Tips Menulis CV bagi Fresh Graduate

Saya fresh graduate. Apa yang bisa saya tulis di CV saya? Kan saya belum punya pengalaman kerja.  

Setelah lulus kuliah, pasti tahapan selanjutnya yang kamu tempuh adalah mencari pekerjaan. Untuk kamu yang sudah mempunyai pengalaman kerja, tentunya bukan hal yang sulit bagimu untuk menulis CV. Tetapi bagi fresh graduate, terkadang mereka mengalami kesulitan saat menentukan apa saja yang harus ditulis di CV, terutama perihal pengalaman kerja. Namun tak perlu khawatir, di artikel ini akan membahas beberapa hal yang bisa kamu cantumkan dalam CV bagi fresh graduate.

  1. Pengalaman Organisasi

    Pada bagian CV, kamu bisa menuliskan pengalaman organisasi yang pernah kamu ikuti. Kamu bisa menuliskan pengalamanmu berorganisasi karena hal ini bisa menunjukkan kemampuan dan keterampilan misalnya dalam mengelola pekerjaan, menunjukkan jiwa kepemimpinan, membuat perencanaan, dsb. Berikan pula penjelasan mengenai posisi, tugas dan prestasi yang kamu capai saat berorganisasi. Misalnya saat posisimu sebagai bendahara dan saat kamu menjabat, kondisi keuangan menjadi lebih baik. Bagi kamu lulusan SMA dan bergabung dengan OSIS, kamu bisa mencantumkan pengalamanmu misalnya mengadakan acara yang menghadirkan bintang tamu seperti Noah dengan penonton sebanyak 5000.

  2. Pengalaman PKL, Magang

    Kamu juga bisa menuliskan pengalaman magang atau PKL yang pernah kamu ikuti. Pengalaman kerja juga dapat diartikan sebagai pengalaman melakukan kegiatan yang memiliki nilai profesionalisme. Sehingga tidak ada salahnya untuk mencantumkan pengalaman ini di CV. Pengalaman ini akan menjadi nilai positif terlebih jika ada keterkaitan antara bidang studi, tugasmu saat magang/PKL dengan posisi yang kamu lamar.

  3. Pengalaman Ekskul / UKM Kampus

    Kamu juga bisa mencantumkan pengalaman ekstrakurikuler atau UKM kampus yang pernah kamu ikuti dengan catatan bahwa saat mengikuti kegiatan tersebut kamu pernah mendapatkan prestasi, misalnya memenangkan kejuaraan tingkat provinsi maupun nasional. Selain itu, kamu juga bisa mencantumkan kepanitian yang kamu ikuti saat aktif di mengikuti ekskul/UKM tersebut.

  4. Pengalaman Volunteer

    Saat libur sekolah atau kuliah mungkin kamu pernah mengikuti kegiatan volunteer, maka kamu bisa mencantumkannya di CV. Jelaskan secara singkat mengenai kegiatan volunteer yang kamu ikuti, seperti posisi, tugas dan pencapaian selama kamu menjadi volunteer. Hal ini tentunya bisa menjadi penilaian dari HRD meskipun kamu seorang fresh graduate.

  5. Pelatihan/Keahlian

    Hal selanjutnya yang bisa kamu tuliskan di CV adalah pelatihan dan keahlian. Cantumkan pelatihan dan keahlian yang kamu pernah kamu ikuti, kuasai dan relevan dengan posisi yang kamu lamar. Kemudian sertakan bukti otentik berupa sertifikat dan portofolio. Misalnya kamu menuliskan kemampuan bahasa asingmu bagus, maka lampirkan sertifikat bahasanya. Kemudian kamu juga menyatakan memiliki keahlian design, maka untuk menunjang pernyataanmu, kamu juga bisa melampirkan portofoliomu.

  6. Pencapaian atau Prestasi

    Kamu juga bisa mencantumkan prestasi yang kamu dapat saat bersekolah. Jelaskan prestasi apa, tahun diselenggarakan dan penyelenggaranya. Tapi perlu diingat bahwa prestasi yang kamu cantumkan relevan dengan posisi yang sedang kamu lamar.

Karena itu buat kamu yang masih kuliah, segera lakukan salah satu dari 6 hal di atas, agar CV mu tidak polos seperti kanvas putih.

Nah pertanyaannya sekarang, bagaimana jika saya sudah lulus tapi tidak memiliki keenam hal tersebut? Tenang tak perlu khawatir, ada beberapa hal yang tetap bisa kamu lakukan untuk memperkeren CV kamu saat sudah lulus.

  1. Kamu bisa mengikuti kegiatan volunteer. Informasi mengenai kegiatan yang membutuhkan volunteer bagi umum, bukan hanya mahasiswa/mahasiswi bisa kamu cari dengan mudah, misalnya di instagram.
  2. Ikuti pelatihan yang tentunya bisa meningkatkan keahlian kamu pada bidang tertentu. Hal ini akan menjadi poin positif di CVmu terlebih apabila sangat relevan dengan posisi yang kamu lamar.
  3. Ikut kompetisi sesuai dengan minat dan bakatmu. Pilih kompetisi tingkat nasional misalnya. Jika kamu memenangkan kompetisi, tentu hal ini akan membuat CV kamu tidak hanya polos saja dan akan menjadi penilaian positif dari perekrut untuk menggali kemampuan dan keterampilan yang kamu miliki.

Dan perlu diingat untuk mencantumkan hal-hal tersebut apabila memang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Di materi selanjutnya akan ada materi mengenai persiapan berkas untuk melamar kerja, so stay tune ya!

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kenali kemampuan Bahasa Inggrismu sekarang! GRATIS! Quick English Test

x
Scroll to Top