Contoh Perkenalan Diri Bahasa Inggris di dalam Kelas

Jika kalian baru saja masuk di sebuah sekolah atau universitas. Kalian sering kali diminta untuk memperkenalkan diri di depan kelas.

 

Memperkenalkan diri tentu sangat penting supaya kita dapat saling mengenal satu sama lain. Lalu, apa saja yang perlu kita sampaikan selama kita memperkenalkan diri? 

 

Perkenalan diri di dalam kelas sebaiknya mencakup:

  • Nama lengkap
  • Nama panggilan
  • Asal dan tempat tinggal
  • Hobi
  • Alasan memilih sekolah/jurusan/kampus

Penjelasan Perkenalan Diri Menggunakan Bahasa Inggris

Nama Lengkap 

 

Memberitahukan nama lengkap sangat penting supaya teman-teman kita mengetahui diri kita. 

 

Nama Panggilan

 

Menyampaikan nama panggilan juga sama pentingnya dengan menyampaikan nama lengkap. Apalagi, jika kita memiliki/menginginkan nama panggilan yang sangat berbeda dengan nama lengkap kita, kita perlu memberitahu teman kelas kita dengan baik mengenai hal ini. 

 

Oh iya, jika nama panggilan kita juga susah diucapkan,di sinilah tempat yang tepat untuk memberitahu cara pengucapannya.

 

Asal dan tempat tinggal

 

Perkenalan diri di dalam kelas sebaiknya tidak terlalu lama. Ketika berbicara mengenai asal dan tempat tinggal kalian, cukup sampaikan nama negara/kota kelahiran serta kediaman kalian saat ini. 

 

Jika di masa lalu kalian sempat berpindah dari satu tempat ke tempat lain, kalian dapat menambahkannya di bagian ini.

 

Memberikan sedikit informasi mengenai kehidupan di masa lalu kalian bisa bermanfaat sebagai bahan obrolan bersama teman-teman kelas kalian di waktu senggang. Barangkali, terdapat murid/mahasiswa yang berasal dari tempat yang sama.

 

Sebagai contoh “Saya berasal dari Bali. Akan tetapi waktu saya 15 tahun, saya pindah ke Jakarta. Di Jogja, saya tinggal di Jalan Palagan”.

Hobi

 

Memberitahukan kegemaran juga bermanfaat supaya teman kelas mengetahui lebih banyak hal mengenai kalian. 

 

Jangan khawatir jika yang kalian minati tidak umum. Misalnya, mengoleksi koran atau mengoleksi kaos kaki. Mungkin saja, ada kesamaan hobi atau minat diantara kalian dan teman-teman di kelas. Seru, kan  kalau kalian bisa melakukannya bersama-sama? 

 

Alasan memilih sekolah/jurusan/kampus

 

Teman-teman kalian mungkin penasaran mengenai alasan kalian memilih mengenyam pendidikan di tempat belajar kalian sekarang. Begitu juga kalian, mungkin ada rasa penasaran seperti ini. Oleh karena itu, jelaskan secara singkat alasan kalian supaya mereka juga menjelaskan alasan mereka. Contohnya, “Saya memilih jurusan Pendidikan Bahasa Inggris karena saya ingin menjadi pengajar bahasa Inggris”.

 

Demikian, tips memperkenalkan diri di dalam kelas. Tentu saja, kalian boleh menambahkan hal lain yang menurut kalian pantas dan cocok. 

 

Contoh Perkenalan Diri Menggunakan Bahasa Inggris

“Good Morning everyone, I’m Niko Ardiansyah. People call me Niko. I grew up in Bali. Then, when I was around 15 years old I moved to Jakarta. Here, in Jogja, I live in Jalan Palagan”.

 

“During my spare time, I like playing basketball. I also go swimming once a week. Does anyone here have the same hobbies as mine?”.

 

“I’ve always wanted to become an English teacher. That’s why I signed up for this program. Thank you”.

 

Demikian salah satu contoh memperkenalkan diri di dalam kelas. Pastikan kalian memperkenalkan diri dengan suara yang jelas dan intonasi yang sesuai. Berdirilah dengan tegak dan arahkan pandangan kalian ke pendengar di kelas.

 

Jangan lupa, selalu sempatkan waktu untuk melatih pengucapan bahasa Inggris kalian. Aplikasi Yureka  adalah aplikasi yang cocok untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Inggris. Kalian juga dapat melatih pemahaman kosakata dan tenses bahasa Inggris. Semoga sukses dan selamat belajar!

1 thought on “Contoh Perkenalan Diri Bahasa Inggris di dalam Kelas”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top