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat perbandingan antar tes kemampuan bahasa Inggris di tabel berikut.

Sudah cukup jelas kan penjelasan di atas? Sebelum mendaftar tes-tes tersebut, pastikan dulu keperluanmu untuk apa lalu persiapkan sedini mungkin dengan belajar latihan-latihan ataupun ikut kursus intensif.

Bila kamu masih butuh latihan-latihan soal dalam bahasa Inggris untuk persiapan sebelum tes TOEFL, bisa nih cek disini Exercise Gratis YEC. Ada ratusan latihan yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu! Selamat berlatih ya!

Untuk kamu yang sudah siap melakukan tes toefl namun terkendala waktu, tempat maupun biaya kamu bisa pakai Toefl Proficiency Test. Pelajari selengkapnya : EPOT ( English Proficiency Test ).

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top