Tips Mengatasi Bosan Saat Belajar

Saat belajar, kamu pasti pernah atau bahkan sering mengalami kebosanan. Bahkan lebih betah scroll feed di facebook, instagram, dan twitter daripada membaca buku. Sudah scroll semuanya, mulai lagi dari scroll dari aplikasi pertama hingga akhir. Begitu seterusnya dan tanpa kamu sadari berjam-jam berlalu, padahal besok ada ujian? Tidak, kamu tidak boleh menyerah begitu saja.

Untuk mengatasi kebosananmu saat belajar, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Target belajar

Sebelum mulai belajar, tentukan target yang akan kamu kerjakan. Misalnya kamu ingin mengerjakan latihan soal sebanyak 20 nomor. Maka pasang aturan di awal jika kamu sudah berkomitmen untuk mengerjakan 20 soal. Saat itupun kamu juga membuat target tersebut, pastikan bahwa kamu bisa dan akan memenuhi target tersebut. Pasti akan ada perasaan senang ketika kamu mencapai target tersebut.

Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro adalah teknik pengaturan waktu yang dicetuskan oleh Francesco Cirilo. Artinya kamu akan membagi waktu antara belajar dan istirahat dengan tepat. Sebagai contoh, kamu akan mengerjakan tugasmu selama 25 menit. Atur timer di gawaimu selama 25 menit, dan ketika timer-mu berbunyi maka kamu harus istirahat misalnya selama 5 menit. Selama istirahat ini bisa kalian gunakan untuk ke kamar kecil, mengecek gawaimu, peregangan, dsb. Kemudian ulangi hal ini selama 4 kali. Setelah pengulangan pola keempat kalinya, kamu bisa beristirahat dengan waktu yang lebih lama yaitu 15-30 menit.

Perlu diingat, ketika kamu menggunakan teknik ini maka kamu harus menjauhkan segala distraksi misalnya matikan segala notifikasi di aplikasi sosial media, menjauhkan gawai dari jangkauan kalian dan segala bentuk distraksi lainnya yang dapat mengganggumu dalam menyelesaikan tugas.

Reward dan Punishment

Reward (ganjaran) adalah sesuatu yang diberikan sebagai penghargaan yang menyenangkan perasaan atas pencapaian yang sudah didapat. Sedangkan punishment adalah hukuman yang diberikan atas pelanggaran yang dilakukan. Dalam hal ini, reward diberikan ketika kamu mencapai target saat belajar. Misalnya kamu akan memberikan reward berupa bisa scroll social media selama sekian jam. Lalu untuk punishment, kamu bisa berikan berupa tidak boleh main handphone selama setengah hari ketika kamu tidak mencapai target.

Sumber Belajar

Pasti banyak yang gak bisa jauh dari ponsel saat belajar. Nah kamu bisa memanfaatkan handphonemu sebagai sumber belajar. Sehingga sumber belajarmu tidak hanya dari buku saja. Manfaat ponselmu, untuk membuka youtube, google atau bahkan instagram untuk mencari materi dan penjelasan yang lebih rinci mengenai suatu hal. Misalnya saat kamu mengalami kesulitan materi matematika, kamu bisa mencari penjelasan rincinya di youtube. Namun perlu diingat bahwa kamu hanya menggunakan ponselmu sebagai sumber belajar, bukan untuk berselancar di dunia maya.

Suasana belajar

Buat kamu juga yang suka mendengarkan musik saat belajar. Kamu bisa memutar lagu untuk menemani belajar. Pilihlah lagu yang memang cocok untuk menunjang belajarmu. Jangan memilih lagu yang membuatmu bernyanyi terus menerus dan mengalihkan fokus belajarmu. Misalnya kamu bisa memutar musik klasik saat belajar matematika. Musik klasik bisa membuat pikiran jernih karena irama yang menenangkan.

Belajar kelompok

Tips selanjutnya yang bisa kamu terapkan adalah ikut komunitas belajar, yang lebih dikenal dengan belajar kelompok. Dengan belajar bersama teman-teman, kamu bisa terhindar dari kebosanan daripada belajar sendiri. Tapi perlu diingat bahwa fokus utamamu adalah fokus belajar, bukan malah asyik mengobrol. Maka pastikan kamu mencari teman belajar dengan tujuan yang sama, yaitu belajar.

Niat yang Kuat

Semua tips tadi dapat dilakukan dengan baik apabila kamu mempunyai niat yang kuat. Karena tanpa adanya niat, semua tips tadi akan sia-sia. Maka kuatkan niat kamu untuk fokus belajar agar semua kebosanan yang datang, tidak akan mempengaruhi fokus belajar.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi kebosanan saat belajar. Semoga bermanfaat dan semangat belajar!

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kenali kemampuan Bahasa Inggrismu sekarang! GRATIS! Quick English Test

x
Scroll to Top