Perbedaan University dan College, Serupa tapi Tak Sama

Kawan YEC, apakah di antara kalian ada yang berkuliah di universitas atau sekolah vokasi? Kalau bicara tentang bahasa Inggris, apakah kalian sering menukar istilah university dengan college?

Padahal, kedua istilah ini berbeda lho!

Nah, bagi kalian yang ingin tahu perbedaan university dan college, kalian berada di tempat yang tepat. Artikel ini juga cocok untuk kalian yang ingin tahu tentang: 

perbedaan college dan university di Amerika

perbedaan college dan university di Inggris

perbedaan college dan university di Australia

college artinya dalam bahasa Indonesia

junior college setara dengan

college vs university

Yuk, kita simak perbedaannya!

Perbedaan college dan university di Amerika Serikat

  • University 

Di Amerika Serikat, istilah university merujuk pada institusi pendidikan yang menawarkan program sarjana dan pascasarjana. Universitas menawarkan beragam program studi yang bisa dipilih oleh mahasiswa sesuai minat dan bakatnya. Seperti di Indonesia, di AS ada universitas negeri dan universitas swasta. 

Universitas negeri di Amerika Serikat dikenal memiliki kampus yang besar dan memiliki jumlah mahasiswa yang bisa mencapai belasan ribu orang. Institusi pendidikan tinggi ini berfokus dalam melakukan penelitian atau riset. Karenanya, universitas di sana memiliki fasilitas laboratorium dan fasilitas pendukung lainnya untuk menunjang proyek riset.  

Namun, tidak semua sekolah tinggi yang menyandang label “universitas” adalah kampus yang besar dan memiliki banyak mahasiswa. Ada juga universitas yang memiliki jumlah mahasiswa kurang dari seribu orang. Contohnya adalah Marymount California University yang memiliki jumlah mahasiswa sebanyak 985 orang pada tahun 2016.

Lalu, universitas swasta di Amerika Serikat dikenal selektif dalam memilih mahasiswanya, sehingga jumlah mahasiswa di universitas swasta lebih sedikit dibandingkan universitas negeri. Tingkat penerimaan universitas swasta di AS juga terbilang sangat ketat, yang berkisar 5%-11% saja dari ribuan calon mahasiswa yang mendaftar.    

  • College

College merujuk pada institusi pendidikan yang berisi populasi mahasiswa yang lebih kecil, dengan area kampus yang lebih terbatas, dan tawaran program studi yang lebih sedikit dibandingkan dengan universitas. 

Berbeda dengan universitas yang statusnya bisa negeri atau swasta, kebanyakan college adalah institusi pendidikan swasta. Karena pendanaannya dilaksanakan secara pribadi, kegiatan riset dan penelitian tidak begitu ditekankan di college. 

College sendiri terbagi menjadi tiga macam. Macam-macam college adalah:

    1. Liberal Arts College
      Liberal Arts College menyediakan bidang studi yang beraneka ragam. Bidang studi yang ditawarkan biasanya berkaitan dengan humanisme, matematika, dan seni. Sekolah tinggi dengan jenis ini mempersiapkan mahasiswanya dengan transferable skills untuk bersaing di dunia kerja.
    2. Community College
      Community College sering disebut pula sebagai junior college. Pendidikan tinggi yang berlangsung selama dua tahun ini menyediakan gelar asosiasi dan sertifikat. Community College terkenal dengan biayanya yang terjangkau, ukuran kelas yang kecil, dan pengaturan kelas yang lebih individualis.
      Banyak siswa di AS memilih untuk belajar di Community College setempat untuk menuntaskan persyaratan pendidikan dasar mereka, sebelum menuntut ilmu di universitas.
    3. Technical/Vocational Colleges
      Juga dikenal sebagai trade school, institusi pendidikan ini menawarkan program dua tahun pelatihan untuk lapangan pekerjaan yang spesifik. Technical/Vocational College terkenal dengan program yang intensif, biaya pendidikan yang terjangkau, dan kampus yang lebih kecil. Di Indonesia, sekolah ini mirip sekolah vokasi yang menyediakan gelar diploma.
      Kedua sekolah tinggi swasta ini memfokuskan pada pengembangan kemampuan dan pengetahuan yang dibutuhkan di dunia kerja. Lulusan technical college biasanya menerima gelar asosiasi, sementara lulusan vocational college menerima sertifikat.

Perbedaan university dan college di Inggris 

  • University 

Mirip seperti universitas di AS dan Indonesia, university di Inggris adalah institusi pendidikan tinggi yang menyediakan jenjang sarjana dan pascasarjana. Namun, ada beberapa university di Inggris yang mendirikan college sebagai persiapan bagi calon mahasiswa yang akan menuntut ilmu di universitas reguler. College ini difungsikan sebagai cabang dari sebuah badan universitas.

  • College

Di Inggris, college merujuk pada sebuah institusi pendidikan yang menawarkan kelas pada bidang studi yang spesifik. College di Inggris ada bermacam-macam, antara lain yang terkualifikasi sebagai diploma, foundation degrees, General Certificate of Secondary Education GCSE, Higher National Certificate HNC, Higher National Diploma HND, International Baccalaureate. 

Berbeda dengan university yang berfokus pada kemampuan teoretis dan praktikal mahasiswanya, college di Inggris lebih menekankan pada kemampuan praktikal siswanya. College banyak dipilih oleh siswa-siswa di Inggris karena lulusannya dinilai bersaing di dunia kerja. 

Kelas yang menyediakan pendidikan lanjutan di college berlangsung selama satu hingga dua tahun. Para siswa akan diajari bagaimana cara menerapkan keahlian mereka di lingkungan yang nyata. College di Inggris juga menawarkan program studi yang fleksibel dan pembelajaran paruh waktu bagi siswa yang sudah bekerja. 

Perbedaan university dan college di Australia

  • University

Hampir sama dengan di AS, Indonesia, dan Inggris, university di Australia adalah institusi pendidikan tinggi yang menawarkan program sarjana dan pascasarjana. Di Australia, university dianggap lebih prestisius dibandingkan dengan college karena akreditasi dan kualitas riset yang dihasilkan oleh para profesor dan alumni university. Secara umum, university memiliki program studi yang lebih beraneka ragam karena banyaknya jumlah mahasiswa yang mendaftar. 

  • College 

College di Australia merujuk pada institusi pendidikan yang lebih kecil dan menawarkan kelas vokasional dan sertifikat di bawah Australian Qualifications Framework. College dapat berdiri sendiri sebagai institusi pendidikan yang independent atau merupakan bagian dari university. 

Sekolah tinggi yang berfokus pada pendidikan lanjutan dan teknikal ini berfokus pada peningkatan kemampuan kerja siswanya agar dapat bersaing di dunia kerja. 

Secara umum, university adalah institusi pendidikan tinggi yang besar dengan jumlah mahasiswa yang banyak dan menawarkan jenjang pendidikan yang beragam. University berfokus pada peningkatan kemampuan teoritis dan praktikal mahasiswanya. Sedangkan, college atau sekolah vokasi dikenal sebagai institusi pendidikan yang spesifik dengan jumlah mahasiswa yang tidak sebanyak university dan memfokuskan pada program pendidikan yang spesifik pula. College lebih berfokus pada kemampuan praktikal mahasiswanya agar dapat bersaing langsung di dunia kerja. 

Nah, itu dia KawanYEC, perbedaan antara university dan college. Setelah membaca artikel ini, diharapkan KawanYEC sudah tidak pusing-pusing lagi yah, tentang penggunaan kedua istilah institusi pendidikan ini. Yuk, gunakan kata sesuai arti dan konteks yang benar!     

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top