Contoh Kalimat Possessive Adjective Dalam Bahasa Inggris

Dalam kesempatan kali ini, kita akan belajar mengenai salah satu materi dalam bahasa Inggris, yaitu possessive adjective.

Possessive adjective ini cukup umum ditemui dalam percakapan sehari-hari. Kawan YEC pun pasti pernah menggunakannya.

Nah, bagi kalian yang sudah mengenalnya, kita akan mengingatnya lagi dalam artikel ini. Untuk Kawan YEC yang belum mengenalnya, kita akan berkenalan dengan possessive adjective

Langsung saja, yuk simak penjabarannya di bawah ini!

Pengertian Kalimat Possessive Adjective

Possessive adjective dapat dimaknai sebagai kata sifat (adjective) yang memodifikasi/memberi sifat kata benda (noun) dengan mengidentifikasi kepemilikan (possession atau ownership) dari kata benda tersebut. Possessive adjective dianggap sebagai special adjective dalam bahasa Inggris, karena fungsinya untuk menyatakan kepemilikan dari sesuatu. 

 

Kata possessive adjective umumnya tidak dapat berdiri sendiri, dan selalu diikuti oleh kata benda (noun) di belakangnya. Contohnya adalah my book (bukuku), her cat (kucingnya (perempuan)), his laptop (laptopnya (laki-laki)), dan their meals (makanan mereka).

Macam-macam Possessive Adjective dan Contoh Kalimat

Dari contoh-contoh kata di atas, kita bisa tahu bahwa terdapat beberapa macam possessive adjective. Possessive adjective yang umum digunakan adalah my, your, her, his, its, our, dan their. Selengkapnya, akan dibahas di bawah ini.

  1. My 

“My” memiliki makna “milikku” atau “kepunyaanku”.  “My” adalah possessive adjective dari pronoun “I”. Jadi, jika dipasangkan dengan noun seperti bag (tas), maka menjadi “my bag” yang bermakna “tasku”. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimatnya:

  1. My family will pick me up tomorrow. (Keluargaku akan menjemputku besok.)
  2. My happiness is when I eat delicious food. (Kebahagiaanku adalah ketika aku memakan makanan enak.)
  3. My little sister visited me just a while ago. (Adik perempuanku mengunjungiku beberapa saat yang lalu.)
  4. My cheese is Mozzarella. (Kejuku adalah Mozzarella.)
  5. My candies are eaten by him. (Permen-permenku dimakan dia (laki-laki).) 
  • Your

“Your” memiliki makna “milikmu” atau “kepunyaanmu”. “Your” adalah possessive adjective dari pronoun “you”. Jika diikuti dengan noun seperti scissor (gunting), maka menjadi “your scissor” atau “gunting milikmu” atau “guntingmu”. Perhatikan contoh kalimat berikut.

  1. Your opinion may be right. (Pendapatmu mungkin benar.)
  2. Your house is so tidy. (Rumahmu sangat rapi.)
  3. Your friend told me to be careful with it. (Temanmu memberi tahu aku untuk berhati-hati dengan hal itu.)
  4. Your cooking reminds me of my childhood. (Masakanmu mengingatkanku dengan masa kecilku.)
  5. Your package has just arrived. (Paketmu baru saja datang.)
  • Her

 

Her” memiliki makna “milik dia”. “Her” adalah possessive adjective dari pronoun “she”. Possessive adjective ini khusus untuk menyatakan kepemilikan dari perempuan. Jika dipasangkan dengan noun, contohnya seperti shawl (syal), maka menjadi “her shawl” atau “syal milik dia (perempuan)”. Di bawah ini adalah contoh kalimatnya. 

  1. Her cookies are sold out in the fair. (Kue-kue keringnya terjual habis di pameran)
  2.  Her lullaby makes the child sleeps. (Lagu pengantar tidurnya membuat sang anak tertidur.)
  3. Her intellectuality is beyond my imagination. (Intelektualitasnya berada di luar bayanganku.)
  4. Her dress is designed by the famous tailor. (Gaunnya dirancang oleh tukang jahit yang terkenal.)
  5. Her trip was fun. (Perjalanannya menyenangkan.)

 

  • His

 

His” memiliki makna “milik dia”. “His” adalah possessive adjective dari pronoun “he”. Jika ‘her’ merujuk pada kepemilikan perempuan, possessive adjective yang satu ini khusus untuk menyatakan kepemilikan dari laki-laki. Jika dipasangkan dengan noun, contohnya seperti watch (jam tangan), maka menjadi “his watch” atau “jam tangan milik dia (laki-laki)”. Di bawah ini adalah contoh kalimatnya. 

  1. His story moved me. (Ceritanya membuatku terharu.)
  2. His footstep is very wide. (Langkah kakinya sangat lebar.)
  3. Is it okay if we hide his present here? (Apakah tak apa jika kita menyembunyikan hadiahnya di sini?)
  4. His voice is so soothing! (Suaranya begitu menyejukkan!)
  5. His well-known book is now sold worldwide. (Bukunya yang terkenal sekarang dijual di seluruh dunia.)

 

  • Its

Its adalah kata possessive adjective untuk benda, yang pronounnya adalah it. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut:

  1. This car is so unique. Its engine can turn on and turn off with out a key. (Mobil ini sangat unik. Mesinnya dapat menyala dan mati tanpa sebuah kunci.)
  2. Our house is traditional. Its wall is made from engraved teak wood. (Rumah kami tradisional. Dindingnya terbuat dari kayu jati berukir.)
  3. France is so lovely. Its sky is full of sparkling stars. (Prancis begitu indah. Langitnya bertaburan bintang-bintang yang berkilauan.)
  4. The table is full of food. Every corner of its surface is filled with sweets and savory snacks. (Mejanya penuh makanan. Setiap sudut dari permukaannya dipenuhi dengan permen dan cemilan-cemilan gurih.)
  5. The apple seems strange. Its skin is black in color. (Buah apelnya terlihat aneh. Kulitnya berwarna hitam pekat.)
  • Our

“Our” memiliki makna “milik kami” atau “kepunyaan kami”. “Our” adalah possessive adjective dari pronoun “we”. Jika dipasangkan dengan noun, contohnya seperti community (komunitas), maka menjadi our community (komunitas kami.) Di bawah ini adalah contoh kalimatnya.

  1. Our community guideline is applied to all of the members. (Pedoman komunitas kami berlaku untuk semua anggota.)
  2. Our salad is the best, you can taste every flavor in it. (Salad kami adalah yang terbaik, kamu bisa merasakan segala rasa di dalamnya.)  
  3. Well, as expected, our job in this area is well done. (Yah, seperti yang diharapkan, pekerjaan kita di bidang ini selesai dengan baik.)
  4. Our children are the successor of this nation. (Anak-anak kita adalah penerus bangsa ini.)
  5. If you have time, please visit our house. (Jika kamu punya waktu, silakan kunjungi rumah kami.)
  • Their

 

“Their” memiliki makna “milik mereka atau “kepunyaan mereka. “Their” adalah possessive adjective dari pronoun “they”. Jika dipasangkan dengan noun, contohnya seperti car (mobil), maka menjadi their car (mobil mereka.) Perhatikan contoh kalimatnya di bawah ini.

  1. Their perfomance is very lively. (Penampilan mereka sangat hidup.)
  2. Their song takes a place in the first chart for a month. (Lagu mereka menempati posisi pertama di chart selama sebulan.)
  3. Their support is one of things that keep me going. (Dukungan mereka adalah salah satu hal yang membuatku terus maju.)
  4. I know that their wrongdoing is behind all of this case. (Aku tahu bahwa kesalahan mereka ada di balik kasus ini.)
  5. Their action is based on this theory. (Tindakan mereka berdasarkan teori ini.)

Perbedaan Possessive Adjective dan Possessive Pronoun

  Oke, kita tadi sudah membahas berbagai macam bentuk possessive adjective. Tahukah Kawan YEC, bahwa terkadang orang-orang keliru mengira possessive adjective dengan possessive pronoun?

Berbeda dengan possessive adjective yang merupakan kata sifat yang merujuk ke kepemilikan, possessive pronoun adalah kata ganti yang menunjukkan kepemilikan. 

Karena kelasnya yang masuk sebagai kata pengganti, maka possessive pronoun menempati posisi subjek. Verb atau kata kerja yang mengikutinya tergantung pada jumlah subjeknya. Possessive pronoun juga dapat menjadi objek.

Dalam possessive adjective kita mengenal my, your, his, her, its, our dan their. Dalam possessive pronoun kita mengenal mine, yours, his, hers, its, our, dan theirs. Possessive pronoun yang tunggal atau singular adalah mine, his, hers, dan its. Sedangkan possessive pronoun yang jamak atau plural adalah yours, ours dan theirs

Agar Kawan YEC semakin mudah membedakannya, coba simak tabel contoh kalimat possessive adjective dan possessive pronoun di bawah ini.

Possessive Adjective Possessive Pronoun
My book is on the table.  Mine is on the table.
Your food is almost ready. Yours is almost ready.
His shoes is on the corner The shoes in the corner is his.
Her cooking is the best. Hers is the best.
Its feathers are fell off. This feather is its.
Our car goes smoothly. We will use ours.
Their plans are successful. Theirs are successful. 

Demikianlah, Kawan YEC, pengertian dan contoh kalimat possessive adjective dalam bahasa Inggris. Ada berbagai macam possessive adjective yang perlu diingat ya! Namun tidak apa-apa. Dengan penggunaan dan latihan yang rutin, kalian pasti akan lebih mudah mengingatnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top