Presentasi Dengan Bahasa Inggris

Presentasi yang Baik dalam Bahasa Inggris

Presentasi Dengan Bahasa Inggris – Memberikan presentasi yang baik membutuhkan latihan. Tak sekedar inti dari yang ingin diucapkan, namun juga cara menyampaikannya pun perlu dilatih. Orator besar macam Bung Karno, Nelson Mandela, dan tokoh besar dunia lainnya bisa menyampaikan gagasannya dengan baik setelah pengalaman dari waktu ke waktu. 

Berbicara di depan orang banyak memang menjadi suatu tantangan bagi sebagian orang. Apalagi, jika bahasa yang digunakan bukan bahasa yang kerap digunakan sehari-hari. Tentunya, latihannya pun akan lebih intens. 

Bagi Anda, Kawan YEC, yang mempersiapkan diri untuk membawakan presentasi, Anda telah datang di artikel yang tepat. Di bawah ini, akan dijabarkan 10 tips untuk membawakan presentasi dengan baik dalam bahasa Inggris. 

  • Pikirkan tentang Rincian di Awal

Membawakan presentasi di depan audiens seringkali membuahkan perasaan tertekan. Untuk menghindari gugup yang berlebihan, dianjurkan untuk memikirkan detail seperti lokasi presentasi, peralatan, materi, waktu, termasuk penampilan dan pakaian yang Anda kenakan di awal. Mempersiapkan hal-hal ini di awal waktu akan membuat Anda merasa lebih tenang, serta lebih berfokus pada presentasi. 

  • Kerjakan Tugas Rumah Anda

Dalam mempersiapkan presentasi, berikut ini adalah daftar hal-hal yang perlu diperhatikan:

– Apa yang dibawakan dalam presentasi, termasuk judul dan tujuannya.

– Siapa audiens Anda.

– Apa pesan utama yang ingin Anda sampaikan.

– Struktur presentasi, yang terdiri atas pembukaan, isi, dan ringkasan.

– Penggunaan bahasa yang simpel agar lebih mudah dipahami oleh audiens.

– Pertanyaan yang kira-kira akan ditanyakan oleh audiens.

– Durasi presentasi biasanya berlangsung hingga maksimal 15 menit. Jadi, sedapat mungkin buatlah presentasi dengan jumlah slide tidak lebih dari 20 buah. Perhatikan juga apakah pilihan font bisa terbaca oleh audiens dari jarak yang jauh.

– Hindari untuk meletakkan paragraf dalam slide Anda. Audiens tidak tertarik untuk membacanya, karena materi visual akan lebih mudah menarik perhatian mereka. Anda bisa menaruh gambar, grafik, atau video yang mendukung ide Anda. Namun, jangan menaruh materi visual secara berlebihan agar tidak membuat audiens kewalahan.  

  • Perkenalkan diri Anda dan Tentukan Temanya

Di awal presentasi, penting untuk memperkenalkan diri Anda dengan menyebutkan nama lengkap, posisi, dan perusahaan yang Anda wakilkan. Anda juga bisa menyertakan informasi kontak di slide pertama, untuk berjaga-jaga bila ada audiens yang ingin menghubungi Anda setelah presentasi. Setelah perkenalkan, jangan lupa untuk menyebutkan topik presentasi Anda.

Di bawah ini adalah beberapa kalimat yang berguna untuk perkenalan dalam bahasa Inggris:

“Hello, ladies and gentlemen, thank you for coming today. It’s a pleasure to meet you.”

“Let me introduce myself. My name is ……….. . I’m a (posisi Anda), from (perusahaan Anda).”

“The topic of today’s meeting is …….”

“Let’s get the ball rolling.”

“Shall we get started?”

  • Sediakan Outline dari Presentasi Anda

Menyediakan outline dari presentasi Anda adalah kewajiban, karena audiens perlu tahu kenapa mereka harus mendengarkan Anda. Karenanya, pembukaan sangatlah penting. Sebisa mungkin, pembukaan bersifat ceria dan menarik perhatian audiens. Sebaiknya Anda menghafalkan bagian ini, sehingga Anda bisa meneruskan presentasi bahkan jika Anda merasa gugup. 

Berikut adalah beberapa kalimat dalam bahasa Inggris yang bisa Anda gunakan:

“I’d like to give you a brief outline of my presentation…”

“Here is the agenda of the meeting…”

“My presentation consists of the following parts….”

“The presentation is divided into four main sections..”

  • Jelaskan Kapan Pendengar Bisa Bertanya

Sesi Q&A (Question and Answer) biasanya terjadi di akhir presentasi, sehingga Anda akan punya cukup waktu untuk membawakan materi tanpa diinterupsi oleh pendengar. Namun, jika Anda menginginkan peserta bertanya selama presentasi, Anda juga bisa mengatakannya.

Berikut ini adalah beberapa kalimat yang bisa Anda gunakan:

“There will be a Q&A session after the presentation.”

“Please feel free to interrupt me if you have any questions.”

“I will be happy to answer your questions at any time during the presentation.”

  • Buatlah Transisi yang Jelas di antara Bagian-Bagian Presentasi

Menggunakan transisi berupa kata atau frasa dalam bahasa Inggris membuat presentasi Anda terdengar mudah diikuti. Anda bisa menggunakan kata-kata berikut:

“I’d like to move on to another part of the presentation…”

“Now I’d like to look at…”

“For instance…”

“In addition…”

“Moreover…”

“This leads me to the next point…”

  • Bagian Utama Presentasi

Setelah Anda mengawali dengan pembukaan dan membagi sesi-sesi dengan outline, sekarang tiba saatnya masuk ke bagian paling penting dalam presentasi: body atau badan utama. Bagian badan ini haruslah terstruktur, terbagi secara logis, dengan materi visual yang bisa membantu Anda dalam menjelaskan presentasinya.

Dalam menyampaikan bagian utama, pastikan untuk mengingat poin-poin berikut:

– Jangan terburu – buru

– Antusias

– Berikan waktu untuk materi visual

– Pertahankan kontak mata

– Atur suara Anda

– Terlihat ramah

– Gunakan catatan kecil bila perlu

– Tetaplah sopan ketika menghadapi pertanyaan yang sulit

  • Buatlah Data Anda Bermakna

Jika Anda perlu mempresentasikan angka atau analisis komparatif dari algoritma untuk integrasi, Anda bisa menggunakan visual. Anda bisa menggunakan grafik atau diagram agar data lebih bermakna dan menarik. Ingat bawah diagram lingkaran cocok untuk menyajikan data proporsi, grafik garis untuk menyajikan trend, dan grafik kolom dan batang untuk urutan. 

Selagi mempresentasikan data-data tersebut, Anda bisa mengatakan:

“Here are some facts and figures…”

“The pie chart is divided into several parts…”

“The numbers here have increased or gone up…”

“The numbers change and go down (decrease)…”

“The numbers have remained stable…”

  • Meringkas

Di akhir presentasi, ringkaslah poin – poin utama dan gagasan yang telah dibawakan. Anda bisa menambahkan opini serta mengajak audiens untuk berpendapat. Kepada audiens, Anda bisa memberitahu hal yang dapat audiens lakukan dengan informasi yang Anda bagikan. Akhiri presentasi dengan berterima kasih kepada para pendengar dan mengajak mereka untuk berpartisipasi dalam sesi Q&A.

Berikut kata-kata yang bisa Anda ucapkan:

“Let’s summarize briefly what we’ve looked at…”

“In conclusion…”

“I’d like to recap…”

“I’d like to sum up the main points…”

  • Latihan Presentasi Dengan Bahasa Inggris

Kesembilan tips di atas tidak akan bermanfaat bila Anda tidak melakukannya. Anda bisa berlatih di depan kaca atau dengan teman, orang tua atau pasangan. Semakin Anda berlatih, maka semakin baik presentasi Anda. Ketika berlatih, sebisa mungkin hindari kata-kata pengisi seperti “Mmmm….”, “Eeeee…,”,”You know…”, dan lain-lain.

Demikianlah, Kawan YEC, 10 tips presentasi yang baik dalam bahasa Inggris. Anda bisa menggunakan cara-cara ini dalam mempersiapkan presentasi. Presentasi yang baik adalah presentasi yang dipersiapkan dengan sungguh-sungguh. Namun, dalam mempersiapkan, ada satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan, yaitu penguasaan bahasa Inggris.

Jika Anda masih kesulitan dalam berbahasa Inggris, Anda tak perlu khawatir. YEC punya solusi terbaik untuk Anda yang ingin menguasai dasar-dasar bahasa Inggris dalam waktu singkat.

Tips Dan Materi Bahasa Inggris Lain Akses Disini

YEC menyelenggarakan “Kelas Bahasa Inggris Dasar Karyawan” bagi Anda yang sedang mencari cara untuk belajar bahasa Inggris secara efektif. Dilaksanakan secara daring atau online, Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk menyaksikan video pembelajaran dan berlatih soal selama 10 hari saja.

Dalam 10 hari, Anda sudah bisa menguasai dasar – dasar bahasa Inggris dengan didampingi oleh guru atau tutor yang berpengalaman. KLIK DI SINI untuk mendaftar Kelas Bahasa Inggris Dasar Karyawan dan jangan lupa untuk klaim kupon diskon agar mendapatkan potongan harga menarik!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Aplikasi Latihan Soal Bahasa Inggris Install

x
Scroll to Top