Pengertian, Tujuan, Generic Structure, Ciri-ciri, dan Contoh News Item Text

Kawan YEC, apakah kalian sering membaca koran atau membaca situs berita? Kalau iya, maka kalian tidak asing dengan teks bergenre news item

Untuk kalian yang sedang mencari materi mengenai news item text, maka kalian sudah berada di artikel yang tepat. Artikel ini juga cocok untuk kalian yang ingin tahu soal:

  1. pengertian news item text
  2. tujuan news item text
  3. ciri ciri news item text
    • news item bahasa inggris
    • news item text adalah
    • news item text bahasa inggris
    • news item generic structure
    • news item adalah      

Yuk, langsung saja mari kita simak penjabarannya di bawah ini!

Pengertian News Item Text

News item text adalah sebuah genre teks yang berisi tentang kejadian yang perlu diberitakan atau memiliki newsworthy value.

Tujuan News Item Text

Tujuan penulisan news item text adalah untuk menginformasikan kepada orang-orang mengenai peristiwa yang layak diberitakan.

Generic Structure News Item Text

Terdapat 3 bagian dari news item text. Bagian-bagian tersebut adalah:

  • Main Event

    Bagian ini memuat tentang ringkasan berita atau peristiwa dengan inti yang mudah dipahami.

  • Elaboration

    Bagian Elaboration berisi tentang hal-hal yang lebih terperinci mengenai peristiwa tersebut. Penting untuk memuat pola 5W + 1H dalam bagian ini. Dengan menuliskan secara rinci mengenai peristiwa apa yang terjadi, siapa yang terlibat, di mana tempat kejadian, kapan waktu terjadinya, penyebab kejadian, serta bagaimana proses kejadiannya, pembaca akan mendapatkan konteks yang jelas mengenai perisitiwa yang dibahas.

  • Resource of Information

    Bagian paling akhir dari news item text adalah sumber berita. Sumber berita bisa berasal dari pernyataan lisan dari narasumber, jurnal ilmiah, dan saksi mata. Keaslian atau keabsahan sumber juga patut diperhatikan dalam penulisan bagian ini.

Ciri-ciri News Item Text

  • Menggunakan Past Tense karena kejadian yang diberitakan biasanya telah usai. Untuk kejadian yang masih berlangsung, bisa menggunakan Present Tense.  
  • News item text fokus pada intinya dan tidak bertele-tele. Teks ini ditulis dengan bahasa yang baik dan benar serta mudah dipahami.
  • Menggunakan nama tempat kejadian di awal kalimat. Misalnya London, Jakarta, Dubai, dan lain-lain.
  • Menggunakan kata kerja kutipan dari sumber. Contohnya informed, told, stated, reported, dan lain-lain. 

Agar KawanYEC semakin paham mengenai materi news item, di bawah ini terdapat contoh mengenai news item text:

Japan’s Parliament elects former diplomat Kishida as new PM

TOKYO (AP) — Japan’s parliament on Monday elected Fumio Kishida, a former moderate turned hawk, as prime minister. He’ll face an economy battered by the pandemic, security threats from China and North Korea and leadership of a political party whose popularity is sagging ahead of a fast-approaching crucial national election.

He replaces Yoshihide Suga, who resigned after only one year in office as his support plunged over his government’s handling of the pandemic and insistence on holding the Tokyo Olympics as the virus spread.

Kishida is expected to make a policy speech in Parliament on Friday but is looking to dissolve the lower house to hold elections on Oct. 31, Japanese media reported. 

Bagaimana, KawanYEC? Materi mengenai News Item Text ini mudah bukan? Semoga setelah membaca artikel ini, KawanYEC semakin paham dengan materi News Item Text ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top