Tips Menghadapi Hari Pertama Masuk Kuliah

Besok adalah hari pertama kamu kuliah? Pelajari tips berikut ini

Kalian pasti senang ketika sudah lulus masa SMA dan akhirnya menjadi mahasiswa baru di universitas impian. Namun, banyak dari kalian yang mengalami kebingungan untuk menghadapi hari pertama kuliah. Apakah kamu termasuk salah satunya? Tenang, berikut adalah beberapa tips bagi kalian yang akan memasuki hari pertama kuliah. 

  1. Jangan Telat

    Usahakan untuk memasang alarm kamu sehingga kamu tidak akan terlambat bangun di pagi hari. Sebaiknya juga kamu tidak tidur larut malam jika besoknya adalah hari pertamamu kuliah. Hindarilah datang terlambat ke kelas karena bisa saja kamu diusir oleh dosenmu. Akan lebih baik jika kamu datang lebih awal sehingga kamu memiliki waktu lebih untuk mengenali teman-temanmu atau mencari ruangan kelasmu.

  2. Jangan Lupa Jadwal dan Ruangan

    Pastikan kalian sudah mendapatkan jadwal kuliah dan ruangan kelasmu. Pastikan juga kamu datang ke kampus lebih awal sehingga kamu bisa mencari dulu ruangan kelasmu berada di gedung apa dan ruang berapa. Juga supaya kamu tidak terlambat di hari pertama perkuliahan. 

    Expect the Unexpected! Meskipun kalian bisa memastikan jadwal dan ruangan kelasnya, kalian perlu memastikan tidak ada perubahan jadwal mendadak oleh dosen. Jika kalian mengalami kebingungan, kalian bisa menanyakan kepada bagian akademik. Usahakan selalu untuk tidak terlambat.  

  3. Jangan Membolos

    Ingatlah bahwa perjuangan diperlukan untuk bisa masuk ke universitas impianmu. Jangan pernah membolos kelas yang kamu ambil karena kamu bisa ketinggalan materi yang diajarkan hari itu. Selain itu, ketidak hadiranmu dapat mengurangi nilai mu dalam satu semester karena ketentuan yang berlaku di suatu universitas. 

  4. Bawa Peralatan Kuliah

    Hal ini penting kamu perhatikan dan usahakan jangan sampai terlupakan. Besar kemungkinan beberapa dosen tidak memberikan materi di hari pertama kegiatan perkuliahan, namun kamu harus siap membawa peralatan tulis agar kamu bisa mencatat hal-hal penting yang disampaikan saat itu, seperti email atau nomor telepon dosen. 

  5. Kenali 5 teman pertama

    Hari pertama kegiatan perkuliahan adalah titik awal kamu bisa mengenali orang-orang yang akan menjadi teman di kelasmu. Tentunya kamu tidak ingin kan menjadi tahun-tahun mu di universitas sendirian? Nah, kamu bisa memanfaatkan hari pertama perkuliahan untuk berkenalan dengan teman-teman mu satu program studi. Minimal kenalilah 5 teman, mulai dari yang duduknya terdekat dengan kamu. Kamu tidak perlu hang out atau menyukai mereka semua, tetapi sebaiknya kamu membina hubungan baik dengan mereka.

Semoga beberapa tips di atas bermanfaat untuk kamu dalam menjalani hari pertama kegiatan perkuliahanmu ya!

Share :

2 thoughts on “Tips Menghadapi Hari Pertama Masuk Kuliah”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kenali kemampuan Bahasa Inggrismu sekarang! GRATIS! Quick English Test

x
Scroll to Top