Perbedaan Private dengan Les Bahasa Inggris

Cepatnya perkembangan dunia di zaman ini menuntut kita untuk menjadi lebih baik. Semakin kompetitifnya persaingan di sekolah dan di tempat kerja mendorong kita untuk berlomba-lomba mempelajari dan menguasai berbagai kemampuan. Salah satu kemampuan yang wajib dikuasai tersebut adalah bahasa Inggris.

 

Saat ini, telah tersedia banyak cara untuk belajar bahasa Inggris. Entah dengan belajar melalui film, lagu, novel sampai belajar di tempat les, kamu punya banyak pilihan untuk belajar bahasa Inggris. Namun, agar pembelajaran yang kamu lakukan membuahkan hasil, kamu perlu tahu manakah metode belajar yang cocok untukmu.

 

Saat ini, dikenal dua metode belajar di bimbingan belajar, yaitu les dan private. Apa perbedaan dari kedua metode belajar ini? Manakah yang lebih menguntungkan dan efektif untukmu? Mari simak perbedaan keduanya pada penjelasan di bawah ini!

 

Les Bahasa Inggris

Yang pertama adalah les bahasa Inggris. Les biasanya dilaksanakan di sebuah lembaga yang dinamakan bimbingan belajar atau bimbel. Bimbel didirikan untuk tujuan memberikan pendidikan, pengajaran, atau pelatihan kepada peserta didik mengenai suatu bidang atau topik tertentu. Metode les di bimbingan belajar tidak jauh berbeda dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah. 

 

Nah, agar lebih jelas, berikut ini adalah karakteristik dari les:

 

  1. Belajar bersama teman

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, metode belajar di les sama dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Kamu bisa belajar bersama temanmu di tempat les. Umumnya, satu kelas les di bimbel berisi 10-20 orang siswa. 

 

Karena besarnya jumlah siswa dalam satu kelas les, maka menjaga konsentrasi sangatlah penting. Semakin banyak orang, maka akan semakin ramai suasananya. Kamu perlu pintar-pintar menjaga fokus sampai sesi les selesai. 

 

  1. Materi sudah tersusun 

Belajar di tempat les berarti kamu mengulangi materi yang dipelajari di sekolah. Materi yang ada di les atau bimbel biasanya sudah tersusun rapi, sehingga kamu akan belajar sesuai dengan urutan materinya. Jika ada materi yang belum kamu pahami di sekolah, kamu bisa menanyakan hal itu di tempat les. 

 

  1. Pemecahan Soal yang Efektif

Guru-guru di tempat les seperti bimbel biasanya memiliki pengetahuan dan strategi mengerjakan soal-soal yang lebih dibandingkan dengan guru-guru di sekolah. Biasanya, kamu akan diberi sebuah cara agak dapat menyelesaikan soal dalam waktu yang singkat. 

 

Nah itulah karakteristik dari les. Selanjutnya kita akan membahas karakteristik private. 

Private Bahasa Inggris

Private bahasa Inggris adalah cara lain untuk belajar bahasa Inggris selain di tempat les atau bimbel. Dari namanya pun sudah dapat ditebak ya, jika belajar secara private, artinya belajar secara ‘pribadi’ atau ‘sendiri’. Belajar secara private biasanya dilakukan dengan cara one-on-one atau satu guru untuk satu murid. 

 

Agar lebih jelas, di bawah ini akan dijelaskan karakteristik dari private:

  • Siswa lebih fokus

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, metode pengajaran private melibatkan satu guru dan satu siswa. Dengan setting yang seperti ini, tentunya kamu akan lebih fokus belajar bahasa Inggris. Kamu akan lebih fokus mendengarkan penjelasan dari guru, dan lebih mudah menyerap materi. Ini akan jauh berbeda jika dibandingkan dengan les, yang bisa berisi lebih dari 10 siswa. Atmosfer untuk belajar lebih terjaga dalam metode private jika dibandingkan dengan les. 

 

  • Materi disesuaikan dengan siswa

Ini adalah perbedaan kedua dari private dibandingkan dengan les. Materi yang diajarkan secara private biasanya disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa. Kamu mau belajar speaking? Mau belajar listening? Atau belajar English for Business Communication? Semuanya bisa dipelajari secara private.

Pembelajaran dengan materi yang khusus ini sangat menguntungkan untuk kamu, karena kamu bisa belajar sesuai kemampuan dan minatmu. Kamu bisa belajar materi yang lebih dalam dan lebih intens di les private.

 

  • Siswa lebih leluasa untuk berpartisipasi

Ini adalah perbedaan lain yang juga menjadi alasan utama untuk memilih private: kebebasan untuk berpartisipasi! Biasanya, di kelas yang ramai, siswa akan merasa malu untuk bertanya atau mempraktekkan apa yang disuruh guru. Mereka takut dengan penilaian dari teman-temannya, atau takut jika mereka salah. Hmm, apakah kamu juga pernah merasakan hal ini, Kawan YEC?

Ketakutan dan kekhawatiran ini sirna di les private. Karena siswanya hanya kamu, kamu pun bebas untuk bertanya apapun mengenai materi, dan kamu juga bisa mempraktekkan materimu tanpa rasa malu. Kamu bisa melatih pelafalanmu atau pronunciationmu dengan gurumu. Kamu juga bisa meminta gurumu untuk memutar recording listening berkali-kali jika belum paham. Kamu juga bisa berlatih conversation dengan gurumu, tanpa takut dicela atau ditertawakan. Menarik ya?

 

Nah, itulah dia Kawan YEC, perbedaan dari private dan les bahasa Inggris. Kedua jenis les ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu perlu memilih cara belajar mana yang paling efektif, dengan menyesuaikan dengan kebutuhanmu. 

 

Jika kamu nyaman belajar dengan teman-temanmu dan hanya perlu mengulangi pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dengan strategi menjawab soal yang cepat, maka les di bimbel adalah jawabannya.

 

Namun, jika kamu ingin belajar bahasa Inggris yang disesuaikan dengan minat dan kemampuanmu secara intens, maka les private adalah jawaban jitu untukmu.

 

Untuk kamu yang sedang mencari les private bahasa Inggris, YEC bisa membantu kamu. 

 

YEC menyelenggarakan les private bahasa Inggris dengan biaya yang terjangkau. Dengan berbagai materi seperti Speaking, Conversation, Grammar Focus, Test Preparation (TOEFL, TOEIC, IELTS), English for Business, English for Marketing, serta materi praktis lainnya, YEC siap membantu kamu untuk meraih potensi terbaik dirimu.

 

Hanya dengan biaya Rp 1.000.000* untuk 10x pertemuan, kemampuan bahasa Inggrismu dijamin akan meningkat. Kamu pun berkesempatan untuk mendapatkan diskon. Hubungi Student Advisor Dian (082257275889) atau klik di bawah ini untuk informasi lkelas ebih lanjut.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yuk, cek kemampuan Bahasa Inggris-mu! GRATISSS Placement Test

x
Scroll to Top