Relative Clauses: Restrictive and Nonrestrictive Clauses

Ingin tahu tentang:

  • restrictive clause adalah
  • perbedaan restrictive dan nonrestrictive
  • restrictive and nonrestrictive adjective clauses
  • non restrictive clause adalah
  • belajar relative clause

Berikut ini merupakan materi dan Relative Clauses: Restrictive and Nonrestrictive Clauses disertai dengan contoh kalimat dan latihan soal (exercise) yang dilengkapi dengan kunci jawabannya.

Sebuah relative clause dapat digunakan secara restrictive maupun nonrestrictive. Perhatikan contoh kalimat di bawah ini.

  1. Weeds that float on the surface should be removed before they decay.
  2. My car, which is very large, uses too much gasoline.

Kalimat pertama merupakan contoh dari restrictive relative clause, sedangkan kalimat selanjutnya merupakan contoh dari nonrestrictive relative clause. Dapatkah kamu menemukan perbedaan antara keduanya?

Untuk mengetahui perbedaan dan penggunaan dari restrictive dan nonrestrictive relative clause, simak uraian penjelasan di bawah ini.

Restrictive

Restrictive clause adalah sebuah klausa yang tidak dapat dihilangkan atau dihapus dari sebuah kalimat. Jika klausa ini dihilangkan maka makna penting atau esensi dari kalimat tersebut dapat berubah atau menjadi rancu.

Tidak ada penggunaan tanda baca koma (,) pada klausa ini.

Who, whom, which, dan that dapat digunakan pada restrictive clause.

Contoh:

  • Weeds that float on the surface should be removed before they decay.

(Pada kalimat di atas, tidak dibicarakan tentang semua weeds, tetapi hanya weeds yang float on the surface. Jika that float on the surface dihilangkan, maka makna kalimat ini akan berubah dan menjadi berbeda.)

Nonrestrictive

Nonrestrictive clause adalah klausa yang dapat dihilangkan dari sebuah kalimat. Klausa ini dapat dihilangkan karena klausa ini hanya berisi informasi tambahan. Ketika informasi tambahan ini dihilangkan, hal tersebut tidak akan mengubah makna/esensi dari kalimat tersebut.

Nonrestrictive clause dibentuk dari klausa yang lain dengan menambahkan tanda baca koma (,).

Who, whom, dan which dapat digunakan pada klausa ini.

That tidak dapat digunakan pada nonrestrictive clause.

Contoh:

  • My car, which is very large, uses too much gasoline.

(Pada kalimat di atas, klausa which is very large merupakan informasi tambahan, dan bila klausa tersebut dihilangkan/dihapus, hal itu tidak akan merubah seluruh makna kalimat. Makna utama dari kalimat tersebut tidak akan berubah. Perhatikan bahwa kamu tidak dapat menggunakan pronoun that untuk menggantikan posisi which pada kalimat di atas.)

Nah sekarang kamu sudah mengetahui perbedaan dan penggunaan dari Relative Clause: Restrictive and Nonrestrictive, selanjutnya kerjakan latihan soal pada link di bawah ini, dan jika ada pertanyaan, silakan tuliskan pada kolom komentar.

Exercise! Relative Clauses: Restrictive and Nonrestrictive Clauses

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top