YEC X Shining Agency UAJY: Talkshow Daring ‘From Body Shaming To Body Proud’

Yogyakarta, 30 Januari 2021

Stigma body shaming di masyarakat Indonesia menjadi hal yang lumrah terjadi hingga akhir tahun 2020 yang lalu. Hal ini mendorong YEC Yogyakarta untuk melakukan gerakan perubahan stigma masyarakat yang di mulai sejak dari internal perusahaan. YEC Yogyakarta di dominasi oleh 80% pekerja perempuan yang terbagi dalam beberapa kategori usia hingga peranan sosial di masyarakat. Manajemen menyadari isu body shaming sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari internal mereka, oleh kesadaran inilah maka kampanye against body shaming mulai diadakan mulai akhir 2020 yang lalu.

Kegiatan tersebut dilakukan atas kerjasama pihak YEC Yogyakarta dengan Shining Agency UAJY. sebagai ‘gong’ dari kampanye against body shaming akhirnya berhasil berkolaborasi dengan narasumber yang pakar di bidangnya. Para narasumber dalam kegiatan ini berasal pakar Psikolog Klinis yang telah banyak menangani kasus cyberbullying hingga masalah keluarga, perempuan dan anak. Sedangkan narasumber lainnya dating dari ranah pendidikan Ilmu Komunikasi yang telah lama menganalisis tentang cyberbullying hingga kebijakan dan strategi TIK. Talkshow Daring ini diangkat dengan mengusung tema “From Body Shaming to Body Proud”.

Kedua pembicara ini hadir untuk memenuhi rasa ingin tahu peserta mengenai isu stigma body shaming yang masih lumrah di masyarakat Indonesia. Narasumber yang pertama yaitu Made Ayu Wahyuning Prativi, S.Psi., M.Psi Psikolog Klinis Perlindungan Perempuan dan Anak Provinsi Bali. Narasumber kedua Dr. Phil. Yoseph Bambang Wiratmojo, S.Sos., M.A Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poslitik serta Dosen Program Studi S2 Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Kampanye bertujuan untuk mengedukasi dan memberikan rasa percaya diri kepada masyarakat terutama korban body shaming. Talkshow Daring juga didukung oleh penerjemah bahasa isyarat Tuti Nuruli Adha yang membantu teman-teman disabilitas untuk mengikuti kegiatan. Talkshow Daring dilaksanakan melalui aplikasi Zoom, sehingga masyarakat yang mengikuti kegiatan dapat berasal dari berbagai tempat diseluruh Indonesia, tidak hanya menyasar mahasiswa tetapi dibuka untuk umum. Peserta kegiatan ini terbilang cukup banyak dan sangat antusias karna tidak hanya berasal dari Yogyakarta namun berbagai daerah di Indonesia, yang paling jauh dari NTT.

Beberapa pesan menarik dari narasumber selama kegiatan berlangsung salah satunya tentang mencintai atau mensyukuri diri sendiri “Self Care Is A Luxury, Semua Akan Mudah Bila Kamu Mampu Menerima dirimu” yang dikemukan oleh Made Ayu Wahyuning Prativi, S.Psi., M.Psi. Talkshow Daring terlaksana dengan baik “From Body Shaming to Body Proud” serta diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang baru bagi peserta. Manajemen YEC Yogyakarta berharap dengan adanya kegiatan kampanye ini membuka ruang berpikir baru bagi teman-teman peserta dan publik secara luas mengenai isu dan stigma body
shaming di masyarakat Indonesia.


Untuk informasi lebih lanjut dan kebutuhan gambar silahkan menghubungi:

Samantha Luhukay
Public Relations Officer
PT Yureka Edukasi Cipta (yec.co.id Yogyakarta)
Jl. Palm Hijau 120, Sidoarum, Godean, Slema, DIY- Yogyakarta
t : +62-74 584 652
m : +62 812 2654 1048 (WA)
e : [email protected]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
Scroll to Top