Cara Menulis Tanggal Dalam Bahasa Inggris

Cara Menulis Tanggal Dalam Bahasa Inggris – Halo, Sobat YEC! Bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan bersemangat untuk mempelajari bahasa Inggris ya!

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai hal yang umum bagi para native speakers, tapi kurang umum bagi kita, masyarakat Indonesia. Ada yang bisa menebak apa itu?

Yak, betul! Kali ini, kita akan membahas cara menulis tanggal dalam bahasa Inggris. Terdengar sepele, ya. Namun, kebanyakan orang masih salah dalam menuliskannya lho. Padahal, cara penulisan tanggal sangat penting untuk diketahui. Sobat YEC akan memerlukan pengetahuan ini bila harus mengurus dokumen-dokumen penting, seperti saat perlu menuliskan tanggal lahir atau date of birth (DOB).

Tanpa berlama-lama, mari kita simak penjabarannya di bawah ini. 

Terdapat dua macam gaya penulisan tanggal dalam bahasa Inggris, yaitu format British atau American. Dari masing-masing format ini, terdapat beberapa gaya yang bisa kamu gunakan. Aturan umumnya adalah, semakin kompleks gaya penulisan tanggalnya, maka semakin formal.

Menulis Tanggal Dalam Bahasa Inggris Format British 

Dalam format British, penulisan tanggal dimulai dari hari yang diikuti oleh bulan, lalu diikuti oleh tahun. Hari keenam di bulan September di tahun 2019 dapat ditulis dengan urutan seperti berikut:

  • 6 Sept
  • 6 September 
  • 6 September 2019
  • the 6th of September 2019
  • the 6th of September, 2019

Dua format tanggal terakhir di atas lebih formal dibandingkan contoh-contoh sebelumnya. Artikel “the” dan kata depan “of” bersifat opsional, namun jika Sobat YEC menggunakannya, keduanya harus digunakan. “6th of September” dan “the 6th September” dianggap salah, karena tidak menggunakan artikel dan kata depan.

 

Koma juga tidak terlalu diperlukan dalam format British English, namun kamu juga bisa menggunakannya. 

 

Jika kamu ingin menambahkan nama hari, maka letakkan sebelum tanggal. Penulisannya harus dipisah dengan koma atau dengan “the” dan “of“. Contohnya adalah di bawah ini.

  • Monday, 18 April 2022
  • Monday the 18th of April 2022

Menulis Tanggal Dalam Bahasa Inggris Format Angka

Selanjutnya kita akan membahas cara menuliskan tanggal dengan format angka. Jika Sobat YEC lebih suka mempersingkat tanggal, kalian bisa menggunakan format British English berikut. Seperti urutan yang kita pelajari sebelumnya, hari berada di awal, diikuti dengan bulan, lalu terakhir diikuti tahun. 

 

  • 7/3/10 atau 7.3.10 atau 7-3-10
  • 07/03/2010 atau 07.03.2010 atau 07-03-2010
  • 7Mar2010 atau 7-Mar-2010

Baca Juga Jenis Angka Dalam Bahasa Inggris

Tanda baca yang paling umum digunakan sebagai pemisah adalah garis miring (/). Namun, kalian juga bisa menggunakan tanda hubung (-) atau tanda titik (.).

Penulisan Tanggal dengan Format American

Cara lain untuk menuliskan tanggal adalah dengan mengikuti format American English. Dalam format ini, biasanya bulan ditulis pertama kali, dengan diikuti oleh hari, dan terakhir diikuti tahun. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • March 3
  • March 3
  • March 3, 2010
  • Wednesday, March 3, 2010

 

Dalam format American English, penulisan “April the 13th” atau “April 13th” tidak dianggap salah, namun kurang umum. 

Penulisan Tanggal dengan Format Nomor 

Selain British English, American English juga memiliki format angka untuk menuliskan tanggal. Seperti formatnya yang biasa, bulan ditulis pertama, diikuti dengan hari, kemudian tahun.

 

  • 04/03/19 atau 04.03.19 or 04-13-19
  • 04/13/2019 atau 04.13.2019 atau 04-13-2019
  • Apr. 13, 2019

Format Standar Internasional 

Setelah melihat berbedanya format penulisan tanggal dalam format British English dan American English yang berpotensi membuat kesalahpahaman, muncullah sebuah usaha untuk menyamakan persepsi mengenai penulisan tanggal dalam bentuk standar internasional. Standar internasional merekomendasikan untuk menuliskan tahun terlebih dahulu, yang diikuti oleh bulan, lalu baru diikuti oleh hari. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • 3 Februari 2020 ditulis 2020-02-03 atau 2020 February 3.

 

Kesimpulan dari kedua format penulisan tanggal ini adalah British English menggunakan urutan hari – bulan – tahun, sedangkan American English menggunakan urutan bulan – hari – tahun. 

Nah, dari sini, Sobat YEC sudah tahu ya, bagaimana cara menuliskan tanggal. Kalian tidak perlu bingung, karena ada berbagai macam cara untuk menuliskannya. Kalian bisa menuliskan tanggal lahir kalian dengan format British English, American English, atau format standar internasional.

Berlatih menulis tanggal mengikuti format internasional seperti yang disebutkan di atas dengan rutin akan mendatangkan manfaat untuk kamu. Selain membuatmu terbiasa dengan bahasa Inggris, kepercayaan dirimu juga akan meningkat. Penguasaanmu akan reading comprehension juga pastinya ikut meningkat. Reading section sebagai salah satu bagian tersulit di TOEFL pun tak akan jadi masalah buatmu.

 

Kamu bisa belajar banyak mengenai teknik-teknik mengerjakan reading di kelas “TOEFL Preparation” by YEC. Setelah mengikuti kelas ini, kamu akan jago nggak hanya di Reading, namun juga di semua sections yang ada di TOEFL! Di Listening dan Structure, dijamin kamu bisa mengerjakannya tanpa pusing. KLIK DI BAWAH INI untuk daftar Kelas TOEFL Preparation dan dapatkan harga diskon!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Aplikasi Latihan Soal Bahasa Inggris Install

x
Scroll to Top