tes toefl ibt

Apa itu Tes Toefl iBT : Pengertian, Kegunaan dan Biaya

Tes TOEFL iBT adalah salah satu jenis tes TOEFL untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris. Tes ini berbasis internet, sesuai dengan singkatan iBT yakni internet Based Test. Keterampilan yang diujikan terdiri dari empat skills yaitu Listening (mendengarkan), Reading (membaca), Writing (menulis), dan Speaking (berbicara).

Tes ini diselenggarakan oleh sebuah organisasi non profit yang bergerak di bidang pengujian dan asesmen pendidikan asal New Jersey, Amerika Serikat yaitu ETS (Educational Testing Service) ataupun lembaga resmi yang sudah ditunjuk. Kamu bisa mengecek jadwal resminya di sini TOEFL Test Center. Untuk sekali tes, siapkan uang sejumlah 205 USD atau jika dirupiahkan sekitar 3.2 jutaan (dengan kurs 1 USD = Rp15.605).

Kegunaan Tes Toefl iBT

TOEFL iBT bisa kamu gunakan untuk apply beasiswa di luar negeri. Jadi, siapkan cuan yang lumayan ya, dan tentunya persiapkan dengan belajar semaksimal mungkin agar uang yang kamu keluarkan tidak melayang sia-sia.

TOEFL menjadi semakin penting jika Kawan YEC menargetkan masuk kuliah melalui jalur beasiswa. Beasiswa Fullbright, Stipendium Hungaricum, dan Australia Awards Scholarship adalah beberapa beasiswa yang menerima TOEFL. Selain penting untuk syarat masuk kuliah di luar negeri, TOEFL juga penting jika Kawan YEC ingin berkarier di luar negeri. Banyak negara yang mensyaratkan bukti kefasihan berbahasa Inggris kepada orang-orang yang akan bekerja di sana. 

Contohnya seperti di Australia. Orang-orang yang mengajukan visa tinggal dan bekerja di Australia harus menunjukkan kemahiran berbahasa Inggris mereka dalam prosesnya. Pemerintah Selandia Baru juga menerima sertifikat TOEFL sebagai bukti kelancaran berbahasa Inggris untuk orang-orang yang termasuk dalam kategori Imigran Terampil.

Struktur Tes

Dikutip langsung dari website ets.org, tes TOEFL iBT terdiri dari empat bagian yakni Reading, Listening, Speaking dan Writing.

Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya seluruh bagian ujian ini adalah kurang lebih selama 2 jam dengan pembagian masing-masing sesi sebagai berikut:

Sesi Durasi Tugas Deskripsi
Reading 35 menit 20 Pertanyaan Membaca teks dan menjawab pertanyaan
Listening 36 menit 28 Pertanyaan Menjawab tentang kuliah singkat atau diskusi di kelas 
Speaking 16 menit 4 Tugas Berbicara tentang topik yang dikenal dan membahas topik yang dibaca dan didengar
Writing 29 menit 2 Tugas Membaca teks, mendengarkan rekaman, mengetikkan respons

Menyatakan dan mendukung pendapat di sebuah diskusi kelas

source: https://www.ets.org/toefl/test-takers/ibt/about/content.html

Cara Penilaian

Penilaian atau skor dalam TOEFL iBT berbeda dengan skor TOEFL ITP. TOEFL iBT memiliki skor maksimal 120 dan masing-masing keterampilan memiliki range skor 0-30. Berikut untuk detail skor dan tingkat kemampuan dari masing-masing keterampilan. Untuk mengetahui lebih lengkap caranya silahkan baca Cara Menghitung Skor TOEFL iBT.

 

Keterampilan Tingkat Kemampuan
Reading Advanced (24–30)
High-Intermediate (18–23)
Low-Intermediate (4–17)
Below Low-Intermediate (0–3)
Listening Advanced (22–30)
High-Intermediate (17–21)
Low-Intermediate (9–16)
Below Low-Intermediate (0–8)
Speaking Advanced (25–30)
High-Intermediate (20–24)
Low-Intermediate (16–19)
Basic (10–15)
Below Basic (0–9)
Writing Advanced (24–30)
High-Intermediate (17–23)
Low-Intermediate (13–16)
Basic (7–12)
Below Basic (0–6)

 

Baca juga : Perbeaan Jenis Tes TOEFL iBT dengan ITP

Persiapan Tes Toefl iBT

  • Pahami format tes dengan jelas

Di atas sudah dijelaskan mengenai struktur tes TOEFL iBT di empat bagian yakni reading, speaking, listening dan writing. Tiap bagian memiliki karakteristik yang berbeda sehingga penting sekali untuk memahami format dari masing-masing bagian.

 

  • Perkaya kosakata

Memperkaya penguasaan kosakata tentunya akan membantu pada saat tes TOEFL iBT seperti di bagian writing ataupun speaking karena kosakata yang digunakan lebih variatif. Perkaya kosakata kalian dengan perbanyak membaca atau mendengarkan podcast.

 

  • Perbanyak latihan

Selain memahami format tes, kalian juga harus memperbanyak latihan dengan soal-soal  TOEFL iBT. Hal ini berguna agar nantinya kalian semakin terbiasa dengan format tes, pertanyaan dan tugas yang akan muncul di tiap bagian.

 

  • Fokus dan tenang

Hal yang tak kalah penting untuk menghadapi tes TOEFL ini adalah tetap fokus dan tenang. Durasi tes yang lama dan soal yang beragam, tak jarang akan membuat konsentrasi buyar. Namun penting untuk tetap fokus dan tenang agar ujian dapat berjalan lancar hingga mendapatkan skor yang diimpikan.

 

Biaya & Tempat Tes Toefl iBT

Biaya untuk mengikuti tes TOEFL iBT sekitar 205 USD atau kalau dirupiahkan sekitar 3.2 jutaan (dengan kurs 1 USD = Rp15.605). Namun biaya ini dapat mengalami fluktuasi menyesuaikan dengan kurs dollar saat pembelian dan harus menggunakan kartu kredit. Lebih lengkap mengenai Informasi Biaya dan Jenis Pekerjaan Menggunakan TOEF iBT.

Untuk kalian yang sedang mencari tes TOEFL iBT dengan harga yang lebih terjangkau dan tanpa menggunakan kartu kredit yuk segera amankan seat kalian di YEC. Amankan tempatmu dengan KLIK DI SINI dan dapatkan kupon diskon menarik!

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top