Tips Anti Ribet Belajar Grammar untuk Pemula

“Duh.. males deh belajar grammar bahasa Inggris.”

“Belajar grammar susah banget sih! Bikin pusing!”

Siapa nih di antara Sobat YEC yang pernah punya uneg-uneg yang sama ketika belajar bahasa Inggris? Grammar atau tata bahasa dalam bahasa Inggris kerap menjadi momok untuk sebagian orang yang sedang belajar bahasa Inggris. Ada total 16 jenis tenses atau teori dalam grammar bahasa Inggris. 

“Tuh.. banyak banget kak. Itu harus semua banget nih dipelajari?”

Kabar baiknya, tidak semua jenis tenses itu harus banget dipelajari. Kalian cukup mempelajari hal-hal yang paling penting. Yuk, kita tengok tips berikut yang bisa membuat belajar grammar anti ribet.

  • Pelajari dan pahami 3 tenses yang paling dasar

Sobat YEC tidak wajib mempelajari ke-16 tenses bahasa Inggris. Ada 3 jenis tenses yang paling dasar yang perlu dipahami terlebih dahulu. Ketiga tenses itu adalah simple present tense (kejadian yang sedang terjadi), simple past tense (kejadian di masa lampau), dan simple future tense (kejadian di masa mendatang). Kalau sudah memahami tiga tenses tersebut dengan baik, kalian akan bisa memahami materi lainnya dengan lebih mudah.

  • Struktur dasar bahasa Inggris

Semua tenses dalam bahasa Inggris memiliki dasar yang sama, terlepas bentuk formulanya. Kunci struktur yang paling dasar yang dimiliki di semua jenis tenses adalah Subject + Verb atau S + V. Kedua unsur tersebut sudah cukup untuk membuat kalimat sederhana. Apabila hilang salah satu, tidak akan bisa menjadi kalimat.

Misal: They read.

Kalau hilang subjek “They”, maka tidak bisa bisa menjadi kalimat.

  • Belajar dengan cara yang kalian sukai

Kunci dari belajar adalah suka. Penting loh Sobat YEC belajar dengan cara yang kalian sukai. Kalau kalian suka menonton, kalian sangat bisa belajar banyak dari film atau series berbahasa Inggris. Kalau kalian suka musik, kalian sangat bisa belajar dari lagu-lagu berbahasa Inggris. Apapun pilihannya, pastikan kalian memilih media yang kalian sukai terlebih dahulu ya!

  • Praktik 

Tentunya teori saja tidak cukup ya, Sobat YEC. Kalian tetap membutuhkan praktik agar lebih memahami ilmu grammar yang telah dipelajari. Kalian bisa berlatih menulis dengan bahasa Inggris. Kalian bisa menulis caption, status atau story di akun media sosial kalian dengan bahasa Inggris. 

 

Nah, itu dia empat tips atau langkah jitu dalam belajar grammar dasar bahasa Inggris. Anti ribet deh pokoknya. Sobat YEC bisa dengan mudah belajar grammar bahasa Inggris. Buat kalian yang ingin selalu meningkatkan kemampuan grammar-nya, kalian bisa menerapkan keempat tips di atas yaa!

 

Untuk latihan soal grammar bahasa Inggris dan soal lainnya, yuk download aplikasi Yureka. Kalian bisa berlatih di manapun dan kapanpun. Selamat mencoba!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top