Akun Instagram Untuk Mencari Lowongan Kerja

Kamu fresh graduate?

Pernah nyari loker di instagram?

Sudah kirim lamaran tapi tidak ada panggilan?

Atau malah pernah tertipu loker di instagram?

Lalu bagaimana mengidentifikasi sebuah lowongan kerja yang bukan tipu tipu di instagram?

Di artikel ini kita akan membahas akun akun yang valid untuk cari lowongan kerja kemudian tips untuk mengidentifikasi lowongan kerja yang bukan tipu tipu.

Akun Loker Terpercaya

Mari kita mulai dengan membahas akun terpercaya di instagram karena informasi yang diberikan jelas. Akun-akun ini bisa kamu gunakan untuk mendapatkan info lowongan pekerjaan sesuai dengan kualifikasi yang kamu punya. Sehingga kamu bisa mendapatkan pekerjaan idaman.

@forumhumasbumn

Akun instagram ini paling terpercaya karena dikelola resmi oleh humas BUMN. Pada akun ini kamu bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di berbagai BUMN di Indonesia. Selain mendapatkan informasi lowongan kerja, kamu juga akan mendapatkan informasi mengenai program-program di BUMN. Untuk mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja di BUMN, kamu bisa mengecek akun ini secara berkala. Akun ini melakukan update secara rutin jika ada BUMN yang sedang membuka lowongan kerja. Jika ada lowongan kerja, akun ini akan menyertakan informasi mengenai BUMN yang sedang membuka lowongan, misalnya PT KAI beserta dengan formasi, kualifikasi yang dibutuhkan dan deadline pendaftarannya. Jika mereka tidak menyertakan formasi, kualifikasi yang dibutuhkan dan informasi lainnya, kamu bisa melihat informasi lebih rinci di website yang dicantumkan pada informasi yang mereka berikan.

Loker DISNAKER Kotamu

Untuk kamu yang tidak boleh pergi jauh dari rumah, kamu bisa mencoba mencari lowongan kerja di akun instagram yang dikelola oleh disnaker (dinas tenaga kerja) di kota kamu. Ada beragam informasi lowongan pekerjaan yang dapat disesuaikan dengan kualifikasimu. Di akun instagram tersebut memuat informasi mengenai perusahaan, formasi, kualifikasi dan deadline pendaftarannya.

@LOKERNAS

Akun berikutnya yang bisa kamu cek untuk mencari informasi lowongan kerja yaitu lokernas. Pada akun instagram ini kamu akan menemukan informasi lowongan kerja yang beranekaragam, baik itu swasta, BUMN, non PNS maupun CPNS. Namun biasanya akun ini hanya menyediakan informasi meliputi nama perusahaan, badan umum, dinas, lembaga maupun kementerian, formasi yang dibutuhkan, batas waktu pengiriman berkas atau pendaftaran, dan persyaratan umum. Untuk informasi lebih rinci, misalnya mengenai deskripsi pekerjaan dan tata cara pengiriman berkas, kamu bisa mencarinya di website yang dimiliki oleh akun ini. Di Akun ini, kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai job fair atau career expo yang diselenggarakan di kota tertentu.

@LOKERNAS.ID

Tidak jauh berbeda dengan akun lokernas, pada akun ini kamu bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di swasta, BUMN, non PNS maupun CPNS. Namun biasanya akun ini hanya menyediakan informasi yang menampilkan tampilan judul artikel lowongan kerja pada website yang dimiliki oleh akun ini misalnya “Lowongan Kerja PT Astra Daihatsu” beserta tanpa memberikan informasi seperti formasi dan kualifikasi yang dibutuhkan, batas waktu pengiriman berkas atau pendaftaran, persyaratan umum, deskripsi pekerjaan dan tata cara pengiriman berkas. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, kamu bisa mencarinya di website yang dimiliki oleh akun ini. 

@cpns_bumn

Akun instagram lainnya yang bisa kamu cek untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yaitu cpns_bumn. Pada akun ini kamu bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan meliputi nama perusahaan, formasi yang dibutuhkan dan persyaratannya. Namun terkadang mereka tidak menyertakan informasi mengenai formasi dan berkas yang dibutuhkan. Kamu bisa mendapatkan informasi tersebut dengan melihatnya di sehingga website yang mereka kelola. 

Loker Tiap Ibu Kota Provinsi

Misalnya kamu adalah orang jogja atau kamu sedang mencari lowongan pekerjaan di Jogja, maka kamu bisa cek di akun instagram lowkerjogja, jogjaloker, dsb. Biasanya akun lowongan kerja di instagram akan menyertakan kata lowker atau loker di belakang atau di depan nama kota. Ada beragam lowongan di ibu kota tersebut pun dengan berbagai latar belakang pendidikan. Kamu bisa memilih lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasimu. Apabila kamu memang memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, tidak ada salahnya untuk mengirimkan lamaran pekerjaan.

Loker Kota

Informasi lowongan kerja juga bisa kamu dapatkan di akun lowongan kerja di kotamu. Apabila kamu ingin mencari pekerjaan di kota Solo maka kamu bisa cek di akun instagram lowkersolo, sololoker, dsb. Nah sama halnya dengan akun loker di ibu kota, akun lowongan kerja di kota tertentu juga bisa kamu cari dengan kata kunci seperti lowker atau loker yang diikuti dengan nama kota dibelakang atau didepan kata-kata tersebut. Ada beragam lowongan di ibu kota tersebut yang bisa kamu coba untuk melamar kerja sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Akun Resmi Perusahaan 

Akun instagram berikutnya yaitu akun resmi milik perusahaan. Misalnya kamu bisa mengecek akun sucofindoofficial untuk mendapatkan informasi perekrutan karyawan baru. Contoh lainnya adalah YEC. Selain menginformasikan di web resmi, YEC juga memberikan informasi mengenai perekrutan karyawan baru di akun instagram. 

Dari Hashtags

Selain mencari informasi lowongan kerja dari akun-akun tersebut, kamu juga bisa mencarinya melalui hashtags. Kamu bisa dengan mudah mengetik hashtags yang ingin kamu cari di instagram. Untuk hashtag yang lebih spesifik langsung ke lowongan kerjanya kamu bisa menggunakan hashtag #lowonganmarketing, #lowongansekretaris, dsb. Kamu juga bisa mencari pekerjaan berdasarkan lokasi misalnya #jogjaloker , #lowkerjogja atau hashtags lainnya yang menunjukkan lowongan kerja di kota tertentu.

Nah itu tadi beberapa akun instagram yang bisa kamu cek untuk mendapatkan lowongan pekerjaan di instagram. Bagaimana? Informasi menarik bukan? Rajinlah mengecek akun tersebut untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan terbaru. Sekarang mari beralih ke tips yang bisa kamu gunakan untuk mengidentifikasi lowongan.

Tips Mengidentifkasi Lowongan Tipu Tipu

Setelah tadi kita telah membahas beberapa akun instagram yang bisa digunakan untuk mencari lowongan kerja, berikutnya admin akan bagikan beberapa tips untuk mengidentifikasi lowongan kerja di instagram.

  1. Jangan langsung percaya.
    Iya sih kalian memang sedang terpacu untuk mencari kerja, tapi sebaiknya kamu tidak langsung percaya pada setiap ada lowongan kerja yang dipublikasikan.
  2. Cek terlebih dahulu apakah lowongan tersebut memang benar atau palsu. Kamu bisa melakukan pengecekan di web resmi milik perusahaan tersebut. Jika memang web resmi perusahaan tersebut terdapat pengumuman lowongan kerja seperti yang diunggah oleh akun instagram itu, maka dapat dipastikan bahwa lowongan tersebut valid. 
  3. Hindari jika harus bayar di depan
    Satu hal yang perlu diingat ketika kalian mencari lowongan kerja. Apabila pada lowongan tersebut terdapat info mengenai besaran uang yang harus kamu bayarkan di muka, maka kamu patut waspada. Besar kemungkinan itu merupakan penipuan.

Beberapa akun instagram dan tips tadi semoga bisa membantumu mendapat pekerjaan. Admin juga menemukan lowongan pekerjaan di YEC melalui instagram yaitu lewat hastag dan akun lokerjogja. Maka tidak ada salahnya untuk kamu coba. Nah untuk semakin membantumu mengidentifikasi lowongan kerja abal-abal atau penipuan secara lebih spesifik, silakan cek di postingan selanjutnya ya.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kenali kemampuan Bahasa Inggrismu sekarang! GRATIS! Quick English Test

x
Scroll to Top